Wednesday 23 July 2014

Counter Front Office Akpar Majapahit  Raya Jemur Sari no 244 Surabaya
Salah satu mata kuliah yang diajarkan dalam kurikulum D3 Perhotelan Akpar Majapahit Surabaya adalah Front Office.Dimana seluruh mahasiswa langsung di berikan praktek dalam operasional Front Office.


Berikut ini adalah deskripsi pekerjaan di bagian kantor depan :
1) Deskripsi Pekerjaan Front Office Manajer
a) Menyeleksi, menempatkan, melatih, dan mengevaluasi karyawan front office
b) Memastikan bahwa semua staff di front office menguasai sistem komputer hotel, etika menerima    telepon, dan standard operasional yang ada di hotel
c) Menjaga keharmonisan kerja dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar
d) Menyambut tamu VIP
e) Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diselesaikan oleh bawahannya
f) Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu, tingkat hunian maupun keuntungan dan kerugian di bagian kantor depan
g) Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan memberikan peringatan dan sanksi bagi yang melanggar ketentuan
h) Meningkatkan kualitas dan prestasi karyawan yang berprestasi denagn memberikan penghargaan
i) Membuat budget tahunan, menganalisis operasi, dan pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan dan rata – rata harga kamar
2) Deskripsi Pekerjaan Assistant Front Office Manager
a) Membantu pekerjaan front office manager dalam hal control dan administrasi
b) Membuat jadwal kerja Duty Manager, receptionist, telephon operator, GRO, dan Concierge
c) Memantau operasional di front office
d) Mengarahkan dan mengawasi terhadap pekerjaan reception dan conclerge
e) Memimpin briefing pada waktu shift malam
f) Terjun langsung ke operasional hotel pada saat tamu ramai
g) Menghadiri briefing pagi manajemen hotel dan mewakili front office manager saat berhalangan hadir
h) Menangani keperluan tamu yang membutuhkan bantuan
3) Deskripsi Pekerjaan Duty Manager
1. Memastikan bahwa laporan dan korespondensi untuk departemen telah terpenuhi dengan tepat dan teliti
2. Memastikan bahwa jadwal telah ditetapkan dengan baik
3.Memastikan bahwa data tamu selalu diperbaharui
4. Mengawasi dan memesan barang kebutuhan di lantai eksekutif
5. Membantu dalam membangun efisien tim dengan memperhatikan kesejahteraan, keselamatan training dan pengembangan staf.
6. Melaksanakan evaluasi karyawan dan meninjau penampilan keseluruhan, mendiskusikan penampilan dan bidang untuk perbaikan
7. Mengawasi para staf selalu melakukan metode dan standar yang telah ditetapkan
8. Memastikan bahwa staf mendapat informasi yang cukup mengenai kebijaksanaan hotel sehubungan dengan pemadam kebakaran, kesehatan, tunjangan dan keamanan.
9. Mempelajari dan mengevaluasi operasional dan standar prosedur di executive lounge serta memberikan saran untuk perubahan yang diperlukan.
4) Front Desk Supervisor
1. Mengarahkan tugas operasional penerimaan tamu di front office
2. Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diatasi oleh Front Desk Agent
3. Memberi persetujuan transaksi paid out tamu untuk jumlah tertentu
4. Memberi persetujuan penggunaan housebank oleh Front Desk Agent
5. Mengarahkan langkah persiapan penerimaan grup
6. Mengatur jadwal setiap staff front desk
5) Chief Concierge
1. Memastikan bahwa semua staff di bagian concierge mendapatkan training tentang hotel sistem, etiket bertelepon, standar penampilan serta filosofi hotel
2. Memberikan training ke staff tentang : prosedur penanganan barang bawaan untuk VIP dan rombongan serta penanganan keluhan tamu
3. Mengimplementasikan visi dan misi perusahaan
4. Menyediakan peta kota, pengaturan reservasi tiket pesawat dan angkutan darat serta laut, sebagai penyedia informasi tentang aktivitas rekreasi, sosial dan keagamaan
5. Memastikan bahwa sarana komunikasi yang berupa papan informasi (sign board) di lobby selalu benar dan akurat.
6. Deskripsi pekerjaan Business Centre Supervisor
a)  Mengawasi staf untuk menjamin kepuasan tamu yang maksimal melalui penghargaan diri dan perhatian yang sangat hangat dan tepat.
b)  Mengatur dan menyediakan arahan yang baik untuk keseluruhan maupun pelakasanaan sehari-hari dan administrasi untuk seemua bagian dalam pusat bisnis.
c)  Memberikan penilaian terhadap penampilan, kedisiplinan dan efisiensi semua karyawan di bawah pengawasannya serta berinisiatif untuk mengambil tindakan bila diperlukan
d)  Mengontrol dan menganalisa secara berkelanjutan, biaya pengeluaran departemen sehari-hari untuk menjamin bahwa pengeluaran tidak melebihi anggaran.
7. Deskripsi pekerjaan Bell Captain
a)  Mengatur tugas setiap bellboy
b)  Menerima dan menyimpan barang tamu yang dititipkan di concierge
c)  Mencatat dan membukukan setiap barang tamu yang telah disimpan di luggage room
d)  Memastikan luggage room bersih dan teratur
e) Mengontrol setiap barang yang disimpan atau masih berada di lobby mempunyai tanda      pengenal/pass nomor barang yang jelas
f)  Mengatur bellboy untuk menyiapkan trolley atau kendaraan barang dalam menjemput bus rombongan yang akan ke hotel
g)  Mengarahkan semua bellboy di setiap shift kerja

Tempat Praktek Front Office sudah disesuaikan dengan kondisi yang ada di hotel.silahkan bergabung bersama kami di Raya Jemur Sari no 244 Surabaya Graha Tristar.


Kunjungan Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya ke STP Bali di Nusa Dua


Pelatihan Housekeeping di Kaliandra managed by AKPAR MAJAPAHIT Raya Jemur sari no 244



  Visi Akpar Majapahit

Menjadi pusat pelatihan yang bermanfaat, professional, transparan dan berdaya saing tinggi yang terus menerus bersinergi dan memperbaiki diri untuk membangun masyarakat pekerja yang bermartabat, penuh tanggung jawab, dan sejahtera.

Misi  Akpar Majapahit
  • Membangun SDM unggul yang memiliki kapasitas intelektual, kesiapan profesional dan siap kerja.
  • Memberdayakan potensi karyawan secara optimal dalam rangka mendorong sinergi antara karyawan dan manajemen perusahaan.
  • Mengelola unit-unit usaha secara terarah dan profesional.
  • Melayani kebutuhan perusahaan dalam hal pengelolaan dan pemberdayaan SDM.
  • Membangun dan memelihara citra positif perusahaan.
  • Menumbuh kembangkan budaya kebersamaan, keterbukaan dan sikap saling menghormati  untuk dapat dijalankan dalam kehidupan perusahaan.

Tuesday 22 July 2014




Management Housekeeping



Pengertian Housekeeping
Housekeeping, terdiri dari 2 suku kata yaitu: house dan keep yang artinya menjaga rumah.Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan,Housekeeping adalah  bagian atau Departement yang  mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan dan memberikan dekorasi dengan  tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya.
Dimana ruang lingkup kebersihan Housekeeping adalah membersihkan seluruh area hotel baik didalam maupun luar area hotel,contohnya di daerah parkiran dan termasuk sekitar area hotel.
Yang menjadi area kebersihan housekeeping department adalah:
*Guest Room,Public Area,Corridors,Swimming Pool,Back Office,Emmployee Locker Room,Ball Room,dan semua area hotel baik didalam maupun diluar yang masih termasuk dalam area hotel.
Housekeeping terbagi menjadi 4 divisi :
1. Floor Section
2. Houseman Section
3. Linen & Uniform Section
4. Laundry Section
Setiap Divisi harus menjalankan tugasnya masing-masing atau lebih dikenal dengan istilah Job dish.

Tugas Dan Tanggung Jawab Masing-Masing Section

A. Tugas dan Tanggung Jawab Executive Housekeeper

1.   Melakukan rekrument karyawan,mewawancara,melatih serta mengawasi serta melakukan  penilaian,evaluasi atau teguran terhadap karyawan secara berkala.
2.   Menyiapkan job description dan standar operating procedure Housekeeping.
3.   Member penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang ahrus dilakukan karyawan di bagian Housekeeping.
4.   Membantu Room Division Manager dan General Manager terhadap program perawatan atau perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab housekeeping,terutama di kamar tamu dan public area.
5.   Melakukan pengontrolan,permintaan barang atau pembelian barang-barang yang diperlukan dalam operasional sehari-hari di housekeeping,seperti gest supplies,gues room supplies,linen dan sebagainya agar sesuai dengan par stock yang di tentukan.
6.   Melakukan program pengadaan dan pembelian FF&E (furniture,fixture,& equitment) baik untuk housekeeping atau pun laundry sesuai dengan sfesifikasi yang di butuhkan.
7.   Melakukan pengawasaan pengadaan barang dan pembelian peralatan yang di sediakan untuk operasional sehingga berfungsi sesuai dengan standar yang di tentukan,baik di housekeeping maupun di laundry.
8.  Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan pencucian laundry,baik untuk house laundry maupun untuk guest laundry.
9.  Melakukan pengawasan terhadap lost and pound.
10. Membuat program pelatihan(training program) terhadap seluruh karyawan

B. Tugas dan Tanggung Jawab Asst. Executive Housekeeper

Membantu Executive Houseekeper dalam mengelola dan mengawasi semua operasional harian housekeeping dan memberi dukungan berupa pelatihan,coaching dan konseling kepada semua staff housekeeping demi mencapai tujuan bersama.

1. Bertanggung jawab terhadap operasional sehari-hari atau melakukan penyelesaian masalah    yang terjadi.apabila melakukan perubahan dalam mengambil keputusan harus di konsultasikan terlebih dahulu dengan Executive Housekeeper.
2. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus di jalankan oleh karyawan di Housekeeping serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja di jalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.
3. Menyusun jadwal kerja yang di sesuaikan dengan kondisi dan situasi yang berpengaruh pada ocupancy (tingkat hunian kamar).
4. Membantu Executive Housekeeper terhadap pengusunan program perawatan dan perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab Housekeeping,terutama di kamar tamu dan pubic area.
5. Melakukan pengontrolan persediaan atas barang yang diperlukan dalam pengoperasian sehari-hari di Housekeeping,guest room supplies,linen dan sebagainya agar sesuai dengan per stock yang di tentukan,dan memberikan laoran terhadap executive housekeeper apabila kondisi memerlukan penggantian atau penambahan stock baru.
6. Melakukan pengawasan terhadap penggunaan peralatan yang di sediakan untuk operasional di Housekeeping sehingga berfungsi sesuai standar yang di tentukan.
7. Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan perawatan dan penyimpanan linen/uniform.
8. Melakukan pengawasan terhadap lost and pound dan meyakinkan bahwa prosedur berjalan sesuai dengan yang telah di tentukan.
9. Membuat program pelatihan (training program) terhadap seluruh karyawan Housekeeping secara rutin.
10. Menjalankan tugas yang di berikan Executive Housekeeper atau Room Devision Manager.

C. Tugas dan Tanggung Jawab  Housekeeping Secretary/Order Taker

1) Membuat Work schedule utk Floor Supervisor/houseman Supervisor, Office Clerk, maupun Room attendant /Public Area attendant.
2) Membuat laporan harian, Mingguan, maupun bulanan atas penggunaan berbagai obat pembersih oleh Room Attendant/Houseman
3) Menerima, mencatat, menyimpan dan merawat barang temuan milik tamu di area hotel
4) Melayani penukaran jadwal kerja , laporan lembur
5) Melayani permohonan ijin, cuti dll
6) Membuat pengumuman untuk HK crew
7) Mencatat dan melaporkan kpd EHK bila ada barang milik hotel dibawa tamu saat CO /Dirusak oleh tamu
8) Melaporkan kpd EHK bila ada complaint tamu yg tdk dpt diatasi oleh Sup
9) Membuat jadwal in house training bagi karyawan HK
10) Mengarsipkan surat keluar, surat masuk dll
11) Menerima telpon dari  dr dept lain serta menindak lanjuti
12) Menerima order/permintaan tamu dr dlm kamar dan menyampaikannya kpd roomboy utk segera menindaklanjuti
13)  Membuat Work order, Purchase Requisition, Membuat Store Room Requiisition, Housekeeping Report, Menerima Banquet Event Order

D. Tugas dan Tanggung Jawab  Supervisor Public Area
Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian dan pemeliharaan Public area, seperti lobby, F&B outlet, meeting room, offices, parking area, swimming pool, public toilet dan sebagainya, dan pelaksanaan kerja public area dalam menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan, uaraian tugas Public Area Supervisor adalah sebagai berikut :
a.    Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
b.    Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan   oleh Public area Attendant, Night Cleaner, Toilet Attendant, Florist serta meyakinkan   bahwa   pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang ditentukan.
c.    Melakukan handing over dengan dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.
d.   Memeriksa daftar kehadiran Staff public area setiap hari.
e.   Memeriksa kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapian, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area masing-masing.
f.    Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah dikerjakan oleh Staff pada hari itu.
g.   Melengkapi laporan dalam Public area Supervisor Log book setiap shift.
h.   Membuat laporan Maintenance Request kepada Engineering dan menindaklanjuti    area-area, fasilitas atau peralatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
i.     Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor room atau Pantry.
j.    Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
k.   Membuat program pelatihan (training program)  terhadap  Staff Public area secara rutin.
l.   Mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan
secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
m.  Melakukan  pemeriksaan  atau  inspeksi  area  secara  rutin  untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan kebersihan public area terjaga baik sesuai dengan standard yang ditentukan.
n.  Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper serta melaporkan hasilnya.
o.  Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry, serta dengan departemen lain, terutama Front office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.
p.  Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Staff Public area untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.
q.   Menjalankan prosedur keamanan, keselatnatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
r.   Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public area Housekeeper atau Executive Housekeeper/Assistant atau Floor Housekeeper

E. Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Room
Membantu Executive Housekeeper dalam mengatur dan mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada department Housekeeping
1.   Bertanggung jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standard dan prosedur yang telah di tentukan.
2.   Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan di floor section serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja  sesuai dengan standar yang di tentukan.
3.   Memberikan pengarahan dan bimbingan kepada Room Attendant dan Order taker terhadap cara-cara yang sistematis dan evisient.
4.   Melakukan hending over dengan floor supervisor pada saat akan melakukan jerja dan handling over  pada saat akam emnyelesaikan tugas.i peralatan kamar.
5.   Memeriksa daftar kehadiran Room Attendant dan Ordet taker setiap saat.
6.   Memeriksa kondisi kamar dan melaporkan status kamar sesuai dengan pemeriksaan yang ada pemeriksaan kamar harus berdsarkan atas kebersihan,kerapihan,kelengkapan,dan fungsi dari peralatan kamar.
7.   Memeriksa secara teliti atas kamar-kamar yang akan di gunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival oleh Front office.
8.   Memeriksa kerapihan,kebersihan, dan kelengkapan peralatan keperluan Floor Section seperti Tolly,linen,ameneties,cleanind Suplies,cleaning agent,dan cleaning equipment baik di floor station atau pantry,maupun di trolly yang disediakan di setiap lantai.
9.   Menjalankan procedure keamanan,keselamatan,higinies,dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu,orang lain dan diri sendiri.
10.  Menjalankan tugas yang diberikan oles Executive Housekeeper/assistant.

F. Tugas dan Tanggung Jawab Linen and Uniform
1) Bertanggung jawab thd operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian masalah yg terjadi di Linen Room
2) Menyusun jadwal kerja
3) Melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap linen yg dikirim ketiap-tiap floor maupun F&B outlet
4) Membuat laporan dan data-data linen dan uniform yg diserahkan kpd Ast EHK
5) Melakukan pengawasan thd penggunaan peralatan yg disediakan utk operasional di Linen & Uniform room
6) Melakukan inventarisasi secara berkala terhadap semua linnen & Uniform
G. Tugas dan Tanggung Jawab Chief Laundry
1) Bertanggung jawab thd operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian masalah yg terjadi di Laundry Section
2) Menyusun jadwal kerja
3) Melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap semua cucian yg dikirim baik itu cucian milik hotel maupun tamu
4) Mengontrol pemakaian alat2 dan bahan pembersih
5) Menyelesaikan masalah yg timbul di Laundry
6) Mengajukan permohonan pembelian alat2, bahan pembersih, kpd EHK.
7) Membuat Laporan Maintenace request utk engineering menindaklanjuti, mengawasi dan memeriksa kembali
8) Berkomunikasi terus menerus dgn Order taker tentang perubahan dan updating status kamar
9) Menerima dan memeriksa laporan Room Attendant
10) Melakukan brefing setiap hari dan menjalankan prosedur kemanan dan keselamatan kerja

H. Tugas dan Tanggung Jawab  Room Attendant
1) Menerima penugasan dan pengarahan dari floor Supervisor.
2) Melakukan handing over dari Room attendant night shift,morning shift dan evening shift
3) Menyiapkan trolley dgn perlatan kerja, guest suplies, cleaning supplies dan linen untuk setiap floor station ( dilakukan room attendant night shift)
4) Memerikasa status kamar sesuai dgn EA diarea yg ditugaskan, kondisi dan melaporkan status kamar sesuai dgn hasil pemeriksaan
5) Melaporkan pada  Floor Supervisor jika terjadi perbedaan status kamar
6) Membersihkan kamar sesuai dgn SOP
7) Melakukan turn down service dan membersihkan kamar yg late check-out, membantu pengiriman laundry yg bersih ke kamar ( diilakukan room attendant evening shift)
8) Membuat room attendant report dan mengembalikan kunci pada saat akhir penugasan
9) melaporkan kepada Floor Supervisor / order taker jika ada barang tamu yg tertinggal
10) Menjaga penggunaan dan pemakaian atas biaya yg dikeluarkan untuk penggunaan guest suplies dan cleaning supplies

I. Tugas dan Tanggung Jawab  Houseman Attendant
1) Melakukan handing over dengan shift  morning, evening and night cleaner pada saat menyelesaikan tugas
2) Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya
3) Melakukan dusting di tangga, furniture, public area
4) Membersihkan, sampah, lantai dengan sweeping dan mopping, kaca dan jendela di lobby, toilet dan area umum lainnya
5) Membersihkan restaurant atau F&B Outlet setelah makan pagi, siang dan malam.
6) Membersihkan back office, setelah office hour dan employee room, kantin, koridor dan ruang parkir
7) Membantu membuang sampah dan linen kotor dari room attendant trolley
8) Menjaga kondisi meeting room, ruang banquet dalam keadaan rapi dan bersih
9) Mengikuti briefing setiap hari

J. Tugas dan Tanggung Jawab  Linen Attendant
1) Mengatur dan menyiapkan linen yang  akan di pakai oleh HK serta F&B outlet
2) Menyiapkan towel untuk HK
3) Menerima linen kotor
4) Menerima linen bersih yang sudah dicuci dari laundry, memeriksa, menghitung, mencatat dan menyimpannya
5) Memelihara linen
6) Melakukan pengecekan linen yg akan dikirim
7) Melakukan inventarisasi secara berkala
8) Membuat laporan linen yg hilang
9) Menjaga keamanan dan kebersihan linen room

K. Tugas dan Tanggung Jawab Uniform Attendant
1) Menerima dan memeriksa semua uniform baru yg dikirim oleh penjahit berdasarkan pesanan
2) Memberikan tanda kode pada uniform berdasarkan nama pemilik, serta departement dimana karyawan bertugas
3) Menyimpan dan merawat uniform karyawan
4) Melayani penukaran uniform kotor dengan uniform bersih
5) Menyerahkan uniform yang rusak kepada seamstress untuk diperbaiki
6) Mengirim uniform kotor kelaundry, menerima dan mengeceknya setelah dicuci

L. Tugas dan Tanggung Jawab Laundry Attendant
1) Bertanggung jawab terhadap semua cucian yang dikirimkan
2) Mengecek setiap laundry bag apakah sesuai dengan laundry list
3) Memeriksa cucian barangkali ada barang yang terbawa
4) Mengecek cucian mungkin ada kancing yang lepas, jahitan yang robek, terkena noda
5) Memberi tanda kode pada cucian sesuai dengan  no kamar
6) Menyetrika dan menyerahkan kembali cucian yg telah selesai untuk di kembalikan ketamu dan ke linen room untuk disimpan.

Hubungan Housekeeping dengan departemen lainnya
a. Housekeeping dengan Front Office


Hubungan housekeeping dengan front office ibarat dua sisi mata uang yang tidak mungkin berdiri sendiri, oleh sebab itu hubungan ini menjadi suatu divisi yang disebut Room Division, hubungan kerja tersebut antara lain ; housekeeping mempersiapkan kamar bersih sedangkan front office yang akan menjualnya, front office sebagai central informasi dari tamu kemudian housekeeping sebagai eksekutor di lapangan, dan lain-lain. Oleh sebab itu komunikasi yang baik antara housekeeping dengan front office akan memberikan nilai tambah bagi kepuasan tamu.

Front Office

Mengirimkan data forecast occupancy yaitu daftar kamar-kamar yang sudah dipesan, atau jumlah kamar yang telah dipesan tamu dalam satu periode, dapat berupa pesanan dalam satu hari, mingguan, bulanan, tiga bulanan bahkan data untuk satu tahun.
1. Mengirimkan EA rooms atau daftar kamar yang sudah dipesan untuk hari ini.
2. Mengirim kamar yang diblok untuk VIP.
3. Memberitahukan setiap pergantian kamar.
4. Meminta pemasangan extra bed atau baby box.
5. Memberikan Kamar xpected departure list pada hari ini.
6. Melaporkan complaint tamu tentang kondisi kamar.
7. Membantu housekeeping untuk menagih pembayaran barang-barang yang rusak / hilang dari kamar.


Housekeeping

1.  Mempersipkan dan membersihkan kamar-kamar yang sudah check out secepatnya agar dapat dijual kembali.
2. Membuat laporan Room discrepancy.
3. Menyiapkam kamar-kamar yang EA, VIP.
4. Membuat housekeeping report.
5. Memasang Extra bed atau baby box dan menginformasikannya ke front office.
6. Me-release kamar-kamar yang sudah dibersihkan dengan segera agar dapat kembali dijual.
7. Memberitahukan kamar-kamar yang status out of order akibat kerusakan ataupun karena program general cleaning dari housekeeping.
8. Melaporkan penemuan barang tamu yang tertinggal di kamar dan mencatatnya pada Lost and Found log book.
9.  Melaporkan barang hotel yang hilang dari kamar untuk ditagihkan ke tamu tersebut.

b. Housekeeping dengan F&B


* F&B
1) Menyediakan makanan dan minuman bagi karyawan HK
2) Memasang dinner set untuk kamar suite
3) Men set up: wellcome fruite, cockies kedalam kamar VIP
4) Mengirim BEO kpd HK
5) Meminta bantuan HK utk membersihkan Rest, menambah /mengurangi meja kursi
6) Meminta bantuan merubah /membongkar layout dlm Banquet hall.meeting room
7) Membuat room service menu utk di kamar
8) Membuat flayer mengenai kegiatan yg diselenggarakan F&B serta meminta HK untuk menempatkannya di kamar
* Housekeeping
1) menyediakan, merawan dan menyimpan uniform karyawan F&B, linnen supplies  baik untuk keperluan sehari-hari maupun jika ada event
2) Memberitahu kpd room service utk prepare kamar yg VIP
3) Melaporkan ke room service jika ada barang yg habis dipakai oleh tamu untuk di clear up
4) Membantu F&B  Jika ada event , dengan memasang deokrasi, bunga, memasang meja maupun kursi
5) Menjaga kebersiha seluruh ruangan F&B outlet kecuali kitchen/pastry

c. Housekeeping dengan HRD

*HRD
1) Melakukan pemanggilan karyawan, menseleksi, serta menempatkannya
2) Memberikan pelatihan, kursus utk pengembangan SDM
3) Memberikan House rule kpd karyaawan dmn didlmnya terdapt larangan, hak dan kewajiban
4) Memberikan penilainan terhadap hasil kerja karyawan
5) Memberikan penghargaan bagi karyawan yg berprestasi
6) Memperhatikan kesejahteraan, berupa tunjangan, asuransi  dll
7) Mempertimbangkan usul kenaikan gaji, dan jabatan
* Housekeeping
1) Mengajukan permintaan penambahan karyawan bila diperlukan
20 Memberikan masukan kpd personalia mengenai penilaian karyawan
3) Mengajukan permohonan cuti, melaporkan karyawan yg lembur
4) Melaporkan absensi karyawan HK setiap bulan
5) Menyampaikan pengumuman mengenai kebijakan dari management kpd karyawan

d. Housekeeping dengan Accounting


*Accounting
1) Memberikan gaji kpd karyawan termasuk tunjangannya
2) Membayar uang lembur karyawan
3) Mengeluarkan dana utk pengadaan barang keperluan HK
4) Membayar asuransi karyawan baik asuransi kesehatan maupun kecelakaan kerja
5) Meminta laporan penggunaan guest suplies dan cleaning suplies
6) Menerima Purchase Requestition dr HK utk pembelian alat-alat kerja
7) Membelikan perlengkapan yg dibutuhkan HK
8) Melaporkan jika barang sudah teredia dan barang yg stocknya habis
*Housekeeping
1) Menyediakan, merawat dan menyimpan seragam milik accounting dept
2) Membuat laporan penggunaan bahan pembersih dan guest supplies
3) Memberi laporan bila ada barang hotel yg rusak terbawa tamu sebagai laporan penyusutan barang
4) Memberikan laporan hasil invetarisasi barang-barang/alat-alat
5) membuat Purchase requestition kpd purchasing dept
6) Mengirim daftar nama barang yg akan di beli serta spesifikasinya
7) Mengecek barang yg sudah dibeli sesuai atau tidak

e. Housekeeping dengan Security


*Security
1) Melakukan tugas pengamanan seluruh area HK
2) Memantau keluar masuknya tamu
3) Menangani barang-barang yg hilang baik barang tamu maupun hotel yg hilang di area hotel
4) Mengawasi karyawan HK pd saat masuk kerja
5) Melakukan body checking bagi karyawan yg pulang setelah selesai bertugas
*Housekeeping
1) Menyediakan dan merawat uniform utk security
2) Memberitahukan security bila akan ada tamu-tamu VIP
3) Meminta pengamanan area tugas HK
4) Melaporkan jika ada barang tamu yg hilang

f. Housekeeping dengan Engineering


*Engineering
1) Melakukan perbaikan thd mesin maupun peralatan yg digunakan oleh HK
2) Melaksanakan pekerjaan sesuai WO yg diberikan HK
3) Memasang perlengkapan alat-alat mesin dan memberitahukan cara kerjanya
4) Memberitahukan perubahan no tlp
5) Meminjamkan perlengkapan utk kegiatan event
6) Memberitahukan jika akan ada pemadaman listrik serta menginformasikan ke HK bila akan diadakan uji coba alarm
* Housekeeping
1) Melaporkan kerusakan yg terjadi di lingkungan kerja HK
2) Membuat WO
3) Menyediakan dan merawat seragam engineering
4) Memberitahukan jika ada lampu yg mati
5)Meminta bantuan kepada engineering mengenai pengoprasian mesin di HK

g. Housekeeping dengan Sales Marketing


* Sales Marketing
1) Memberitahukan HK jika akan ada confrence, weeding dll
2) Memberitahukan jika ada perubahan tanggal, peserta, tempat dlm acara di function room
3) Meminta bantuan HK untuk memasang spanduk dan dekorasi ruangan
4) Meminta bantuan HK utk menyebarkan flayer ke kamar jika ada pertunjukan, pameran dll
* Housekeeping
1) Menyimpan dan merawat uniform
2) Membersikan marketing office
3) Membersihakan ruangan function room yg akan digunakan
4) Membuat layout meja kursi sesuai order
5)  memasang spanduk flayer dll

Jenis Form di Housekeeping
  • HOUSEKEEPING REPORT
  • SUPERVISOR REPORT
  • ROOM ATTENDANT REPORT 
  • DISCREPANCY REPORT
  • REFUSED SERVICE TAG
  • LOST & FOUND TAG/LOG BOOK 
  • MAINTENANCE REQUEST FORM
  • KEY CONTROL BOOK
  • PURCHASE REQUEST 
  • LAUNDRY LIST
  • LOG BOOK SUPERVISOR 
  • ROOM ATTENDANT LOG BOOK 



BY:Paulus Soetrisno




BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts