Thursday, 19 January 2017

SOP MERAPIKAN TEMPAT TIDUR



STANDARD OPERATING PROCEDURE
(PROSEDUR OPERASIONAL)
 

Departement : Housekeeping
Bagian             : Operasional
Prosedure      : Merapihkan Tempat Tidur



                           
PELAKSANA

ROOM BOY / ROOM MAID
1        Merapihkan tempat tidur
A. Tempat tidur dibenahi/ dirapihkan, bantal serta spreinya dicek dari kerusakan dan noda-noda
-          Siapkan linen bersih
-          Angkat seprei ,bed runner,  untuk kemudian pakai kembali.
-          Tarik sprei dan sarung bantal satu persatu yang kotor dan pisahkan yang bernoda.
-          Perhatikan apakah ada barang-barang tamu yang terselip dalam sprei  / sarung bantal.
-          Pisahkan linen untuk yang tidak bernoda kekantong linen dan yang bernoda dicoba untuk dihilangkan.
B. Sprei dan sarung bantal diganti sesuai dengan standard dan prosedur Perusahaan
-          Pilih dan siapkan sprei sesuai dangan ukuran.
-          Tidak bernoda, tidak kusut dan tidak berbau.
-          Rapihkan terlebih dahulu bed pad halus merata, setiap pojok ujung tali dikaitkan dengan pojok mattress.
-          Tebarkan sprei.
-          Kaitkan kedua ujung bawah kebawah mattress kencang-kencang sampai merata.
-          Luruskan ujung atas sprei sejajar dengan head board dan pastikan sisi kiri sprei sama lebar.
-          berada dibagian bawah.
-          Pastikan sisi kanan dan kiri sama lebar.
-          Pilih sarung bantal sejumlah bantal yang terpakai.
-          Masukan bantal secara rapih dan masukan ujung bantal kedalam lipatan sarung bantal
-          Lakukan sesuai kebutuhan dan standard yang ada.
-          Letakan bantal diatas sejajar head board.
-          Tarik kekiri dan kanan sehingga merata.









































Wednesday, 18 January 2017

Pelatihan Housekeeping



Friday, 13 January 2017

SOP INSPEKSI HARIAN KAMAR TAMU




STANDARD OPERATING PROCEDURE

(PROSEDUR OPERASIONAL)

 


Departement  : HOUSEKEEPING
Bagian     : ROOMS & FLOOR SECT
Prosedur        : Inspeksi Harian Kamar Tamu




 PELAKSANA
 FLOOR SUPERVISOR
 1.      Tanyakan kepada Room Boy kamar-kamar yang sudah dibersihkan.
 2.      Memeriksa kamar mulai dari bagian pintu masuk, dilanjutkan menurut arah jarum jam.
 3.      Teliti kebersihan dan kerapihan kamar serta kelengkapan Guest Room Supplies sesuai Standard yang ditentukan.
 4.      Memeriksa kamar – kamar untuk tamu VIP yang akan Check In.
 5.      Informasikan kepada Room boy  apabila terdapat kekurangan pada kamar ( status kamar ).
 6.      Catat pada Guest Room Inspection Form apabila terdapat perubahan.
 7.      Informasikan kepada  Receptionist kamar-kamar yang telah siap untuk dijual.
 8.      Check kamar – kamar yang berstatus “ Do Not Disturb “ dengan pihak – pihak yang terkait ( Security, Room Boy, HK Supv )  sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sesuai dengan jam yang telah ditentukan.
 ALAT BANTU
- General Room Inspection List

SOP MEMBERSIHKAN KAMAR TAMU




STANDARD OPERATING PROCEDURE

(PROSEDUR OPERASIONAL)
 

Departement  : HOUSEKEEPING
Bagian : ROOMS, FLOOR SECT &
              LINEN SECT.
Prosedur         : Membersihkan Kamar Tamu



PELAKSANA

ROOM BOY
1.      UMUM
a.       Perhatikan Room Boy Control Sheet yang dibagikan oleh Floor Supervisor untuk menentukan nomor kamar yang harus dibersihkan terlebih dahulu.
b.      Ajukan permintaan Guest Room Supplies dengan menggunakan Room boy control sheet sebagai dasar perhitungan jumlah yang dibutuhkan.
c.       Siapkan dan aturlah  kebutuhan Linen pada setiap Shift untuk keperluan tahap pembersihan kamar.
d.      Berangkat menuju kamar yang akan dibersihkan dan tempatkan Press Mop dan cleaning kid dan cleaning sign di depan pintu kamar dan atur penempatannya sehingga tidak mengganggu tamu pada saat ingin masuk dan kelancaran alur  jalan di koridor.
e.       Ketuk pintu kamar dan sebutkan identitas sebagai Room Boy serta greetings “ Selamat Pagi / sore / malam  bila ada tamu didalam kamar serta tawarkan kamar untuk dibersihkan
f.       Buka pintu kamar dengan menggunakan FLOOR CARD
g.      Nyalakan Entrance Light apabila diperlukan dan pintu kamar diarahkan tertutup dan memasang cleaning sign di depan pintu.
h.      Bila memungkinkan buka jendela untuk sementara agar sirkulasi udara didalam kamar menjadi segar
i.        Matikan kembali lampu (Entrance Light)
2.      VACANT ROOMS
a.       Periksa kelengkapan, kebersihan kamar mandi dan ditata kembali bila diperlukan
b.      Lakukan Dusting atas perlengkapan kamar dimulai dari salah satu sudut, keliling searah dengan jarum jam dan berakhir pada tempat semula
c.       Pada waktu Dusting periksa apakah lampu-lampu dapat menyala dan terletak pada tempat yang benar
d.      Lakukan Mopping dengan cara mundur  dimulai dari sudut yang terjauh dan berakhir pada pintu masuk

e.       Pada waktu Mopping jangan dilewatkan bagian-bagian yang tersembunyi  (bagian bawah tampat tidur, dan furniture yang lain) serta sela – sela tempat bagian yang sulit dijangkau.
f.       Tata kembali kerapihan perlengkapan kamar tidur sesuai dengan prosedure yang ditentukan
g.      Tutup kembali tirai dan jendela dan perhatikan sekali lagi kerapihan kamar secara menyeluruh, serta jangan sampai ada peralatan pembersih yang tertinggal ( Final Check )
h.      Tutup pintu sampai terkunci dan catat nomor kamar pada Room Boy Control Sheet
3.      OCCUPIED ROOMS & CHECK OUT ROOMS.
a.       Periksa kamar dengan teliti :
a.1.   OCCUPIED ROOM.
·         Catat kerusakan / kekurangan fasilitas kamar pada Room Boy Control Sheet dan kemudian laporkan pada Floor Supervisor untuk dibuat Work Order oleh Order Taker
·         Apabila ada cucian, telepon bagian Laundry untuk pengambilan ( Pick Up ).
·         Apabila ada peralatan Room Service yang sudah tidak dipergunakan lagi oleh tamu, langsung di keluarkan dan di letakkan di depan coridor (Clear-Up).
           
            a.2.      CHECK-OUT ROOM
·         Catat kerusakan / kekurangan fasilitas kamar dan atau penemuan barang tamu yang tertinggal pada Lost & Found Form dan laporkan pada Floor Supervisor.
·         Apabila ada peralatan Room Service, telepon bagian Room Service untuk pengambilan (Clear-Up).
·         Laporkan ke Order Taker / Supervisor apabila ada barang milik Hotel yang terbawa oleh tamu.
b.      Buang abu dan putung rokok serta sampah ke kantong sampah yang sudah tersedia di floor masing-masing.
c.       Bersihkan asbak dan tempat sampah.
d.      Ambil seluruh linen yang kotor, lipat yang rapi dan simpan pada keranjang linen yang sudah di siapkan di counter hk  , Pada waktu kembali, ambil Linen bersih yang diperlukan dari counter hk , kemudian bawa ke dalam kamar.
e.       Rapikan/tata kamar mandi, dimulai dengan membersihkan Tub, Toilet Bowl, Wash  Basin. Bersihkan Asbak dan Wash Basin kemudian melengkapi kembali dengan perlengkapan yang diperlukan, dan terakhir membersihkan lantai kamar mandi.
f.       Rapihkan / tata kamar tidur, dimulai dengan Bed yang dilanjutkan dengan Dusting. Pada waktu dusting merapihkan/letakkan kembali barang-barang tamu pada tempatnya.
g.      Lengkapi kamar dengan Guest Room Supplies.
h.      Membersihkan floor dengan sweeping and mopping.
 i.        Tutup kembali  jendela serta perhatikan sekali lagi kerapihan kamar secara menyeluruh
j.         jangan sampai ada peralatan pembersih yang tertinggal.
k.      Matikan lampu-lampu yang masih menyala, tutup kembali pintu kamar hingga terkunci dan kemudian catat nomor kamar serta penggunaan Guest Supplies pada Room Boy Control Sheet.
ALAT BANTU
 Linen Supplies
·         Guest Supplies
·         Cleaning Materials & Supplies

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts