Wednesday, 18 August 2021

                                    SERTIFIKASI KOMPETENSI HOUSEKEEPING 

 

 Untuk meningkatkan Kompetensi staff di bidang Housekeeping,maka perlu di adakan Sertifikasi Kompetensi di bidang Housekeeping.
Tujuannya adalah sebagai acuan untuk mendapatkan kompetensinya melalui proses pembelajaran baik yang formal maupun non formal.

Dengan adanya Sertifikasi Housekeeping ini di harapkan  semua tenaga kerja housekeeping sudah mempunyai sertifikat Kompetensi yang dapat diakui secara nasional maupun Internasional khususnya Asean.

 



Di zaman sekarang ini, sertifikasi sepertinya akan menjadi salah satu hal yang menunjang untuk tetap bertahan dalam pekerjaan . Namun yang sangat disayangkan, kesadaran orang-orang mengenai pentingnya sertifikasi kompetensi masih sangat kurang. Padahal, kesadaran itu yang harus kita bangun dari awal.


Melalui sertifikasi kompetensi, para tenaga pekerja akan lebih fokus dalam bekerja dan juga diakui oleh negara atas keahlian yang dimiliki.
Manfaat utama memiliki sertifikasi profesi ini, adalah sebagai tanda bukti bahwa para staff memang benar – benar memiliki keahlian (kompetensi) sesuai bidangnya. Tentu saja, hal ini nantinya akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima karyawan untuk mengisi posisi pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuan yang  di miliki.
Dengan adanya sertifikasi ini semua staff di harapkan dapat menganalisa pekerjaannya baik secara praktek maupun teori.
Dengan berbekal sertifikasi keahlian yang Kalian miliki, maka hal ini dapat membuka kesempatan karir yang lebih luas. Tidak hanya untuk cakupan dalam negeri, namun juga dapat berkembang luas sampai ke luar negeri.
Saat ini tenaga kerja yang kompeten sangat dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri. Kompeten dalam hal ini adalah memiliki keterampilan kerja yang diperlukan seseorang dengan menunjukkan kemampuannya secara konsisten. Kemampuan tersebut harus memberikan tingkat hasil kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan yang spesifik.
Bagi karyawan di perusahaan, bukti sertifikat kompetensi juga bisa menambah kepercayaan diri dalam menjalankan tugasnya. Kemampuannya yang sudah teruji lewat sertifikasi dapat menambah keyakinan bahwa dia memiliki keunggulan dibanding rekan kerja lainnya dalam menyelesaikan tugas.



Sertifikat Kompetensi merupakan Dokumen pendamping selain Ijazah.Setiap lulusan vokasi harus memiliki sertifikat kompetensi sebagai Modalnya untuk memasuki dunia kerja  di era Globalisasi ini.

Tujuan dari sertifikasi ini adalah :

  1. Memastikan sertifikasi Kinerja Housekeeping Staff mengacu pada standar kompetensi.
  2. Mengembangkan Kopetensi kerja profesi di ruang lingkup Housekeeping staff pada sektor perhotelan.
  3. Memastikan dan memelihara kompetensi para Asesor Kompetensi di bidang Housekeeping. 

Jadi persiapkan diri kita sebaik mungkin untuk menghadapi perkembangan jaman dengan mengasah ketrampilan yang kita miliki khususnya di bidang Housekeeping dengan cara mengikuti Sertifikasi Kompetensi.




Thursday, 12 August 2021

Mempersiapkan tempet tidur adalah salah satu dari pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh Room boy/Room Maid pada waktu membersihkan kamar.Perlu diketahui pada waktu masuk kamar,pandangan pertama adalah kerapihan tempat tidur.Dan tamu akan memberikan kesan pertama terhadap keseluruhan hotel,hanya dengan melihat kerapihan dari tatanan tempat tidur.
DEMI memperdalam pengetahuan mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit seputar sistem kerja Housekeeping Department di hotel berbintang, mereka dikenalkan dari dekat cara kerja tata graha (housekeeping) standar industri di Grand Darmo Suite Hotels Surabaya. Selain dibekali pengetahuan praktis tentang Basic Housekeeping Knowledge Grand Darmo Suite, mahasiswa Akpar Majapahit juga belajar tentang praktek Making Bed dan Dusting Technics di Lantai 3 Grand Darmo Suite.
Khusus untuk penjualan room (kamar hotel), tugas berat yang harus dipikul oleh Housekeeping Department, karena kenyamanan menginap di kamar hotel menjadi hal yang paling krusial dalam melayani tamu , industri perhotelan cukup terpukul akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Di masa pandemi sekarang banyak hal yang bisa diserap mahasiswa ketika melihat langsung cara kerja di dunia industri perhotelan. Khusus untuk pekerjaan housekeeping ada beberapa pengertian yang mesti dipahami betul, termasuk bagaimana upaya pihak manajemen hotel menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat demi melawan persebaran Covid-19.
Departemen housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar tamu, namun secara keseluruhan bertanggung jawab menjaga, merawat dan membersihkan semua fasilitas hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebab itu, semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.
So....Tunggu apa lagi,come and join with us.....

