TEKNIK SUPERVISI
PENGETAHUAN
DAN KETRAMPILAN YANG DIBUTUHKAN SUPERVISOR :
Ø Pengetahuan dan
Ketrampilan Teknis.
Pengetahuan teknis dibutuhkan agar tugas dapat dilaksanakan secara profesional. Seorang Supervisor yang memiliki ketrampilan teknis akan mampu untuk mengawasi pelaksanaan tugas bawahannya secara langsung. Bilamana terjadi penyimpangan kekeliruan ,ketidaklancaran ,,kelambatan tidak efisien dan tidak produktif, maka Supervisor bisa segera dapat mengoreksi, pembenahan, perbaikan agar operasi
Unit yang dipimpinnya bisa berjalan lancar, produktif efisien.
Ø Pengetahuan dan
Ketrampilan Managerial dan Administratif.
Ketrampilan managerial terdiri dari pengetahuan dan ketrampilan berikut :
a. Planning
b. Organizing
c. Influencing
d. Controlling
Berkaitan dengan ketrampilan managerial ini, seorang Supervisor harus memahami
hal-hal berikut:
- Goals & Objectives (Tujuan & Sasaran) yang harus dicapai
unitnya. - Bidang Kegiatan Kunci (Key Result Area).
- Referensi Pokok /
Utama.
Berkaitan dengan ketrampilan administratif ternyata sangat berguna dalam
mendukung kelancaran tugas operasionalnya. Di bawah ini adalah contoh kegiatan
Administratif :
a. Mengisi dokumen / formulir yang diperlukan,seperti : - Transfer peralatan,
order barang, permintaan servis, dll.
b. Membuat laporan, baik berkala, rutin dan non rutin. - Produksi harian,
perawatan, stock gudang, dll.
Ø Ketrampilan Konsepsual.
Adalah kemampuan intelektual untuk menyusun konsep, gagasan, ide dan mampu menerapkannya di unit kerjanya sesuai dengan kondisi dan situasi di unit itu.
Seorang Supervisor dengan ketrampilan konsepsual yang tinggi akan mampu
menyusun kemudian mengusulkan kepada atasannya,gagasan dan ide baru yang
diharapkan akan memperbaiki kelancaran unit kerjanya.
Ø Ketrampilan Hubungan Antar
Manusia
Kemampuan untuk secara efektif berhubungan dengan orang lain, sehingga orang
lain itu akan membantu kelancaran operasi unit kerja yang dipimpinnya. Termasuk
dalam ketrampilan ini adalah : memahami orang lain, ketrampilan komunikasi dan
memotivasi. Kepemimpinan dan Teknik supervisi.
pemecahan masalah
• Mengapa di dalam sebuah hotel perlu memiliki rencana supervisi?
Pada dasarnya segala macam bisnis yang bersentuhan dengan bidang jasa haruslah memiliki planning / rencana untuk menjalankan bisnis tersebut, terlebih bagi
seorang supervisor ia harus lah memiliki rencana Agar dapat menjakankan
bisnisnya dengan baik. Terlebih supervisi didalam sebuah hotel yang bersentuhan
langsung dengan tamu
• Tugas dan tanggung jawab seorang aupervisor didalam hotel
Ketika seseorang diserahi tugas sebagai supervisor maka ia mempunyai
tugas dan tanggung jawab yang berbeda dengan staff biasa dimana, ia
mempunyai obligasi dan tanggung jawab yang tidak ringan. Untuk itu,
sebelum memilih dan mengangkat supervisor perlu dipertimbangkan berbagai
aspek mengenai orang tersebut. Ketika seseorang diangkat menjadi supervisor
, ia segera membuat batasan antara dirinya dan orang-orang yang dipimpinnya.
Termasuk didalamnya dalam pola pikir, sikap dan tingkah lakunya. Seorang
supervisor berada ditengah-tengah antara; karyawan, management dan konsumen.
Sehingga ia harus bisa menempatkan dirinya dengan baik dan tidak terlalu
berpihak keatas atau kebawah. Di hotel atau di restoran, supervisor berada diantara; pemilik. Konsumen dan orang-orang yang anda pimpin. Bagi
karyawan, anda mewakili manajemen dalam hal; kekuasaan, perintah-perintah,
penerapan divisi.
Tehnik pokok supervisi pada dasarnya identik dengan tehnik penyelesaian masalah. Bedanya pada supervisi tehnik pengumpulan data untuk menyelesaikan masalah dan penyebab masalah menggunakan tehnik pengamatan langsung oleh pelaksana supervisi terhadap sasaran supervisi, serta pelaksanaan jalan keluar. Dalam mengatasi masalah tindakan dapat dilakukan oleh pelaksana supervisi, bersama-sama dengan sasaran supervisi secara langsung di tempat .
0 komentar:
Post a Comment