Pengertian
Housekeeping
Housekeeping,
terdiri dari 2 suku kata yaitu: house dan keep yang artinya menjaga rumah.Dari
pengertian tersebut dapat disimpulkan,Housekeeping adalah bagian atau
Departement yang mengatur atau menata
peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan dan memberikan dekorasi
dengan tujuan agar hotel tampak rapi,
bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya.
Dimana
ruang lingkup kebersihan Housekeeping adalah membersihkan seluruh area hotel
baik didalam maupun luar area hotel,contohnya di daerah parkiran dan termasuk
sekitar area hotel.
Yang
menjadi area kebersihan housekeeping department adalah:
*Guest Room,Public Area,Corridors,Swimming Pool,Back
Office,Emmployee Locker Room,Ball Room,dan semua area hotel baik didalam maupun
diluar yang masih termasuk dalam area hotel.
Housekeeping
terbagi menjadi 4 divisi :
1.
Floor Section
2.
Houseman Section
3.
Linen & Uniform Section
4.
Laundry Section
Setiap
Divisi harus menjalankan tugasnya masing-masing atau lebih dikenal dengan
istilah Job dish.
Tugas
Dan Tanggung Jawab Masing-Masing Section
A. Tugas dan Tanggung Jawab Executive
Housekeeper
1. Melakukan rekrument
karyawan,mewawancara,melatih serta mengawasi serta melakukan penilaian,evaluasi atau teguran terhadap
karyawan secara berkala.
2. Menyiapkan job description dan standar operating procedure Housekeeping.
3. Member penugasan dan arahan terhadap
tugas-tugas yang ahrus dilakukan karyawan di bagian Housekeeping.
4. Membantu Room Division Manager dan General
Manager terhadap program perawatan atau perbaikan yang bersangkutan
dengan area tanggung jawab housekeeping,terutama di kamar tamu dan public area.
5. Melakukan pengontrolan,permintaan barang atau
pembelian barang-barang yang diperlukan dalam operasional sehari-hari di
housekeeping,seperti gest
supplies,gues room supplies,linen dan sebagainya agar sesuai dengan par
stock yang di tentukan.
6. Melakukan program pengadaan dan pembelian
FF&E (furniture,fixture,&
equitment) baik untuk housekeeping atau pun laundry sesuai dengan
sfesifikasi yang di butuhkan.
7. Melakukan pengawasaan pengadaan barang dan
pembelian peralatan yang di sediakan untuk operasional sehingga berfungsi
sesuai dengan standar yang di tentukan,baik di housekeeping maupun di laundry.
8. Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap
proses pelaksanaan pencucian laundry,baik untuk house laundry maupun untuk guest laundry.
9. Melakukan pengawasan terhadap lost and pound.
10. Membuat program pelatihan(training program) terhadap seluruh karyawan
B. Tugas dan Tanggung Jawab Asst. Executive
Housekeeper
Membantu
Executive Houseekeper dalam mengelola dan mengawasi semua operasional harian
housekeeping dan memberi dukungan berupa pelatihan,coaching dan konseling
kepada semua staff housekeeping demi mencapai tujuan bersama.
1. Bertanggung jawab terhadap operasional
sehari-hari atau melakukan penyelesaian masalah yang terjadi.apabila melakukan perubahan
dalam mengambil keputusan harus di konsultasikan terlebih dahulu dengan Executive Housekeeper.
2. Memberikan penugasan dan
arahan terhadap tugas-tugas yang harus di jalankan oleh karyawan di Housekeeping serta meyakinkan bahwa
pelaksanaan kerja di jalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.
3. Menyusun jadwal kerja yang
di sesuaikan dengan kondisi dan situasi yang berpengaruh pada ocupancy (tingkat hunian kamar).
4. Membantu Executive Housekeeper terhadap
pengusunan program perawatan dan perbaikan yang bersangkutan dengan area
tanggung jawab Housekeeping,terutama
di kamar tamu dan pubic area.
5. Melakukan pengontrolan
persediaan atas barang yang diperlukan dalam pengoperasian sehari-hari di Housekeeping,guest room supplies,linen
dan sebagainya agar sesuai dengan per stock yang di tentukan,dan memberikan
laoran terhadap executive housekeeper
apabila kondisi memerlukan penggantian atau penambahan stock baru.
6. Melakukan pengawasan
terhadap penggunaan peralatan yang di sediakan untuk operasional di Housekeeping sehingga berfungsi
sesuai standar yang di tentukan.
7. Melakukan pemeriksaan
secara rutin terhadap proses pelaksanaan perawatan dan penyimpanan linen/uniform.
8. Melakukan pengawasan
terhadap lost and pound dan meyakinkan
bahwa prosedur berjalan sesuai dengan yang telah di tentukan.
9. Membuat program pelatihan (training program) terhadap seluruh
karyawan Housekeeping secara rutin.
10. Menjalankan tugas yang di
berikan Executive Housekeeper
atau Room Devision Manager.
C. Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping Secretary/Order Taker
1)
Membuat Work schedule utk Floor Supervisor/houseman Supervisor, Office Clerk,
maupun Room attendant /Public Area attendant.
2)
Membuat laporan harian, Mingguan, maupun bulanan atas penggunaan berbagai obat
pembersih oleh Room Attendant/Houseman
3)
Menerima, mencatat, menyimpan dan merawat barang temuan milik tamu di area
hotel
4)
Melayani penukaran jadwal kerja , laporan lembur
5)
Melayani permohonan ijin, cuti dll
6)
Membuat pengumuman untuk HK crew
7)
Mencatat dan melaporkan kpd EHK bila ada barang milik hotel dibawa tamu saat CO
/Dirusak oleh tamu
8)
Melaporkan kpd EHK bila ada complaint tamu yg tdk dpt diatasi oleh Sup
9)
Membuat jadwal in house training bagi karyawan HK
10)
Mengarsipkan surat keluar, surat masuk dll
11)
Menerima telpon dari dr dept lain serta menindak lanjuti
12)
Menerima order/permintaan tamu dr dlm kamar dan menyampaikannya kpd roomboy utk
segera menindaklanjuti
13)
Membuat Work order, Purchase Requisition, Membuat Store Room Requiisition,
Housekeeping Report, Menerima Banquet Event Order
D. Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Public Area
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan, kerapian dan pemeliharaan Public area, seperti lobby,
F&B outlet, meeting room, offices, parking area, swimming pool, public
toilet dan sebagainya, dan pelaksanaan kerja public area dalam menjalankan
pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai
dengan standard dan prosedur yang ditentukan, uaraian tugas Public Area
Supervisor adalah sebagai berikut :
a. Bertanggung jawab terhadap
kebersihan public area sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
b. Memberikan penugasan dan arahan
terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Public area Attendant,
Night Cleaner, Toilet Attendant, Florist serta meyakinkan
bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang
ditentukan.
c. Melakukan handing over dengan
dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan shift
berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas
yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.
d. Memeriksa daftar kehadiran Staff
public area setiap hari.
e. Memeriksa kondisi area umum secara
teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapian, kelengkapan
dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area masing-masing.
f. Memeriksa secara teliti atas
ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah dikerjakan
oleh Staff pada hari itu.
g. Melengkapi laporan dalam Public area
Supervisor Log book setiap shift.
h. Membuat
laporan Maintenance Request kepada Engineering dan
menindaklanjuti area-area, fasilitas atau peralatan memiliki kerusakan,
mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
i. Memeriksa kebersihan,
kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning
supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor
room atau Pantry.
j. Bertanggung jawab terhadap
biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies
dan equipment.
k. Membuat program pelatihan (training
program) terhadap Staff Public area secara rutin.
l. Mengawasi pelaksanaan program
pemeliharaan atau pembersihan
secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
m. Melakukan pemeriksaan
atau inspeksi area secara rutin untuk meyakinkan
kualitas pemeliharaan kebersihan public area terjaga baik sesuai dengan
standard yang ditentukan.
n. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan
tugas yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor
Housekeeper serta melaporkan hasilnya.
o. Melakukan kerjasama yang erat dan baik
dengan semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry, serta dengan
departemen lain, terutama Front office dan Engineering untuk meyakinkan
koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public
area yang terbaik.
p. Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi
hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau
bulanan dengan Staff Public area untuk melakukan koordinasi operasional serta
saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki
kualitas pekerjaan dan pelayanan.
q. Menjalankan prosedur keamanan,
keselatnatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan
diri sendiri.
r. Menjalankan tugas yang diberikan oleh
Public area Housekeeper atau Executive Housekeeper/Assistant atau Floor
Housekeeper
E. Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Room
Membantu
Executive Housekeeper dalam
mengatur dan mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada department
Housekeeping
1. Bertanggung
jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standard dan prosedur yang telah di
tentukan.
2. Memberikan
penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan
di floor section serta
meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja sesuai dengan standar yang di
tentukan.
3. Memberikan
pengarahan dan bimbingan kepada Room
Attendant dan Order taker
terhadap cara-cara yang sistematis dan evisient.
4. Melakukan
hending over dengan floor supervisor pada saat akan
melakukan jerja dan handling over pada saat akam emnyelesaikan tugas.i
peralatan kamar.
5. Memeriksa
daftar kehadiran Room Attendant
dan Ordet taker setiap saat.
6. Memeriksa
kondisi kamar dan melaporkan status kamar sesuai dengan pemeriksaan yang ada
pemeriksaan kamar harus berdsarkan atas kebersihan,kerapihan,kelengkapan,dan
fungsi dari peralatan kamar.
7. Memeriksa
secara teliti atas kamar-kamar yang akan di gunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival oleh Front office.
8. Memeriksa
kerapihan,kebersihan, dan kelengkapan peralatan keperluan Floor Section seperti Tolly,linen,ameneties,cleanind
Suplies,cleaning agent,dan cleaning equipment baik di floor station atau pantry,maupun di
trolly yang disediakan di setiap lantai.
9. Menjalankan
procedure keamanan,keselamatan,higinies,dan sanitasi baik untuk kepentingan
tamu,orang lain dan diri sendiri.
10. Menjalankan tugas yang diberikan oles Executive Housekeeper/assistant.
F. Tugas dan Tanggung Jawab Linen and Uniform
1)
Bertanggung jawab thd operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian
masalah yg terjadi di Linen Room
2)
Menyusun jadwal kerja
3)
Melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap linen yg dikirim ketiap-tiap
floor maupun F&B outlet
4)
Membuat laporan dan data-data linen dan uniform yg diserahkan kpd Ast EHK
5)
Melakukan pengawasan thd penggunaan peralatan yg disediakan utk operasional di
Linen & Uniform room
6)
Melakukan inventarisasi secara berkala terhadap semua linnen & Uniform
G. Tugas dan Tanggung Jawab Chief Laundry
1)
Bertanggung jawab thd operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian
masalah yg terjadi di Laundry Section
2)
Menyusun jadwal kerja
3)
Melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap semua cucian yg dikirim baik itu
cucian milik hotel maupun tamu
4)
Mengontrol pemakaian alat2 dan bahan pembersih
5)
Menyelesaikan masalah yg timbul di Laundry
6)
Mengajukan permohonan pembelian alat2, bahan pembersih, kpd EHK.
7)
Membuat Laporan Maintenace request utk engineering menindaklanjuti, mengawasi
dan memeriksa kembali
8)
Berkomunikasi terus menerus dgn Order taker tentang perubahan dan updating
status kamar
9)
Menerima dan memeriksa laporan Room Attendant
10)
Melakukan brefing setiap hari dan menjalankan prosedur kemanan dan keselamatan
kerja
H. Tugas dan Tanggung Jawab Room Attendant
1)
Menerima penugasan dan pengarahan dari floor Supervisor.
2)
Melakukan handing over dari Room attendant night shift,morning shift dan
evening shift
3)
Menyiapkan trolley dgn perlatan kerja, guest suplies, cleaning supplies dan
linen untuk setiap floor station ( dilakukan room attendant night shift)
4)
Memerikasa status kamar sesuai dgn EA diarea yg ditugaskan, kondisi dan melaporkan
status kamar sesuai dgn hasil pemeriksaan
5)
Melaporkan pada Floor Supervisor jika
terjadi perbedaan status kamar
6)
Membersihkan kamar sesuai dgn SOP
7)
Melakukan turn down service dan membersihkan kamar yg late check-out, membantu
pengiriman laundry yg bersih ke kamar ( diilakukan room attendant evening
shift)
8)
Membuat room attendant report dan mengembalikan kunci pada saat akhir penugasan
9)
melaporkan kepada Floor Supervisor / order taker jika ada barang tamu yg
tertinggal
10)
Menjaga penggunaan dan pemakaian atas biaya yg dikeluarkan untuk penggunaan
guest suplies dan cleaning supplies
I. Tugas dan Tanggung Jawab Houseman Attendant
1)
Melakukan handing over dengan shift morning, evening and night cleaner pada saat
menyelesaikan tugas
2)
Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya
3)
Melakukan dusting di tangga, furniture, public area
4)
Membersihkan, sampah, lantai dengan sweeping dan mopping, kaca dan jendela di
lobby, toilet dan area umum lainnya
5)
Membersihkan restaurant atau F&B Outlet setelah makan pagi, siang dan malam.
6)
Membersihkan back office, setelah office hour dan employee room, kantin,
koridor dan ruang parkir
7)
Membantu membuang sampah dan linen kotor dari room attendant trolley
8)
Menjaga kondisi meeting room, ruang banquet dalam keadaan rapi dan bersih
9)
Mengikuti briefing setiap hari
J. Tugas dan Tanggung Jawab Linen Attendant
1) Mengatur
dan menyiapkan linen yang akan di pakai
oleh HK serta F&B outlet
2)
Menyiapkan towel untuk HK
3)
Menerima linen kotor
4)
Menerima linen bersih yang sudah dicuci dari laundry, memeriksa, menghitung,
mencatat dan menyimpannya
5)
Memelihara linen
6)
Melakukan pengecekan linen yg akan dikirim
7)
Melakukan inventarisasi secara berkala
8)
Membuat laporan linen yg hilang
9)
Menjaga keamanan dan kebersihan linen room
K. Tugas dan Tanggung Jawab Uniform Attendant
1)
Menerima dan memeriksa semua uniform baru yg dikirim oleh penjahit berdasarkan
pesanan
2)
Memberikan tanda kode pada uniform berdasarkan nama pemilik, serta departement
dimana karyawan bertugas
3)
Menyimpan dan merawat uniform karyawan
4)
Melayani penukaran uniform kotor dengan uniform bersih
5)
Menyerahkan uniform yang rusak kepada seamstress untuk diperbaiki
6)
Mengirim uniform kotor kelaundry, menerima dan mengeceknya setelah dicuci
L. Tugas dan Tanggung Jawab Laundry Attendant
1)
Bertanggung jawab terhadap semua cucian yang dikirimkan
2)
Mengecek setiap laundry bag apakah sesuai dengan laundry list
3)
Memeriksa cucian barangkali ada barang yang terbawa
4)
Mengecek cucian mungkin ada kancing yang lepas, jahitan yang robek, terkena
noda
5)
Memberi tanda kode pada cucian sesuai dengan no kamar
6)
Menyetrika dan menyerahkan kembali cucian yg telah selesai untuk di kembalikan
ketamu dan ke linen room untuk disimpan.
Hubungan
Housekeeping dengan departemen lainnya
a. Housekeeping dengan Front Office
Hubungan housekeeping
dengan front office ibarat dua sisi mata uang yang tidak mungkin berdiri
sendiri, oleh sebab itu hubungan ini menjadi suatu divisi yang disebut Room
Division, hubungan kerja tersebut antara lain ; housekeeping mempersiapkan
kamar bersih sedangkan front office yang akan menjualnya, front office sebagai
central informasi dari tamu kemudian housekeeping sebagai eksekutor di
lapangan, dan lain-lain. Oleh sebab itu komunikasi yang baik antara
housekeeping dengan front office akan memberikan nilai tambah bagi kepuasan
tamu.
Front Office
Mengirimkan data forecast
occupancy yaitu daftar kamar-kamar yang sudah dipesan, atau jumlah kamar yang
telah dipesan tamu dalam satu periode, dapat berupa pesanan dalam satu hari,
mingguan, bulanan, tiga bulanan bahkan data untuk satu tahun.
1. Mengirimkan EA rooms
atau daftar kamar yang sudah dipesan untuk hari ini.
2. Mengirim kamar yang
diblok untuk VIP.
3. Memberitahukan setiap
pergantian kamar.
4. Meminta pemasangan
extra bed atau baby box.
5. Memberikan Kamar
xpected departure list pada hari ini.
6. Melaporkan complaint
tamu tentang kondisi kamar.
7. Membantu housekeeping
untuk menagih pembayaran barang-barang yang rusak / hilang dari kamar.
Housekeeping
1. Mempersipkan dan membersihkan kamar-kamar
yang sudah check out secepatnya agar dapat dijual kembali.
2. Membuat laporan Room
discrepancy.
3. Menyiapkam kamar-kamar
yang EA, VIP.
4. Membuat housekeeping
report.
5. Memasang Extra bed
atau baby box dan menginformasikannya ke front office.
6. Me-release kamar-kamar
yang sudah dibersihkan dengan segera agar dapat kembali dijual.
7. Memberitahukan
kamar-kamar yang status out of order akibat kerusakan ataupun karena program
general cleaning dari housekeeping.
8. Melaporkan penemuan
barang tamu yang tertinggal di kamar dan mencatatnya pada Lost and Found log
book.
9. Melaporkan barang hotel yang hilang dari
kamar untuk ditagihkan ke tamu tersebut.
b. Housekeeping dengan F&B
*
F&B
1)
Menyediakan makanan dan minuman bagi karyawan HK
2)
Memasang dinner set untuk kamar suite
3)
Men set up: wellcome fruite, cockies kedalam kamar VIP
4)
Mengirim BEO kpd HK
5)
Meminta bantuan HK utk membersihkan Rest, menambah /mengurangi meja kursi
6)
Meminta bantuan merubah /membongkar layout dlm Banquet hall.meeting room
7)
Membuat room service menu utk di kamar
8)
Membuat flayer mengenai kegiatan yg diselenggarakan F&B serta meminta HK
untuk menempatkannya di kamar
*
Housekeeping
1)
menyediakan, merawan dan menyimpan uniform karyawan F&B, linnen
supplies baik untuk keperluan sehari-hari maupun jika ada event
2)
Memberitahu kpd room service utk prepare kamar yg VIP
3)
Melaporkan ke room service jika ada barang yg habis dipakai oleh tamu untuk di
clear up
4)
Membantu F&B Jika ada event , dengan memasang deokrasi, bunga,
memasang meja maupun kursi
5)
Menjaga kebersiha seluruh ruangan F&B outlet kecuali kitchen/pastry
c. Housekeeping dengan HRD
*HRD
1)
Melakukan pemanggilan karyawan, menseleksi, serta menempatkannya
2)
Memberikan pelatihan, kursus utk pengembangan SDM
3)
Memberikan House rule kpd karyaawan dmn didlmnya terdapt larangan, hak dan
kewajiban
4)
Memberikan penilainan terhadap hasil kerja karyawan
5)
Memberikan penghargaan bagi karyawan yg berprestasi
6)
Memperhatikan kesejahteraan, berupa tunjangan, asuransi dll
7)
Mempertimbangkan usul kenaikan gaji, dan jabatan
*
Housekeeping
1)
Mengajukan permintaan penambahan karyawan bila diperlukan
20
Memberikan masukan kpd personalia mengenai penilaian karyawan
3)
Mengajukan permohonan cuti, melaporkan karyawan yg lembur
4)
Melaporkan absensi karyawan HK setiap bulan
5)
Menyampaikan pengumuman mengenai kebijakan dari management kpd karyawan
d. Housekeeping dengan Accounting
*Accounting
1)
Memberikan gaji kpd karyawan termasuk tunjangannya
2)
Membayar uang lembur karyawan
3)
Mengeluarkan dana utk pengadaan barang keperluan HK
4)
Membayar asuransi karyawan baik asuransi kesehatan maupun kecelakaan kerja
5)
Meminta laporan penggunaan guest suplies dan cleaning suplies
6)
Menerima Purchase Requestition dr HK utk pembelian alat-alat kerja
7)
Membelikan perlengkapan yg dibutuhkan HK
8)
Melaporkan jika barang sudah teredia dan barang yg stocknya habis
*Housekeeping
1)
Menyediakan, merawat dan menyimpan seragam milik accounting dept
2)
Membuat laporan penggunaan bahan pembersih dan guest supplies
3)
Memberi laporan bila ada barang hotel yg rusak terbawa tamu sebagai laporan
penyusutan barang
4)
Memberikan laporan hasil invetarisasi barang-barang/alat-alat
5)
membuat Purchase requestition kpd purchasing dept
6)
Mengirim daftar nama barang yg akan di beli serta spesifikasinya
7)
Mengecek barang yg sudah dibeli sesuai atau tidak
e. Housekeeping dengan Security
*Security
1)
Melakukan tugas pengamanan seluruh area HK
2)
Memantau keluar masuknya tamu
3)
Menangani barang-barang yg hilang baik barang tamu maupun hotel yg hilang di
area hotel
4)
Mengawasi karyawan HK pd saat masuk kerja
5)
Melakukan body checking bagi karyawan yg pulang setelah selesai bertugas
*Housekeeping
1)
Menyediakan dan merawat uniform utk security
2)
Memberitahukan security bila akan ada tamu-tamu VIP
3)
Meminta pengamanan area tugas HK
4)
Melaporkan jika ada barang tamu yg hilang
f. Housekeeping dengan Engineering
*Engineering
1)
Melakukan perbaikan thd mesin maupun peralatan yg digunakan oleh HK
2)
Melaksanakan pekerjaan sesuai WO yg diberikan HK
3)
Memasang perlengkapan alat-alat mesin dan memberitahukan cara kerjanya
4)
Memberitahukan perubahan no tlp
5)
Meminjamkan perlengkapan utk kegiatan event
6)
Memberitahukan jika akan ada pemadaman listrik serta menginformasikan ke HK
bila akan diadakan uji coba alarm
*
Housekeeping
1)
Melaporkan kerusakan yg terjadi di lingkungan kerja HK
2)
Membuat WO
3)
Menyediakan dan merawat seragam engineering
4)
Memberitahukan jika ada lampu yg mati
5)Meminta
bantuan kepada engineering mengenai pengoprasian mesin di HK
g. Housekeeping dengan Sales Marketing
*
Sales Marketing
1)
Memberitahukan HK jika akan ada confrence, weeding dll
2)
Memberitahukan jika ada perubahan tanggal, peserta, tempat dlm acara di
function room
3)
Meminta bantuan HK untuk memasang spanduk dan dekorasi ruangan
4)
Meminta bantuan HK utk menyebarkan flayer ke kamar jika ada pertunjukan,
pameran dll
*
Housekeeping
1)
Menyimpan dan merawat uniform
2)
Membersikan marketing office
3)
Membersihakan ruangan function room yg akan digunakan
4)
Membuat layout meja kursi sesuai order
5)
memasang spanduk flayer dll
Jenis
Form di Housekeeping
- HOUSEKEEPING REPORT
- SUPERVISOR REPORT
- ROOM ATTENDANT REPORT
- DISCREPANCY REPORT
- REFUSED SERVICE TAG
- LOST & FOUND TAG/LOG BOOK
- MAINTENANCE REQUEST FORM
- KEY CONTROL BOOK
- PURCHASE REQUEST
- LAUNDRY LIST
- LOG BOOK SUPERVISOR
- ROOM ATTENDANT LOG BOOK
BY:Paulus Soetrisno
SIIPPP
ReplyDeletethank you
DeleteLengkap bgt pembahasannya.... jd tau banyak hal tugas hk... sangat bernilaiguna utk org2 yg ingin kerja di perhotelan.
ReplyDeletethank you
DeleteAhha,
ReplyDeleteImportant Information.
Thank You.
Sam Ragil
nice
ReplyDeletethank you
Deletethank you
ReplyDeleteha. bapak asesor mulai blogging nie...
ReplyDeleteiya pak jesika,makasih
DeleteGreat site for these post and i am seeing the most of contents have useful for my Carrier.Thanks to such a useful information.Any information are commands like to share him.
ReplyDeleteHousekeeping Services in Chennai
thank you nandhini for your review,nice to your website
ReplyDelete
ReplyDeleteياتي دائما مجال الخدمات في بعض الاحيان في الاولويات التي يحتاجها الفرد فمثلا في مجال التنظيف عندما يحتاج العميل الي تنظيف المنزل يبحث عن شركة تقدم له تلك الخدمه مع توافر شروط الجوده المطلوبه وهذا ما نوفره لعملائنا الكرام وايضا عندما يتعلق الامر بمكافحة الحشرات فنحن نوفر افضل الفنيين واحدث السيارات لعملية مكافحة الحشرات والقضاء عليها بالخرج كما وفرنا قسم خاص بنقل الاثاث بما يساعد عملائنا الكرام علي نقل الاثاث دون عناء
شركات مكافحة حشرات بالرياض
شركات مكافحة الفئران بالرياض
شركات مكافحة الحمام بالرياض
شركة تركيب غرف نوم بالرياض
وتلك بعض خدماتنا التي نوفرها في عدة مدن باسعار لا تقبل التنافس وباحدث المعدات
thank you for your attention and hoping someday we could joint together,and your blog also is very nice
ReplyDeletedalam rangka persiapan pre opening hotel apa saja yg dipersiapkan oleh housekeeper darisisi budget planning
ReplyDeleteMakasih ini sangat lengkap sekali penjelasaannya buat saya
ReplyDeleteThanks for information.
ReplyDeletekapan di terbitkan?
ReplyDeletekapan di terbitkan?
ReplyDeleteTerima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat ^_^
ReplyDeleteSekedar menambahkan untuk Standard Operating Procedure (SOP) Front Ofiice Hotel menggunakan Software PMS (Property Management System) bisa dilihat di video berikut ini FREE DOWNLOAD Klik Di Sini Semoga bermanfaat ^_^
Thank you perfecto
ReplyDeleteApabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
ReplyDeleteSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
baik pak Tommy.Terimakasih untuk infonya pak
ReplyDeleteMau tanya bagaimana cara membuat HK Action Plan ? apakah ada?
ReplyDeleteThank you
great....kapan bisa training lagi
ReplyDelete