Friday, 8 March 2019

Management  Operational Housekeeping




Belajar Housekeeping di Midtown Hotel Surabaya
Mahasiswa Baru Pastry Class Akpar Majapahit Melihat Sistem Kerja Housekeeping di Midtown Hotel.
SEBANYAK 13 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi dikenalkan dari dekat cara kerja Tata Graha (Housekeeping) standar industri di Midtown Hotel Jl Basuki Rahmat No. 76 Surabaya, Senin (16/07/2018) siang. Kunjungan mahasiswa ke industri tersebut di dampingi Dosen Housekeeping Prodi Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par.
Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit disambut oleh Assn. Housekeeping Manager Midtown Hotel Surabaya Erik Setiyawan, Assn. Sales & Marketing Manager Andra, Sales Executive Busro dan Yenny Agustina di lobi hotel bintang tiga tersebut.
Sebelum belajar tentang sisik melik Basic Housekeeping Knowledge & Housekeeping Practice, Sales Executive Midtown Hotel Surabaya, Busro menerangkan run down acara kunjungan industri tersebut lebih dulu kepada mahasiswa Akpar Majapahit.
”Acara pertama adalah tour hotel dan showing room. 13 mahasiswa itu dibagi dua kelompok masing-masing beranggotakan 6-7 orang. Saya dan rekan saya ini yang akan mendampingi mahasiswa melihat langsung sejumlah fasilitas hotel mulai kamar (room), kitchen, restaurant hingga front office,” kata Busro bersama Yenny Agustina di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit, kemarin.
”Sedangkan acara selanjutnya housekeeping practice bersama Assn. Manager Housekeeping Midtown Hotel Erik Setiyawan dan acara penutupnya adalah lunch buffet bersama di Townhall Restaurant,” kata Mr. Bus, sapaan akrab Busro.
Sebelum acara tour hotel dan showing room, Mr. Bus dan Yenny menjelaskan sekilas tentang Basic Housekeeping Knowkedge kepada mahasiswa. Apa pengertian housekeeping sendiri dan tugasnya. Dari segi bahasa, house artinya rumah, gedung, wisma atau hotel, sedangkan keeping mempunyai arti memelihara, merawat, menjaga. Oleh sebab itu housekeeping disebut juga tata graha.
Tata graha (housekeeping) adalah bagian dari departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.
Departemen housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar tamu, namun secara keseluruhan bertanggung jawab menjaga, merawat dan membersihkan semua fasilitas hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebab itu, semua aktivitas housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.
Karyawan housekeeping memberikan pelayanan terhadap kelancaran, kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu (room hotel), public area, restaurant, meeting room, laundry, sarana olahraga, swimming pool dan fasilitas lainnya. Mereka merupakan bagian dari tim yang selalu siap mempersiapkan dan menyambut kedatangan tamu-tamu hotel.
”Karyawan housekeeping sangat peduli terhadap kenyaman tamu dengan cara memperhatikan hal-hal yang detail dan menindaklanjuti segala perbaikan-perbaikan yang diperlukan,” terang Busro di hadapan mahasiswa Akpar Majapahit.
Dalam operasional hotel, hal-hal mengenai kebersihan dilakukan dan dilaksanakan oleh departemen housekeeping, yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager atau Executive Housekeeper.
Secara umum, departemen housekeeping memiliki tanggung jawab area yang sangat besar, maka wajar kalau housekeeping mempunyai jumlah karyawan lebih banyak dari depertemen lainnya. Oleh sebab itu, pelaksanaan pemeliharaan dan pembersihan area hotel diatur menurut seksi-seksi sebagai berikut:
1. Public Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel, antara lain lobby area, restroom, restaurant, meeting room dan fasilitas untuk karyawan hotel.
2. Room, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.
3. Laundry, seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluan kamar, restaurant dan meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.
4. Linen dan Uniform, seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan.
5. Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
6. Gardener, Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman baik didalam maupun diluar hotel.
Sasaran Housekeeping
Kebersihan
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
Kerapian
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik.
Kelengkapan
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standard-nya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
Fasilitas
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfu
ngsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak mengganggu kegiatan-kegiatan mereka.
Demi menambah pengetahuan di luar kampus sekaligus menambah serapan ilmu dari pelaku industri maka pergunakanlah setiap kesempatan emas dengan sebaik mungkin saat Anda bertemu pelaku industri demi meningkatkan kompetensi profesi di industri perhotelan dan pariwisata.




Tuesday, 26 February 2019

Management Housekeeping

kebersihan sangat diperlukan dalam menjaga keseimbangan antara alam dan kehidupan manusia.Semua orang pingin agar rumah,kantor dan sarana publik area menjadi bersih adanya.Jika kebersihan yang dilakukan tidak sampai menyentuh sudut sudut rumah anda.Kami akan memberikan pelayanan kebersihan dan training secara profesional untuk menjaga tempat tinggal anda agar tetap bersih dan nyaman.Kebersihan bisa untuk apartement,kos-kosan,rumah,perkantoran.







 anda tertarik,hubungi kami di nomor 082257317959.We give you for the best service






Monday, 11 February 2019

Management Housekeeping

Kiprah R. Paulus W. Soetrisno M.Par


AJAK MAHASISWA
BELAJAR LANGSUNG

PADA  PRAKTISI PERHOTELAN

Akpar Majapahit Surabaya, kian terdepan. Sekolah tinggi pariwisata itu memiliki banyak program unggulan. Salah satunya, Visit The Hotels.  Program ini tidak diterapkan  di sekolah parisiwata lainnya.

R Paulus W. Soetrisno, M.Par, dosen yang juga Ka-Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit,  adalah  penanggungjawab dan  pelaksana  program visit the hotels. Kiprahnya  terbukti telah membawa banyak manfaat bagi mahasiswa dan tentu saja untuk kemajuan kampus.

Visit the hotels ini menjadi sangat penting karena mahasiswa bisa bersentuhan langsung dengan dunia kerja yang sesungguhnya.  Mahasiswa juga bisa belajar langsung pada praktisi perhotelan yang sudah berpengalaman,”  ungkap dosen yang akrab disapa  Paul itu.
Manfaat lain yang bisa dipetik dari program ini, lanjut Paul,  para  dosen  juga  bisa mendapat   bahan  pembanding  dengan materi perkuliahan yang diterapkan  di kampus.  “Dosen bisa  menyamakan   dengan apa yang sudah diajarkan kepada mahasiswanya,”  tegasnya.

Tema atau materi yang  dipelajari mahasiswa pada setiap kunjungan berbeda-beda. Kadang tentang Front Office, Housekeeping, Marketing Hotel, Food  Product, Pastry, Fruit Carving, Cost Control, Purchasing, Banquet  dan lain-lain.
“Program visit the hotels  ini mempelajari semua matakuliah  yang berbasis perhotelan. Kalau kampus lain, hanya belajar tentang  table  manner (tata cara makan),”  jelasnya. 
Sebelum jadi dosen, pria hitam manis itu pernah  belasan tahun berkarir di hotel bintang.  Dia juga  mengantongi  sertifikat asesor kompetensi housekeeping  dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi),  sejak  2013 hingga sekarang. 

Dengan experience dan kapasitasnya sebagai asesor, Paul bisa dengan mudah melakukan pendekatan kerjasama dengan hotel-hotel. Menjalankan program agar mutu lulusan menjadi lebih bagus. "Mahasiswa punya kesempatan emas mengenal dunia kerja yang sesungguhnya," simpulnya.
Presdir Tristar Institute Group, Ir. Juwono Saroso, MM, M.Par mengatakan bahwa Paul adalah orang paling tepat  menangani program visit the hotels.  Relasinya cukup luas di dunia perhotelan. 
“Selain relasinya luas, dia juga luwes sehingga mampu menjembatani antara industri perhotelan,  institusi pendidikan dan mahasiswanya. Bisa menjalin kerjasama saling menguntungkan. Semakin hari buhungan  kian  erat,”  nilainya. /bahar


Management Housekeeping
Management sumber daya manusia di Housekeeping department adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat di gunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan,karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.Management sumber daya manusia adalah potensi yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal didalam organisasi management housekeeping yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata.
Management sumberdaya manusia di housekeeping department merupakan kegiatan yang mengatur tentang cara pengadaan tenaga kerja,melakukan pengembangan di housekeeping department,memberikan kompensasi,pemeliharaan,dan pemisahaan tenaga kerja melalui proses proses management dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan dalam department housekeeping.
Dalam management housekeeping merupakan salah satu proses yang terdiri dari perencanaan,pengorganisasian,pimpinan dan pengendalian kegiatan kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan,evaluasi pekerjaan,pengadaan,pengembangan,kompensasi,promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

so come and join with us 082257317959

Thursday, 31 January 2019


Monday, 28 January 2019




Wednesday, 23 January 2019

Management Housekeeping (Belajar on the spot)
Sisi Lain Dari Kunjungan ke Hotel Bidakara Fancy Tunjungan
“Inilah dunia kerja yang sebenarnya. Mahasiswa bisa melihat dan menimba pengalaman secara langsung dari para praktisi dan profesional di lapangan”.
Kalimat di atas diucapkan R. Paulus W. Soetrisno M.Par, dosen Tristar Institute Group ketika membawa 22 mahasiswanya mengunjungi Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya, Kamis, (17/01/2019) lalu.
Membawa mahasiswa berkunjung ke hotel-hotel untuk belajar langsung pada praktisi, melihat kondisi dunia kerja di lapangan, agar mahasiswa tahu realita. “Kelak ketika mereka lulus, sedikit tidaknya sudah punya pengalaman, punya bekal dan pernah bersentuhan dengan realitas di lapangan,” kata Paulus.
Harus diakui bahwa kunjungan ke Hotel Bidakara (dulu dikenal dengan nama Hotel Bisanta) di Jalan Tegalsari No 77 – 85 Surabaya itu, bisa menambah wawasan dan melengkapi ilmu yang didapat di kampus.
Di hotel bintang 3 tersebut, 22 mahasiswa  terlebih dahulu mendapat pembekalan dan wawasan tentang Hotel Bidakara. Seperti sarana dan fasilitas pelengkap hotel, tentang kebersihan dan kenyamanan tamu yang disampaikan oleh Bagus Sunardiyanto, Food & Beverage Manager.
Selanjutnya, mahasiswa yang terdiri dari jurusan kuliner, pastry dan perhotelan itu diajak melihat langsung fasilitas yang tersedia. Seperti fasilitas Spa dengan layanan lengkap, kolam renang outdoor, pusat kebugaran dan juga diajak melihat langsung kondisi kamar hotel.
Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh mahasiswa perhotelan untuk training basic housekeeping sesui standar hotel berbintang. Sementara kelas kuliner mendapat kesempatan menimba pengalaman mengolah masakan di kitchen hotel. Mahasiswa jurusan pastri langsung bisa praktek bagaimana mempersiapkan dessert.
Kunjungan tersebut diakhiri dengan buffet. Mereka menikmati menu yang dipraktekkan oleh mahasiswa kuliner, serta dessert yang dipersipkan oleh mahasiswa jurusan pastri. Come and join with us 082257317959
 



BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts