MANAGEMENT HOUSEKEEPING TEKNIK SUPERVISOR
SETELAH
kerja
keras dan tampil all out selama dua
hari pada akhir Mei 2017 lalu, 59 orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar
Majapahit Kelas Pagi dan Kelas Siang sukses mempercantik interior sejumlah
ruangan di Lantai 3 dan 4 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244
Surabaya.
Apa yang dikreasi oleh 59 mahasiswa yang terbagi
dalam delapan kelompok –bukan enam kelompok-- seperti yang diberitakan
sebelumnya, ternyata berhasil me-refresh
(menyegarkan kembali) interior sejumlah ruangan yang ada di Lantai 3 dan Lantai 4 Gedung
Graha Tristar Surabaya.
Upaya masing-masing kelompok tampil all out dalam mengkreasi sejumlah ruangan
di Gedung Graha Tristar tersebut demi mengaplikasikan mata kuliah Teknik
Supervisi yang diasuh oleh R. Paulus W. Soetrisno M.Par.
Untuk memudahkan pekerjaan di lapangan sesuai job description-nya masing-masing, maka
para mahasiswa itu dibagi dalam delapan kelompok. Kelompok 1 (Kelas Pagi)
terdiri dari Nining Febriani Lay (Supervisor), Andi Gunawan, Jong Silvia
Yolanda, Ignasia Ora Etlatia R Sidi, Antony Sanjaya, Ariyana Westy, Saraswati
Dewi dan Gabriella Natania.
”Kali ini kami mengangkat tema Eid Mubarok dan Culinary-Pastry
demi menghias ulang salah satu interior ruangan berupa poster desain kekinian
di Lantai 4 Graha Tristar, sesuai tugas yang diberikan dosen pembimbing,” kata
Nining, Supervisor Kelompok 1 kepada kru www.culinarynews.info, Selasa (06/06/2017) siang.
Di sana digambarkan suasana Eid Mubarok (Idul Fitri) semakin bermakna dengan aktivitas civitas
akademika Akpar Majapahit yang saling bermaafan sekaligus berkesempatan untuk menikmati
sajian culinary-pastry yang
menggoyang lidah siapa pun yang mencicipinya.
Sedangkan Kelompok 2 (Kelas Pagi) yang
terdiri dari Anis Kharisma Agustina (Supervisor), Aan, Hafied Fitra, Anthony
Johann, Nadila Megaputri, Vania dan Felicia Rahardjo, mendapat tugas untuk
menghias ulang salah satu interior ruangan di Lantai 4 dengan mengusung tema Naomi Café & Resto dan Matoa Hotel.
Naomi Café & Resto diilustrasikan sebuah café & resto
yang nyaman untuk dikunjungi keluarga. Naomi
Café & Resto menyediakan makanan Indonesian
Authentic Food dan Chinese Food
yang memanjakan selera makan Anda. Sedangkan Matoa Hotel yang mengusung tagline: Making more Comfort than u’r Home dengan sejumah fasilitas seperti 24 hours room service, swimming pool, meeting room dan free Wi-Fi.
”Demi menyukseskan kegiatan ini, kami urunan sekitar
Rp 50 ribuan per orang untuk memesan poster dan sejumlah pernak pernik demi
mempercantik ruangan sesuai job
description yang diberikan dosen pembimbing,” kata Anis, yang dipercaya
menjadi Supervisor Kelompok 2 (Kelas Pagi).
Sementara itu, Kelompok 3 (Kelas Pagi) yang
anggotanya meliputi Vira Meyliana Leonard (Supervisor), Yasmine,
Natalia, Shinta, Anisa, Ani, Stevani dan Arifiana mengangkat tema Surabaya the Green City (Iki Suroboyoku) dan Tokyo the Biggest City
demi mempercantik salah satu interior ruangan di Lantai 4 Gedung Graha Tristar
Surabaya.
”Untuk Surabaya,
kami percantik dengan aneka motif bunga sehingga terkesan Surabaya kini berubah
menjadi Kota Hijau dengan tagline:
Suroboyoku Bersih dan Hijau. Beberapa ikon unggulan seperti Surabaya Carnival,
Monumen Suro & Boyo di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS), Pantai
Kenjeran, Tugu Pahlawan dan Wisata Kuliner Lontong Balap,” kata Vira,
Supervisor Kelompok 3 (Kelas Pagi).
Sedangkan Tokyo
–ibukota Jepang-- desainnya diperindah
dengan Bunga Sakura berwarna pink
yang bermekaran di musim semi. Keunikan Tokyo dan Negeri Matahari Terbit
diilustrasikan dengan Menara Tokyo, gemerlapnya Tokyo di malam hari, keindahan
dan keasrian Taman Kota serta Kuliner andalan dari Negeri Sakura.
Selanjutnya adalah Kelompok 4 (Kelas Pagi),
yang terdiri dari Bonaventura Forest Himawan (Supervisor), Jimmy
Bonaventura, Shintya, Teguh, Sella, Givary, Vayong dan William, sepakat
untuk mempercantik salah satu ruang di Lantai 4 Graha Tristar dengan tema Winter in London dan Bright New York.
“Kami dari Kelompok 4 (Kelas Pagi) akan all out menghias poster Kota London
dengan suasana musim salju (Winter in
London) dan gemerlap lampu yang menghiasi Kota New York pada waktu malam
hari (Bright New York),” kata
Bonaventura kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.
Pernak pernik suasana Lonton sebagai ibukota Inggris
digambarkan dengan sejumlah ikon ternama seperti Cathedral, Wimbledon Stadion,
Madame Tussauds dan Sunday Roast. Ikon-ikon tersebut siap menyambut kedatangan Anda
dan rombongan ketika Anda pelesir ke negeri Ratu Elizabeth II.
Sementara itu, Kelompok 1 (Kelas Siang), yang
terdiri dari Jessica Tarunajaya (Supervisor), Laurensia Jesica, Wahyu Tri
Anggara, Ferliani Mulyono, Billy Bambang Ismanto, Redy Ardiansyah, tidak
mau kalah sama anak-anak D3 Prodi Perhotelan Kelas Pagi, dalam mengaplikasikan
tugas dosen pembimbing.
Untuk menghias sekaligus mempercantik salah satu
interior ruang di Lantai 4 Graha Tristar, Kelompok 1 (Kelas Siang) mengusung
tema Andromeda. Suasana ruang angkasa
dihadirkan oleh enam mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Kelas Siang demi
menyelesaikan tugas yang diberikan R. Paulus W. Soetrisno, Dosen Teknik
Supervisi Akpar Majapahit tersebut.
”Nah, demi memuluskan pekerjaan mempercantik salah
satu interior ruangan di Lantai 4 Graha Tristar tersebut, kami pun urunan Rp 20
ribuan per orang. Uang itu untuk beli cat, thinner,
kuas, origami (kertas hias) dan
tanaman air, sedangkan batu kolam dan tanaman hias dari plastik tetap kami
manfaatkan untuk kegiatan ini,” terang Jessica.
Selanjutnya, Kelompok 2 (Kelas Siang) yang
beranggotakan Syafiq Umar (Supervisor), Khusni, Andre, Dina, Amelia dan
Fadhila ramai-ramai membersihkan Mini
Bar di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Surabaya.
Sesuai arahan dari R. Paulus W. Soetrisno, Dosen
Teknik Supervisi, anggota Kelompok 2 (Kelas Siang) yang diketuai Syafiq, pada
gilirannya berupaya tampil all out ketika
mencuci botol-botol minuman dan sejumlah peralatan yang ada di Mini Bar. Mereka
juga antusias membersihkan kulkas (refrigerator)
lalu mempercantiknya dengan memasang taplak meja dan vas bunga baru.
Demi menyelesaikan tugas tersebut, enam anggota
Kelompok 2 (Kelas Siang) urunan Rp 50 ribuan per orang. Uang yang terkumpul antara
lain dibelikan taplak meja, vas bunga, serbet, spons, tripleks, kayu dan kapur
tulis.
”Setelah Mini Bar itu kita bersihkan bareng-bareng, kemudian penataan
botol-botolnya di-setting ulang, kini
tampak lebih cling dibandingkan
sebelumnya. Bar Majapahit itu juga menyediakan aneka cocktail seperti virgin
mogito, blue sky dan old martini, sedangkan aneka coffee-nya meliputi macchiato, cappuccino, espresso, Americano dan flat white
coffee,” terang Syafiq.
Sementara itu, Supervisor Kelompok 3 (Kelas
Siang), Meily Violita dan Viola Regita mengungkapkan, anggota
kelompoknya tampil all out demi
menghias suite room hotel termasuk toilet-nya di Lantai 4 Graha Tristar
yang sehari-hari dimanfaatkan sebagai laboratorium praktik housekeeping oleh mahasiswa D3 Prodi Perhotelan.
“Suite room
hotel bintang lima itu didandani mahasiswa dengan hiasan dua kepala angsa yang
membentuk gambar love (cinta), ada
tiga lukisan abstrak ditempelkan di dinding, minibar yang telah lengkap dengan
isinya (minuman ringan dan aneka snack),
serta interior toilet yang dipermanis
dengan aneka pernak-pernik yang cantik,” kata Paulus kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.
Sedangkan anggota Kelompok 4 (Kelas Siang), Gundo
Ari Bismoko menuturkan, dirinya dan anggota Kelompok 4 yang lain tampil habis-habisan
ketika menyiapkan bahan-bahan untuk menghias taman yang mengusung tema Wonderful Indonesia di Lantai 3 Graha
Tristar akhir Mei 2017 lalu.
Ini juga tercermin dari peranan Hendriana Wijaya
yang dipercaya menjadi Supervisor Kelompok 4 Kelas Siang, demi memenuhi
tugas dosen pembimbing sekaligus mengaplikasikan mata kuliah Teknik Supervisi
yang diajarkan R. Paulus W. Soetrisno.
Kepada kru www.culinarynews.info, Dosen Teknik Supervisi Akpar Majapahit, R. Paulus W. Soetrisno M.Par
mengatakan, kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dalam mendesain ulang
interior ruangan di Lantai 4 Gedung Graha Tristar ini untuk
mengaplikasikan mata kuliah Teknik
Supervisi.
Menurut Paul, sapaan akrab R. Paulus W. Soetrisno,
penekanan dari kegiatan semacam ini bukan hanya interior ruangan di Lantai 4 saja
yang menjadi lebih segar (fresh) dari
sebelumnya, tetapi juga ada pembelajaran dari masing-masing anggota kelompok bagaimana
sebuah teamwork bekerja sama untuk
mencapai tujuan.
”Artinya, ketua kelompok yang ditunjuk menjadi
supervisor bertanggung jawab penuh terhadap hasil kerja yang ditunjukkan oleh
anggotanya. Jika supervisor bisa menggerakkan seluruh anggota kelompok itu bisa
bekerja solid dan kompak, saya optimistis kerja mereka pun pasti baik dan layak
untuk kita apresiasi,” kata Paulus yang juga Kaprodi D3 Perhotelan Akpar
Majapahit.
Bisa bikin janji ketemu? Apa bisa keluar daerah utk jadi trainer?
ReplyDeleteBisa bikin janji ketemu? Apa bisa keluar daerah utk jadi trainer?
ReplyDelete