Monday 20 August 2018

Management Housekeeping

Profil Asesor Kompetensi Housekeeping R. Paulus W. Soetrisno
 Ingin Jadi Housekeeper Profesional, Ikuti Program Sertifikasi Kompetensi Profesi yang Dihelat LSP Parnas

JIKA Anda ingin menjadi seorang housekeeping (penata graha) yang profesional di bidangnya, maka tidak ada salahnya Anda mendaftarkan diri sebagai program sertifikasi profesi housekeeping yang diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Nasional (LSP Parnas).
Salah satu asesor LSP Parnas yang menangani profesi housekeeping adalah R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Paulus yang sehari-hari menjadi dosen D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit itu, resmi mengantongi sertifikat sebagai asesor kompetensi housekeeping berskala nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan Nomor Registrasi: 000.001679.2013, sejak 2013 silam.
Dengan berbekal sertifikat sebagai asesor dari BNSP tersebut, maka aktivitas R. Paulus W. Soetrisno semakin menumpuk. Tidak hanya mengurusi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, tetapi juga menjadi asesor kompetensi housekeeping dari hotel ke hotel maupun SMK ke SMK yang punya jurusan Perhotelan sesuai penugasan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Nasional.
Di Jatim sendiri ada dua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yakni LSP Pariwisata Nasional dan LSP Cohespa. Dua LSP ini merupakan kepanjangan tangan BNSP di daerah, khususnya di Surabaya dan Jatim pada umumnya.
Menurut Paulus, perusahaan (hotel) dinyatakan sehat itu kalau karyawannya mengikuti sertifikasi kompetensi profesi yang disyaratkan BNSP. Mengingat posisinya sebagai asesor kompetensi profesi housekeeping, maka penugasan dari LSP Pariwisata Nasional fokus pada bidang housekeeping di hotel-hotel.
Di industri pariwisata khususnya perhotelan, BNSP membagi beberapa asesor yakni Housekeeping, Food & Beverage (FB) Product (Kitchen dan Pastry), Front Office (FO) dan Food & Beverage Service (FBS), termasuk Bar dan Waiters atau Waitress. 
Terkait dengan penugasan LSP Pariwisata Nasional, maka selama Semester I Tahun 2018, Paulus, mengasesori sejumlah karyawan Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya Jl. Raya Darmo No. 68-78 Surabaya dan Hotel Bisanta Bidakara Jl. Tegalsari Surabaya.
Sedangkan penugasan di luar Jawa, Paulus yang juga menjabat Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit itu kembali mendapat penugasan dari  LSP Pariwisata Nasional untuk mengasesori karyawan Housekeeping Department Hotel Senyiur Balikpapan dan Hotel Senyiur Samarinda, Kalimantan Timur, khususnya kompetensi profesi housekeeping.
Selain itu, R. Paulus W. Soetrisno juga mendapat penugasan dari LSP Pariwisata Nasional atau disingkat LSP Parnas untuk mengasesori sejumlah siswa dari SMK Negeri 1, 3, 6, 8 dan SMK Negeri 10 Surabaya, SMK Negeri 3 Blitar dan SMK Negeri di Banyuwangi.
Di lapangan dikenal dua sistem , yakni Occupacy dan Cluster. Untuk sistem Cluster ada lima unit yang diuji mulai bekerja sama dengan kolega dan pelanggan hingga menyediakan layanan kehilangan dan penemuan barang. Sistem ini cocok untuk anak-anak SMK maupun orang yang sudah bekerja.
Sedangkan asesor sistem Occupacy, skema sertifikasi kompetensi yang diuji tidak lima unit, melainkan sebanyak 14 unit, mulai bekerja sama dengan kolega dan pelanggan hingga meningkatkan dan memperbarui pengetahuan lokal.  ”Dengan memenuhi 14 unit ini maka mereka boleh dikatakan Asesor profesional karena kompeten (kompetensi berbasis ASEAN) di bidangnya,” pungkasnya. (*)Anda Tertarik untuk belajar housekeeping,silahkan kontak kenomor kami 082257317959.



0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts