Belajar Housekeeping di Grand Darmo Suite Surabaya
Mahasiswa Baru Culinary Class Akpar Majapahit Dikenalkan ”Basic
Housekeeping” di Grand Darmo Suite.
SEBANYAK 13 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi dikenalkan dari dekat Basic Housekeeping Knowledge standar industri perhotelan di Grand Darmo Suite Surabaya Jl Progo No. 3 Surabaya, Senin (30/07/2018) sore.
Kunjungan mahasiswa ke industri tersebut di dampingi Dosen Housekeeping Prodi Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Beverage Product Yoseph Agung Priyo Widodo.
Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit disambut oleh Executive Housekeeper Grand Darmo Suite Surabaya Saiful dan Sales Executive Sinu Ika Putra di Rama-Rama Longue hotel bintang empat tersebut.
Sebelum belajar tentang sisik melik Basic Housekeeping Knowledge & Housekeeping Practice, Executive Housekeeper Grand Darmo Suite Surabaya, Saiful menerangkan run down acara kunjungan industri tersebut lebih dulu kepada mahasiswa Akpar Majapahit.
Acara pertama tour hotel. 13 mahasiswa itu diajak untuk melihat langsung sejumlah fasilitas hotel mulai kamar (room), kitchen, restaurant, public area hingga front office. Durasi tour hotel itu sendiri dibatasi waktunya tidak lebih dari 30 menit.
”Sedangkan acara selanjutnya adalah presentasi Basic Knowledge Housekeeping Housekeeping Practice bersama saya sendiri. Sementara itu, untuk acara penutupnya adalah lunch buffet bersama di Rama-Rama Longue,” kata Saiful, Executive Housekeeper Grand Darmo Suite Surabaya, di hadapan mahasiswa baru Akpar Majapahit, kemarin.
Usai mahasiswa mengikuti acara tour hotel terutama di public area bersama Affi, dari Housekeeping Department, giliran selanjutnya Saiful yang menjelaskan sisik melik tentang Basic Housekeeping Knowledge kepada mahasiswa di Meeting Room Rama-Rama Longue. Apa pengertian housekeeping sendiri dan tugasnya.
Dari segi bahasa, house artinya rumah, gedung, wisma atau hotel, sedangkan keeping mempunyai arti memelihara, merawat, menjaga. Oleh sebab itu housekeeping disebut juga tata graha.
Tata graha (housekeeping) adalah bagian dari departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.
Departemen housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar tamu, namun secara keseluruhan bertanggung jawab menjaga, merawat dan membersihkan semua fasilitas hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebab itu, semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.
Karyawan housekeeping memberikan pelayanan terhadap kelancaran, kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu (room hotel), public area, restaurant, meeting room, laundry, sarana olahraga, swimming pool dan fasilitas lainnya. Mereka merupakan bagian dari tim yang selalu siap mempersiapkan dan menyambut kedatangan tamu-tamu hotel.
”Karyawan housekeeping sangat peduli terhadap kenyaman tamu dengan cara memperhatikan hal-hal yang detail dan menindaklanjuti segala perbaikan-perbaikan yang diperlukan,” terang Saiful di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit.
Dalam operasional hotel, hal-hal mengenai kebersihan dilakukan dan dilaksanakan oleh departemen housekeeping, yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager atau Executive Housekeeper.
Secara umum, departemen housekeeping memiliki tanggung jawab area yang sangat besar, maka wajar kalau housekeeping mempunyai jumlah karyawan lebih banyak dari depertemen lainnya. Oleh sebab itu, pelaksanaan pemeliharaan dan pembersihan area hotel diatur menurut seksi-seksi sebagai berikut:
1. Public Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel, antara lain lobby area, restroom, restaurant, meeting room dan fasilitas untuk karyawan hotel.
2. Room, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.
3. Laundry, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluan kamar, restaurant dan meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.
4. Linen dan Uniform, seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan.
5. Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
6. Gardener, Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman baik didalam maupun diluar hotel.
Sasaran Housekeeping
Kebersihan
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
Kerapian
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.
Kelengkapan
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standard-nya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
Fasilitas
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak mengganggu kegiatan-kegiatan mereka.
”Karena itu, demi menambah pengetahuan di luar kampus sekaligus menambah serapan ilmu dari pelaku industri maka pergunakanlah setiap kesempatan emas dengan sebaik mungkin saat Anda bertemu pelaku industri demi meningkatkan kompetensi profesi di industri perhotelan dan pariwisata,” pesan Dosen Housekeeping R. Paulus W. Soetrisno M.Par kepada anak didiknya, sebelum acara.
SEBANYAK 13 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi dikenalkan dari dekat Basic Housekeeping Knowledge standar industri perhotelan di Grand Darmo Suite Surabaya Jl Progo No. 3 Surabaya, Senin (30/07/2018) sore.
Kunjungan mahasiswa ke industri tersebut di dampingi Dosen Housekeeping Prodi Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Beverage Product Yoseph Agung Priyo Widodo.
Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit disambut oleh Executive Housekeeper Grand Darmo Suite Surabaya Saiful dan Sales Executive Sinu Ika Putra di Rama-Rama Longue hotel bintang empat tersebut.
Sebelum belajar tentang sisik melik Basic Housekeeping Knowledge & Housekeeping Practice, Executive Housekeeper Grand Darmo Suite Surabaya, Saiful menerangkan run down acara kunjungan industri tersebut lebih dulu kepada mahasiswa Akpar Majapahit.
Acara pertama tour hotel. 13 mahasiswa itu diajak untuk melihat langsung sejumlah fasilitas hotel mulai kamar (room), kitchen, restaurant, public area hingga front office. Durasi tour hotel itu sendiri dibatasi waktunya tidak lebih dari 30 menit.
”Sedangkan acara selanjutnya adalah presentasi Basic Knowledge Housekeeping Housekeeping Practice bersama saya sendiri. Sementara itu, untuk acara penutupnya adalah lunch buffet bersama di Rama-Rama Longue,” kata Saiful, Executive Housekeeper Grand Darmo Suite Surabaya, di hadapan mahasiswa baru Akpar Majapahit, kemarin.
Usai mahasiswa mengikuti acara tour hotel terutama di public area bersama Affi, dari Housekeeping Department, giliran selanjutnya Saiful yang menjelaskan sisik melik tentang Basic Housekeeping Knowledge kepada mahasiswa di Meeting Room Rama-Rama Longue. Apa pengertian housekeeping sendiri dan tugasnya.
Dari segi bahasa, house artinya rumah, gedung, wisma atau hotel, sedangkan keeping mempunyai arti memelihara, merawat, menjaga. Oleh sebab itu housekeeping disebut juga tata graha.
Tata graha (housekeeping) adalah bagian dari departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.
Departemen housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar tamu, namun secara keseluruhan bertanggung jawab menjaga, merawat dan membersihkan semua fasilitas hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebab itu, semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.
Karyawan housekeeping memberikan pelayanan terhadap kelancaran, kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu (room hotel), public area, restaurant, meeting room, laundry, sarana olahraga, swimming pool dan fasilitas lainnya. Mereka merupakan bagian dari tim yang selalu siap mempersiapkan dan menyambut kedatangan tamu-tamu hotel.
”Karyawan housekeeping sangat peduli terhadap kenyaman tamu dengan cara memperhatikan hal-hal yang detail dan menindaklanjuti segala perbaikan-perbaikan yang diperlukan,” terang Saiful di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit.
Dalam operasional hotel, hal-hal mengenai kebersihan dilakukan dan dilaksanakan oleh departemen housekeeping, yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager atau Executive Housekeeper.
Secara umum, departemen housekeeping memiliki tanggung jawab area yang sangat besar, maka wajar kalau housekeeping mempunyai jumlah karyawan lebih banyak dari depertemen lainnya. Oleh sebab itu, pelaksanaan pemeliharaan dan pembersihan area hotel diatur menurut seksi-seksi sebagai berikut:
1. Public Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel, antara lain lobby area, restroom, restaurant, meeting room dan fasilitas untuk karyawan hotel.
2. Room, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.
3. Laundry, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluan kamar, restaurant dan meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.
4. Linen dan Uniform, seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan.
5. Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
6. Gardener, Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman baik didalam maupun diluar hotel.
Sasaran Housekeeping
Kebersihan
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
Kerapian
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.
Kelengkapan
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standard-nya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
Fasilitas
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak mengganggu kegiatan-kegiatan mereka.
”Karena itu, demi menambah pengetahuan di luar kampus sekaligus menambah serapan ilmu dari pelaku industri maka pergunakanlah setiap kesempatan emas dengan sebaik mungkin saat Anda bertemu pelaku industri demi meningkatkan kompetensi profesi di industri perhotelan dan pariwisata,” pesan Dosen Housekeeping R. Paulus W. Soetrisno M.Par kepada anak didiknya, sebelum acara.
0 komentar:
Post a Comment