Wednesday, 11 August 2021

MANAGEMENT HOUSEKEEPING
Dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Kompeten di bidangnya,khususnya di Department Housekeeping.Maka sangat di butuhkan pelatihan SDM di bidangnya agar menjadi tenaga kerja yang siap bersaing di era Globalisasi ini. Berbicara tentang Kebersihan artinya kita membutuhkan Sumber daya Manusia yang mempunyai keinginan akan kebersihan Lingkungan di sekitar tempat kerjanya. TUJUANNYA adalah : 1.Agar SDM mengerti tentang fungsi dan kegunaan dari peralatan di housekeeping yang ada. 2.Agar SDM mengerti tentang bagaimana menggunakan chemical pembersih yang baik 3.Agar SDM mengerti tentang pembuatan Action Plan dalam menunjang pekerjaannya 4.Agar SDM mengerti tentang bagaimana mendata peralatan atau chemical yang baik atau yang biasa disebut dengan inventory 5.Agar SDM mengerti bagaimana bekerja dalam suatu team management yang baik 6.Agar SDM mengerti tentang teknik supervisi dan Leadership yang baik buat dirinya dalam suatu management
Dengan adanya Pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi SDM yang bergerak di bidang Housekeeping yang bertanggung jawab terhadap Tugasnnya.Dengan adanya kerja sama yang baik dan Motivasi diharapkan semua SDM dapat bekerja sesuai dengan Standar Prosedur yang telah di tetapkan oleh Management Perusahaan tempatnya bekerja. So tunggu apa lagi....mari kita wujudkan lingkungan yang bersih melalui Sumber Daya Manusia yang ada. Bukankah Kebersihan adalah sebagian dari iman?

MANAGEMENT HOUSEKEEPING

Thursday, 5 August 2021

 PELATIHAN CLEANING SERVICE

Training Cleaning Service,Dalam upaya menyediakan tenaga kebersihan yang handal di bidangnya,ada beberapa hal yang perlu di siapkan.antara lain:

1.Pelatihan untuk training cleaning service

2.Kesiapan peralatan pendukungnya

3.Ketersediaan chemical atau obat pembersihnya. 

4.Cleaning Teknik 

5.Cleaning Material 

Dengan adanya pelatihan ini di harapkan dapat menambah kopetensi keahlian staffnya di bidang housekeeping yang dapat berguna buat kedepannya dalam mempertahankan atau menjaga tingkat kebersihan di tempat kerja mereka masing masing.

Pelatihan Cleaning Service yang di  berikan bukanlah pelatihan selama satu hari saja,tapi kami akan memberikan pelatihan dalam dua sesi yaitu sesi teori dan praktek yang di harapkan semua staff cleaning service dapat memahami teori dengan baik dan menjalankan praktek sesuai dengan kopetensi yang sudah di berikan pada saat teori.

Banyak dari peserta pelatihan yang kami lakukan dan merasa puas dan mengerti pada  waktu memberikan testimoni setelah pelatihan.





























 

 So,tunggu apa lagi.....kami siap melayani anda.Kami akan memberikan pelayan yang terbaik dalam hal cleaning service.ingat ada pepatah yang mengatakan kebersihan adalah sebagian dari iman.

Di musim pandemi corona ini mari kita tingkatkan lagi kebersihan yang mulai dari diri kita sendiri,rumah,perkantoran dan sekolah dan lain lain.DO OUR BEST FOR YOUR SATISFACTION.

 


Friday, 25 September 2020

KESIAPAN USAHA PENGINAPAN
ERA NEW N
ORMAL DI PAMEKASAN



  Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan itu, diikuti 40 peserta.  Para pengelola penginapan dan hotel di  Kab. Pamekasan Madura itu,  mengikuti pendalaman materi selama tiga hari (3 s/d 5 Agustus 2020) di Hotel Front One. Kemudian dilanjut dengan studi lapangan di hotel wisata Camplong.

Sebelum mendedikasikan diri  di dunia pendidikan, R. Paulus lama berkarir di perhotelan. Selain itu, sejak tahun 2013 hingga sekarang, pria kelahiran NTT itu, diangkat sebagai Asesor Kompetensi Housekeeping  oleh  BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

            Tentang kesiapan pelaku usaha penginapan menghadapi era new normal, menurut Paulus, memang cukup berat. Tetapi tidak boleh menyerah. Masih banyak yang  bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan di era new normal. 

 

“Hal utama yang wajib dilakukan adalah menerapkan dengan sungguh-sungguh protokol kesehatan. Hal itu untuk memberi rasa aman kepada tamu hotel. Ketika dilakukan studi lapangan, rata-rata pengelola homestay dan hotel di Pamekasan sudah menerapkan protokol kesehatan. Hanya ada satu-dua yang masih perlu pembenahan,” ungkap Paulus.



Hal lain yang juga juga harus dipersiapkan oleh pengelola perhotelan, adalah meningkatkan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) agar menjadi tenaga kerja yang kreatif dan memiliki daya inovatif yang tinggi. Dengan memiliki SDM yang bagus, manajemen bisa melakukan langkah produktif untuk mendatangkan in come. 


“Usaha manajemen dalam miningkatkan revenue tiap departemen sangat dibutuhkan. Contohnya dari departemen kitchen bisa mengirim salah satu chefnya untuk mengajar memasak sehingga bisa menambah pemasukan hotel tersebut. Atau pelatihan memasak virtual untuk masyarakat umum. Ini kalau dikelola dengan baik bisa menghasilkan uang.  Intinya harus kreatif dan inovatif,” tegas Paulus.

Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Resroran Indonesia) Madura, Bambang Setiady, dalam “Laporan Pendamping Pasca Pelatihan New Normal” berharap agar pemerintah daerah, lewat Dinas Pariwisata, bisa secara rutin menyelenggaran pelatihan untuk memajukan industri pariwisata dan perhotelan di Pamekasan.

“Pelatihan yang lebih khusus lagi sesuai departemen yang ada di perhotelan. Misalnya, pelatihan housekeeping, Front Office, F&B Service dan lain-lain. Sehingga karyawan memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing,” ungkap Bambang. 

Apa yang disampaikan Ketua PHRI Madura tadi juga menjadi harapan Paulus. Sebagai dosen Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit  dan Asesor Kompetensi Housekeeping, sangat mendukung. “Senoga apa yang disampaikan Pak Bambang itu, menjadi atensi pemerintah daerah. Bukan hanya di Pamekasan, tapi juga di kabupaten lain yang ada di Madura,” harap Paulus.

Come and joint with my blog #management housekeeping#my youtube #paulus soetrisno#

 


Wednesday, 16 September 2020

BELAJAR  COSTING
DARI PRAKTISI
BEST WESTERN PAPILIO HOTEL

 

 Tujuan dari kunjungan belajar di hotel berbintang ini, agar mahasiswa bisa mengenal dan mengetahui dunia kerja yang sesungguhnya.  Setelah belajar teori di bangku kuliah, mahasiswa bisa mendapat pengalaman baru dari praktisi di dunia kerja yang sesungguhnya. 


Visit Hotels ini, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyerap ilmu dan pengalaman  di berbagai bidang yang ada di perhotelan. Kesempatan seperti ini tidak didapat di lembaga pendidikan tinggi yang lain. Bahkan, menjelang kelulusan, mahasiswa masih harus menempuh training selama 6 bulan di perhotelan.

Sehingga para siswa dapat mengetahui pembelajaran di dunia industri.Jika mereka sudah terjun di dunia kerja,mereka harus mengikuti standart yang telah di buat oleh perusahaan tersebut.

Mereka juga harus mengetahui tentang cost per room ataupun parstock.Disamping Operational ,siswa juga harus belajar dan mengetahui tentang managementnya.

#Cleaning service#Cleaning apartment#Cleaning house#Housekeeping#


BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts