Management Housekeeping
Profil Asesor Kompetensi Housekeeping R. Paulus W. Soetrisno
Ingin Jadi
Housekeeper Profesional, Ikuti Program Sertifikasi Kompetensi Profesi yang
Dihelat LSP Parnas
JIKA
Anda ingin
menjadi seorang housekeeping (penata
graha) yang profesional di bidangnya,
maka tidak ada salahnya Anda mendaftarkan diri sebagai program sertifikasi
profesi housekeeping yang
diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Nasional (LSP Parnas).
Salah satu asesor LSP Parnas yang menangani profesi housekeeping adalah R. Paulus W.
Soetrisno M.Par. Paulus yang sehari-hari menjadi dosen D3 Prodi Perhotelan
Akpar Majapahit itu, resmi mengantongi sertifikat sebagai asesor kompetensi housekeeping berskala nasional dari
Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan Nomor Registrasi:
000.001679.2013, sejak 2013 silam.
Dengan berbekal sertifikat sebagai asesor dari BNSP
tersebut, maka aktivitas R. Paulus W. Soetrisno semakin menumpuk. Tidak hanya
mengurusi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, tetapi juga menjadi
asesor kompetensi housekeeping dari
hotel ke hotel maupun SMK ke SMK yang punya jurusan Perhotelan sesuai penugasan
dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Nasional.
Di Jatim sendiri ada dua Lembaga Sertifikasi Profesi
(LSP) yakni LSP Pariwisata Nasional dan LSP Cohespa. Dua LSP ini merupakan
kepanjangan tangan BNSP di daerah, khususnya di Surabaya dan Jatim pada
umumnya.
Menurut Paulus, perusahaan (hotel) dinyatakan sehat
itu kalau karyawannya mengikuti sertifikasi kompetensi profesi yang disyaratkan
BNSP. Mengingat posisinya sebagai asesor kompetensi profesi housekeeping, maka penugasan dari LSP
Pariwisata Nasional fokus pada bidang housekeeping
di hotel-hotel.
Di industri pariwisata khususnya perhotelan, BNSP
membagi beberapa asesor yakni Housekeeping,
Food & Beverage (FB) Product (Kitchen dan Pastry), Front Office (FO) dan Food & Beverage Service (FBS),
termasuk Bar dan Waiters atau Waitress.
Terkait dengan penugasan LSP Pariwisata Nasional,
maka selama Semester I Tahun 2018, Paulus, mengasesori sejumlah karyawan Hotel Mercure
Grand Mirama Surabaya Jl. Raya Darmo No. 68-78 Surabaya dan Hotel Bisanta
Bidakara Jl. Tegalsari Surabaya.
Sedangkan penugasan di luar Jawa, Paulus yang juga
menjabat Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit itu kembali mendapat penugasan
dari LSP Pariwisata Nasional untuk mengasesori karyawan Housekeeping Department Hotel Senyiur
Balikpapan dan Hotel Senyiur Samarinda, Kalimantan Timur, khususnya kompetensi
profesi housekeeping.
Selain
itu, R. Paulus W. Soetrisno juga mendapat penugasan dari LSP Pariwisata
Nasional atau disingkat LSP Parnas untuk mengasesori sejumlah siswa dari SMK
Negeri 1, 3, 6, 8 dan SMK Negeri 10 Surabaya, SMK Negeri 3 Blitar dan SMK
Negeri di Banyuwangi.
Di
lapangan dikenal dua sistem , yakni Occupacy
dan Cluster. Untuk sistem Cluster ada lima unit yang diuji mulai
bekerja sama dengan kolega dan pelanggan hingga menyediakan layanan kehilangan
dan penemuan barang. Sistem ini cocok untuk anak-anak SMK maupun orang yang
sudah bekerja.
Sedangkan
asesor sistem Occupacy, skema
sertifikasi kompetensi yang diuji tidak lima unit, melainkan sebanyak 14 unit, mulai
bekerja sama dengan kolega dan pelanggan hingga meningkatkan dan memperbarui
pengetahuan lokal. ”Dengan memenuhi 14
unit ini maka mereka boleh dikatakan Asesor
profesional karena kompeten (kompetensi berbasis ASEAN) di bidangnya,” pungkasnya.
(*)Anda Tertarik untuk belajar housekeeping,silahkan kontak kenomor kami 082257317959.
0 komentar:
Post a Comment