Thursday, 8 June 2017

MANAGEMENT HOUSEKEEPING TEKNIK SUPERVISOR

SETELAH kerja keras dan tampil all out selama dua hari pada akhir Mei 2017 lalu, 59 orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi dan Kelas Siang sukses mempercantik interior sejumlah ruangan di Lantai 3 dan 4 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 

Apa yang dikreasi oleh 59 mahasiswa yang terbagi dalam delapan kelompok –bukan enam kelompok-- seperti yang diberitakan sebelumnya, ternyata berhasil me-refresh (menyegarkan kembali) interior sejumlah ruangan yang ada di Lantai 3 dan Lantai 4 Gedung Graha Tristar Surabaya.
Upaya masing-masing kelompok tampil all out dalam mengkreasi sejumlah ruangan di Gedung Graha Tristar tersebut demi mengaplikasikan mata kuliah Teknik Supervisi yang diasuh oleh R. Paulus W. Soetrisno M.Par.
Untuk memudahkan pekerjaan di lapangan sesuai job description-nya masing-masing, maka para mahasiswa itu dibagi dalam delapan kelompok. Kelompok 1 (Kelas Pagi) terdiri dari Nining Febriani Lay (Supervisor), Andi Gunawan, Jong Silvia Yolanda, Ignasia Ora Etlatia R Sidi, Antony Sanjaya, Ariyana Westy, Saraswati Dewi dan Gabriella Natania.
”Kali ini kami mengangkat tema Eid Mubarok dan Culinary-Pastry demi menghias ulang salah satu interior ruangan berupa poster desain kekinian di Lantai 4 Graha Tristar, sesuai tugas yang diberikan dosen pembimbing,” kata Nining, Supervisor Kelompok 1 kepada kru www.culinarynews.info, Selasa (06/06/2017) siang.
Di sana digambarkan suasana Eid Mubarok (Idul Fitri) semakin bermakna dengan aktivitas civitas akademika Akpar Majapahit yang saling bermaafan sekaligus berkesempatan untuk menikmati sajian culinary-pastry yang menggoyang lidah siapa pun yang mencicipinya.
Sedangkan Kelompok 2 (Kelas Pagi) yang terdiri dari Anis Kharisma Agustina (Supervisor), Aan, Hafied Fitra, Anthony Johann, Nadila Megaputri, Vania dan Felicia Rahardjo, mendapat tugas untuk menghias ulang salah satu interior ruangan di Lantai 4 dengan mengusung tema Naomi Café & Resto dan Matoa Hotel
Naomi Café & Resto diilustrasikan sebuah café & resto yang nyaman untuk dikunjungi keluarga. Naomi Café & Resto menyediakan makanan Indonesian Authentic Food dan Chinese Food yang memanjakan selera makan Anda. Sedangkan Matoa Hotel yang mengusung tagline: Making more Comfort than u’r Home dengan sejumah fasilitas seperti 24 hours room service, swimming pool, meeting room dan free Wi-Fi.
”Demi menyukseskan kegiatan ini, kami urunan sekitar Rp 50 ribuan per orang untuk memesan poster dan sejumlah pernak pernik demi mempercantik ruangan sesuai job description yang diberikan dosen pembimbing,” kata Anis, yang dipercaya menjadi Supervisor Kelompok 2 (Kelas Pagi). 
Sementara itu, Kelompok 3 (Kelas Pagi) yang anggotanya meliputi Vira Meyliana Leonard (Supervisor), Yasmine, Natalia, Shinta, Anisa, Ani, Stevani dan Arifiana mengangkat tema Surabaya the Green City (Iki Suroboyoku) dan Tokyo the Biggest City demi mempercantik salah satu interior ruangan di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Surabaya.
”Untuk Surabaya, kami percantik dengan aneka motif bunga sehingga terkesan Surabaya kini berubah menjadi Kota Hijau dengan tagline: Suroboyoku Bersih dan Hijau. Beberapa ikon unggulan seperti Surabaya Carnival, Monumen Suro & Boyo di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS), Pantai Kenjeran, Tugu Pahlawan dan Wisata Kuliner Lontong Balap,” kata Vira, Supervisor Kelompok 3 (Kelas Pagi).
Sedangkan Tokyo –ibukota Jepang--  desainnya diperindah dengan Bunga Sakura berwarna pink yang bermekaran di musim semi. Keunikan Tokyo dan Negeri Matahari Terbit diilustrasikan dengan Menara Tokyo, gemerlapnya Tokyo di malam hari, keindahan dan keasrian Taman Kota serta Kuliner andalan dari Negeri Sakura.
Selanjutnya adalah Kelompok 4 (Kelas Pagi), yang terdiri dari Bonaventura Forest Himawan (Supervisor), Jimmy Bonaventura, Shintya, Teguh, Sella, Givary, Vayong dan William, sepakat untuk mempercantik salah satu ruang di Lantai 4 Graha Tristar dengan tema Winter in London dan Bright New York.
“Kami dari Kelompok 4 (Kelas Pagi) akan all out menghias poster Kota London dengan suasana musim salju (Winter in London) dan gemerlap lampu yang menghiasi Kota New York pada waktu malam hari (Bright New York),” kata Bonaventura kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.
Pernak pernik suasana Lonton sebagai ibukota Inggris digambarkan dengan sejumlah ikon ternama seperti Cathedral, Wimbledon Stadion, Madame Tussauds dan Sunday Roast. Ikon-ikon tersebut siap menyambut kedatangan Anda dan rombongan ketika Anda pelesir ke negeri Ratu Elizabeth II.
Sementara itu, Kelompok 1 (Kelas Siang), yang terdiri dari Jessica Tarunajaya (Supervisor), Laurensia Jesica, Wahyu Tri Anggara, Ferliani Mulyono, Billy Bambang Ismanto, Redy Ardiansyah, tidak mau kalah sama anak-anak D3 Prodi Perhotelan Kelas Pagi, dalam mengaplikasikan tugas dosen pembimbing.
Untuk menghias sekaligus mempercantik salah satu interior ruang di Lantai 4 Graha Tristar, Kelompok 1 (Kelas Siang) mengusung tema Andromeda. Suasana ruang angkasa dihadirkan oleh enam mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Kelas Siang demi menyelesaikan tugas yang diberikan R. Paulus W. Soetrisno, Dosen Teknik Supervisi Akpar Majapahit tersebut.
”Nah, demi memuluskan pekerjaan mempercantik salah satu interior ruangan di Lantai 4 Graha Tristar tersebut, kami pun urunan Rp 20 ribuan per orang. Uang itu untuk beli cat, thinner, kuas, origami (kertas hias) dan tanaman air, sedangkan batu kolam dan tanaman hias dari plastik tetap kami manfaatkan untuk kegiatan ini,” terang Jessica.
Selanjutnya, Kelompok 2 (Kelas Siang) yang beranggotakan Syafiq Umar (Supervisor), Khusni, Andre, Dina, Amelia dan Fadhila ramai-ramai membersihkan Mini Bar di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Surabaya. 
Sesuai arahan dari R. Paulus W. Soetrisno, Dosen Teknik Supervisi, anggota Kelompok 2 (Kelas Siang) yang diketuai Syafiq, pada gilirannya berupaya tampil all out ketika mencuci botol-botol minuman dan sejumlah peralatan yang ada di Mini Bar. Mereka juga antusias membersihkan kulkas (refrigerator) lalu mempercantiknya dengan memasang taplak meja dan vas bunga baru.
Demi menyelesaikan tugas tersebut, enam anggota Kelompok 2 (Kelas Siang) urunan Rp 50 ribuan per orang. Uang yang terkumpul antara lain dibelikan taplak meja, vas bunga, serbet, spons, tripleks, kayu dan kapur tulis. 
”Setelah Mini Bar itu kita bersihkan bareng-bareng, kemudian penataan botol-botolnya di-setting ulang, kini tampak lebih cling dibandingkan sebelumnya. Bar Majapahit itu juga menyediakan aneka cocktail seperti virgin mogito, blue sky dan old martini, sedangkan aneka coffee-nya meliputi macchiato, cappuccino, espresso, Americano dan flat white coffee,” terang Syafiq.
Sementara itu, Supervisor Kelompok 3 (Kelas Siang), Meily Violita dan Viola Regita mengungkapkan, anggota kelompoknya tampil all out demi menghias suite room hotel termasuk toilet-nya di Lantai 4 Graha Tristar yang sehari-hari dimanfaatkan sebagai laboratorium praktik housekeeping oleh mahasiswa D3 Prodi Perhotelan.
Suite room hotel bintang lima itu didandani mahasiswa dengan hiasan dua kepala angsa yang membentuk gambar love (cinta), ada tiga lukisan abstrak ditempelkan di dinding, minibar yang telah lengkap dengan isinya (minuman ringan dan aneka snack), serta interior toilet yang dipermanis dengan aneka pernak-pernik yang cantik,” kata Paulus kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.
Sedangkan anggota Kelompok 4 (Kelas Siang), Gundo Ari Bismoko menuturkan, dirinya dan anggota Kelompok 4 yang lain tampil habis-habisan ketika menyiapkan bahan-bahan untuk menghias taman yang mengusung tema Wonderful Indonesia di Lantai 3 Graha Tristar akhir Mei 2017 lalu.
Ini juga tercermin dari peranan Hendriana Wijaya yang dipercaya menjadi Supervisor Kelompok 4 Kelas Siang, demi memenuhi tugas dosen pembimbing sekaligus mengaplikasikan mata kuliah Teknik Supervisi yang diajarkan R. Paulus W. Soetrisno.
Kepada kru www.culinarynews.info, Dosen Teknik Supervisi Akpar Majapahit, R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dalam mendesain ulang interior ruangan di Lantai 4 Gedung Graha Tristar ini untuk mengaplikasikan  mata kuliah Teknik Supervisi.
Menurut Paul, sapaan akrab R. Paulus W. Soetrisno, penekanan dari kegiatan semacam ini bukan hanya interior ruangan di Lantai 4 saja yang menjadi lebih segar (fresh) dari sebelumnya, tetapi juga ada pembelajaran dari masing-masing anggota kelompok bagaimana sebuah teamwork bekerja sama untuk mencapai tujuan. 
”Artinya, ketua kelompok yang ditunjuk menjadi supervisor bertanggung jawab penuh terhadap hasil kerja yang ditunjukkan oleh anggotanya. Jika supervisor bisa menggerakkan seluruh anggota kelompok itu bisa bekerja solid dan kompak, saya optimistis kerja mereka pun pasti baik dan layak untuk kita apresiasi,” kata Paulus yang juga Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit.

2 comments:

  1. Bisa bikin janji ketemu? Apa bisa keluar daerah utk jadi trainer?

    ReplyDelete
  2. Bisa bikin janji ketemu? Apa bisa keluar daerah utk jadi trainer?

    ReplyDelete

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts