Wednesday, 25 August 2021

                                                         TEKNIK SUPERVISI


PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN YANG DIBUTUHKAN SUPERVISOR :
Ø Pengetahuan dan Ketrampilan Teknis.
    Pengetahuan teknis dibutuhkan agar tugas dapat dilaksanakan secara profesional.                Seorang Supervisor yang memiliki ketrampilan teknis akan mampu untuk mengawasi          pelaksanaan tugas bawahannya secara langsung. Bilamana terjadi penyimpangan                  kekeliruan ,ketidaklancaran ,,kelambatan tidak efisien dan tidak produktif, maka                  Supervisor bisa segera dapat mengoreksi, pembenahan, perbaikan agar operasi Unit          yang dipimpinnya bisa berjalan lancar, produktif efisien.
Ø Pengetahuan dan Ketrampilan Managerial dan Administratif.
    Ketrampilan managerial terdiri dari pengetahuan dan ketrampilan berikut :
      a. Planning
      b. Organizing
      c. Influencing
      d. Controlling
Berkaitan dengan ketrampilan managerial ini, seorang Supervisor harus memahami hal-hal berikut:
 - Goals & Objectives (Tujuan & Sasaran) yang harus dicapai unitnya.                                         - Bidang Kegiatan Kunci (Key Result Area). 

 - Referensi Pokok / Utama.
Berkaitan dengan ketrampilan administratif ternyata sangat berguna dalam mendukung kelancaran tugas operasionalnya. Di bawah ini adalah contoh kegiatan Administratif :
      a. Mengisi dokumen / formulir yang diperlukan,seperti :                                                                      - Transfer peralatan, order barang, permintaan servis, dll.
      b. Membuat laporan, baik berkala, rutin dan non rutin. - Produksi harian, perawatan,                  stock   gudang, dll.

Ø Ketrampilan Konsepsual.
    Adalah kemampuan intelektual untuk menyusun konsep, gagasan, ide dan mampu                menerapkannya di unit kerjanya sesuai dengan kondisi dan situasi di unit itu. Seorang          Supervisor dengan ketrampilan konsepsual yang tinggi akan mampu menyusun                    kemudian mengusulkan kepada atasannya,gagasan dan ide baru yang diharapkan akan      memperbaiki kelancaran unit kerjanya.
Ø Ketrampilan Hubungan Antar Manusia
    Kemampuan untuk secara efektif berhubungan dengan orang lain, sehingga orang lain        itu akan membantu kelancaran operasi unit kerja yang dipimpinnya. Termasuk dalam          ketrampilan ini adalah : memahami orang lain, ketrampilan komunikasi dan memotivasi.      Kepemimpinan dan Teknik  supervisi.


 pemecahan masalah


Mengapa di dalam sebuah hotel perlu memiliki rencana supervisi?


   Pada dasarnya segala macam bisnis yang bersentuhan dengan bidang jasa haruslah             memiliki planning / rencana untuk menjalankan bisnis tersebut, terlebih bagi seorang        supervisor ia harus lah memiliki rencana Agar dapat menjakankan bisnisnya dengan            baik. Terlebih supervisi didalam sebuah hotel yang bersentuhan langsung dengan tamu   


Tugas dan tanggung jawab seorang aupervisor didalam hotel


   Ketika seseorang diserahi tugas sebagai supervisor maka ia mempunyai  tugas dan               tanggung jawab yang berbeda dengan staff biasa dimana, ia  mempunyai obligasi dan         tanggung jawab yang tidak ringan. Untuk itu,  sebelum memilih dan mengangkat                  supervisor perlu dipertimbangkan  berbagai aspek mengenai orang tersebut. Ketika            seseorang diangkat  menjadi supervisor , ia segera membuat batasan antara dirinya dan      orang-orang yang dipimpinnya. Termasuk didalamnya dalam pola pikir, sikap  dan                tingkah lakunya. Seorang supervisor berada ditengah-tengah antara; karyawan,                    management dan konsumen. Sehingga ia harus bisa menempatkan dirinya dengan baik      dan tidak terlalu berpihak keatas atau kebawah. Di hotel atau di restoran,  supervisor            berada diantara; pemilik. Konsumen dan orang-orang yang anda pimpin. Bagi karyawan,    anda mewakili manajemen dalam hal; kekuasaan,  perintah-perintah, penerapan divisi.



          Tehnik pokok supervisi pada dasarnya identik dengan tehnik penyelesaian  masalah. Bedanya pada supervisi tehnik pengumpulan data untuk  menyelesaikan masalah dan penyebab masalah menggunakan tehnik  pengamatan langsung oleh pelaksana supervisi terhadap sasaran supervisi, serta  pelaksanaan jalan keluar. Dalam mengatasi masalah tindakan dapat dilakukan  oleh pelaksana supervisi, bersama-sama dengan sasaran supervisi secara  langsung di tempat .


0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts