Wednesday 10 August 2022

  Membersihkan Kamar Tamu

 

1.      DATA

Position Title:

Housekeeping

Division:


Reports to:

Supervisor

Department:

Housekeeping

Manages:


Location:


2.      Membersihkan Kamar Tamu

Monitoring proses membersihkan kamar sesuai standard perusahaan

 

3. TANGGUNG JAWAB UTAMA (ROOM BOY/ROOM MAID)

1.    UMUM

a.    Perhatikan Room Boy Control Sheet yang dibagikan oleh Floor Supervisor untuk menentukan nomor kamar yang harus dibersihkan terlebih dahulu.

b.    Ajukan permintaan Guest Room Supplies dengan menggunakan Room boy control sheet sebagai dasar perhitungan jumlah yang dibutuhkan.

c.    Siapkan dan aturlah  kebutuhan Linen pada setiap Shift untuk keperluan tahap pembersihan kamar.

d.    Berangkat menuju kamar yang akan dibersihkan dan tempatkan Press Mop dan cleaning kid dan cleaning sign di depan pintu kamar dan atur penempatannya sehingga tidak mengganggu tamu pada saat ingin masuk dan kelancaran alur  jalan di koridor.

e.    Ketuk pintu kamar dan sebutkan identitas sebagai Room Boy serta greetings “ Selamat Pagi / sore / malam  bila ada tamu didalam kamar serta tawarkan kamar untuk dibersihkan

f.     Buka pintu kamar dengan menggunakan FLOOR CARD

g.    Nyalakan Entrance Light apabila diperlukan dan pintu kamar diarahkan tertutup dan memasang cleaning sign di depan pintu.

h.    Bila memungkinkan buka jendela untuk sementara agar sirkulasi udara didalam kamar menjadi segar

i.     Matikan kembali lampu (Entrance Light)

 

2.    VACANT ROOMS

 a.    Periksa kelengkapan, kebersihan kamar mandi dan ditata kembali bila diperlukan

b.    Lakukan Dusting atas perlengkapan kamar dimulai dari salah satu sudut, keliling searah dengan jarum jam dan berakhir pada tempat semula

c.    Pada waktu Dusting periksa apakah lampu-lampu dapat menyala dan terletak pada tempat yang benar

d.    Lakukan Mopping dengan cara mundur  dimulai dari sudut yang terjauh dan berakhir pada pintu masuk

e.    Pada waktu Mopping jangan dilewatkan bagian-bagian yang tersembunyi  (bagian bawah tampat tidur, dan furniture yang lain) serta sela – sela tempat bagian yang sulit dijangkau.

f.     Tata kembali kerapihan perlengkapan kamar tidur sesuai dengan prosedure yang ditentukan

g.    Tutup kembali tirai dan jendela dan perhatikan sekali lagi kerapihan kamar secara menyeluruh, serta jangan sampai ada peralatan pembersih yang tertinggal ( Final Check )

h.    Tutup pintu sampai terkunci dan catat nomor kamar pada Room Boy Control Sheet

3.    OCCUPIED ROOMS & CHECK OUT ROOMS.

a.    Periksa kamar dengan teliti :

a.1. OCCUPIED ROOM.

·         Catat kerusakan / kekurangan fasilitas kamar pada Room Boy Control Sheet dan kemudian laporkan pada Floor Supervisor untuk dibuat Work Order oleh Order Taker

·         Apabila ada cucian, telepon bagian Laundry untuk pengambilan (Pick Up ).

·         Apabila ada peralatan Room Service yang sudah tidak dipergunakan lagi oleh tamu, langsung di keluarkan dan di letakkan di depan coridor (Clear-Up).

          a.2.    CHECK-OUT ROOM

·         Catat kerusakan / kekurangan fasilitas kamar dan atau penemuan barang tamu yang tertinggal pada Lost & Found Form dan laporkan pada Floor Supervisor.

·         Apabila ada peralatan Room Service, telepon bagian Room Service untuk pengambilan (Clear-Up).

·         Laporkan ke Order Taker / Supervisor apabila ada barang milik Hotel yang terbawa oleh tamu.

b.    Buang abu dan putung rokok serta sampah ke kantong sampah yang sudah tersedia di floor masing-masing.

c.    Bersihkan asbak dan tempat sampah

d.    Ambil seluruh linen yang kotor, lipat yang rapi dan simpan pada keranjang linen yang sudah di siapkan di counter hk  , Pada waktu kembali, ambil Linen bersih yang diperlukan dari counter hk , kemudian bawa ke dalam kamar.

e.    Rapikan/tata kamar mandi, dimulai dengan membersihkan Tub, Toilet Bowl, Wash  Basin. Bersihkan Asbak dan Wash Basin kemudian melengkapi kembali dengan perlengkapan yang diperlukan, dan terakhir membersihkan lantai kamar mandi.

f.     Rapihkan / tata kamar tidur, dimulai dengan Bed yang dilanjutkan dengan Dusting. Pada waktu dusting merapihkan/letakkan kembali barang-barang tamu pada tempatnya.

g.    Lengkapi kamar dengan Guest Room Supplies.

h.    Membersihkan floor dengan sweeping and mopping.

i.     Tutup kembali  jendela serta perhatikan sekali lagi kerapihan kamar secara menyeluruh

j.      jangan sampai ada peralatan pembersih yang tertinggal.

k.    Matikan lampu-lampu yang masih menyala, tutup kembali pintu kamar hingga terkunci dan kemudian catat nomor kamar serta penggunaan Guest Supplies pada Room Boy Control Sheet.

 

 


 

 


 

4.      ALAT BANTU

Linen Supplies

4.1     Guest Supplies

4.2     Cleaning materials & Supplies

 

 

TandaTanganKaryawan                                                      TandaTangan Supervisor

 

 

(……………………………………….)                                            (…………………………………)

Date :                                                                              Date :

 

 

 

 

 


SOP MEMBERSIHKAN KAMAR MANDI 

1.      DATA

Position Title:

Housekeeping

Division:


Reports to:

Supervisor

Department:

Housekeeping

Manages:


Location:


2.Prosedur        : Membersihkan Kamar MANDI

                         

3. TANGGUNG JAWAB UTAMA (ROOM BOY)

1.    Siapkan peralatan dan bahan pembersih yang diperlukan.

 2.    Nyalakan lampu kamar mandi sebelum melaksanakan pembersihan.

 3.    Buang abu dan puntung rokok serta sampah ke kantong sampah yang tersedia di masing masing section.

 4.    Bersihkan asbak dan tempat sampah.

 5.    Ambil seluruh handuk yang kotor, lipat yang rapi dan simpan pada keranjang  yang terdapat di Counter hk. Pada waktu kembali, ambil handuk yang diperlukan dari counter hk, kemudian bawa ke dalam kamar mandi untuk diset – up.

 6.    Bersihkan Bath Tub :

Siramkan dengan air panas pada permukaan / drained pembuangan air agar terhindar dari kuman – kuman dan kotoran sabun

 

a.    Gosok seluruh bagian dengan menggunakan alat busa ( sponge ) dan bahan Chemical  Liquid Soap, meliputi bagian dasar, dinding bagian dalam, pinggiran dan bagian yang terbuat dari Metal Chromes.

b.    Bilas dan keringkan seluruh bagian Bath Tub termasuk bagian-bagian yang terbuat dari Metal.

c.    Keringkan.

 7.    Bersihkan Toilet Bowl :

  1. Siramkan / Flush on air dari tangki air.
  2. Gosok bagian luar Toilet Bowl dengan menggunakan Spon dan bahan pembersih Liquid soap, kemudian menyusul bagian dalam dengan menggunakan Toilet Bowl Brush dan bahan pembersih Liquid Soap (bahan pembersih seperti Vim atau sejenisnya, tidak digunakan  setiap hari).
  3. Bilas bagian luar Toilet Bowl dengan menggunakan Spon dan air bersih, kemudian bagian dalam dengan cara menyiramkannya dengan air dari tangki air.
  4. Keringkan bagian luar dengan menggunakan kain lap yang kering.

8.  Bersihkan Wash Basin :

a.       Gosok seluruh bagian dengan menggunakan spon dan bahan pembersih Liquid Soap meliputi bagian dalam Wash Basin, bagian pinggiran, bagian bawah dan seluruh bagian yang terbuat dari Metal (seperti Kran, Pipa dsb).

b.    Bilaslah seluruh bagian yang telah di cuci dengan menggunakan spon dan air bersih, kemudian keringkan. Apabila terdapat kaca rias, bersihkan kaca rias tersebut dengan menggunakan kain khusus untuk membersihkan kaca dan dengan bahan pembersih Glass Cleaner.

 9.    Lengkapi kamar mandi dengan Bath Room Supplies, serta perlengkapan linen ( Bath Towel ) pada tempat yang tersedia.

 

10. Bersihkan lantai dengan cara Mopping bila lantai tidak begitu kotor atau Scouring bila lantai dalam keadaan kotor.

 11. Teliti kebersihan, kerapihan dan kelengkapan kamar mandi serta jangan sampai ada peralatan pembersih yang tertinggal di dalam kamar mandi, matikan lampu dan tutup pintu.

 

4.      ALAT BANTU

·         Linen Supplies

·         Guest Supplies

·         Cleaning Materials

 

 

 

TandaTanganKaryawan                                                                   TandaTangan Superior

 

 

(……………………………………….)                                            (…………………………………)

Date :                                                                                                   Date :

 


Tuesday 9 August 2022

MAMPU MENANGANI LOST AND FOUND DENGAN BAIK


 

LANGKAH – LANGKAH

 

BAGAIMANA

KENAPA

STANDARD

Handle lost & found

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laporkan dengan segera ke HK office.

 

 

Bawa dengan segera LF item ke HK office ( jgn disimpan di pantry atau di trolley )

 

 

 

Barang yang tertinggal di semua area hotel harus dianggap LF item

 

 

Agar HK office sebagai pusat informasi di HK

 

 segera dapat mengetahui ada tidaknya LF.

Untuk menghindari barang tersebut hilang atau terbuang

 

 

Peduli terhadap semua barang milik orang lain

Inform ke HK office

 

 

 

Bawa ke HK office

 

 

 

 

 

 

 

Semua barang yang ditemukan di semua area harus di bawa ke HK office untuk dijadikan LF item

 

Hand over di HK office

Penemu menyerahkan LF item kepada order taker

 

Tulis tanggal, nama barang, merk, lokasi dan kondisi barang tersebut.

 

Semua barang dibungkus dengan rapi dan diberi LF tag

 

Mudah mengidentifikasi dan mudah mencarinya

 

 

 

 

 

 

Supaya tidak rusak dalam proses penyimpanan

Order taker bertanggungjawab terhadap LF item yang sudah dibawa ke HK office

Klasifikasikan LF item

Pisahkan LF item menjadi 2 bagian ( berharga dan tidak berharga )

Barang yang berharga harus disimpan ditempat yang lebih aman ( SDB ) dan minimal penyimpanan 6 bulan

 

Persentase LF item tsb diambil kembali oleh tamu lebih besar

 

Simpan ditempat yang terpisah

( SDB untuk valuable item dgn nilai diatas Rp150.000 dan min penyimpanan 6 bulan, LF store utk non valuable item dgn nilai dibawah Rp 150.000, masa penyimpanan 3 bulan )

Klaim oleh tamu

Pastikan tamu dapat menyebutkan ciri barang dengan benar dan tepat

 

 

Menghindari kesalahan dalam mengeluarkan LF item

Tanya dengan benar nama barang dan lihat di LF book

Pengiriman LF item

Tanya alamat tamu secara detail.

 

 

 

 

Minta tamu untuk mentranfer biaya kirim

 

Menghindari salah kirim, baik barang maupun alamatnya

 

 

 

Tanda bukti bahwa biaya kirim sudah dikirim

EHK memastikan barang yang akan dikirim benar dan sesuai dengan yang diminta oleh tamu

 

Ada bukti biaya pengiriman

Tidak diklaim oleh tamu

Buat daftar barang yang sudah habis masa penyimpanannya

Mencocokkan barang yang ada di LF book dan yang ada di store

Barang bisa dibawa keluar setelah di approve oleh GM

Buat clearance form

Isi kolom di clearance form

Sebagai tanda bukti membawa barang

Harus diisi dengan benar dan ditandatangani oleh EHK

 


Monday 8 August 2022

 Standard Set Up Double Bed/King Size Bed ( 180 x 200 cm ) / ( 200 x 200 cm )

  1. Matras
  2. Bed Skirt
  3. Bed
  4. Bed Pad 
  5. Sheet 1
  6. Sheet 2
  7. Blanket
  8. Top Sheet
  9. 2 Pillow + Pillow Cases
  10. Bed Cover

 




 Standard Set Up Single Bed : Terdiri dari 2 bed single ( 120 x 200 cm ) :

  • Matras
  • Bed Skirts
  • Bed
  • Bed Pad
  • Sheet 1
  • Sheet 2
  • Blanket
  • Top sheet
  • 2 Pillow + Pillow Cases
  • Bed Cover




Tuesday 1 March 2022

KEBUTUHAN JUMLAH ROOM BOY/ROOM MAID

Jumlah pramugraha yang di butuhkan untuk membersihkan kamar dalam tingkat hunian kamar,biasa disebut dengan staffing.Ada dua hal penting dalam menentukan Pramugraha:

A.Menentukan luas dan keadaan kamar yang akan di bersihkan.Hal ini berguna untuk mengetahui secara pasti bentuk,luas dan situasi ruangan kamar serta kaitan atau hubungan satu ruangan dengan ruangan lain.sehingga dapat dibuat floor plan secara terperinci.

B.Menentukan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Misalnya membersihkan debu,karpet dan lain lain.Biasanya akan membutuhkan peralatan yang cukup lengkap dalam membersihkan area kamar masing masing.dan juga akan berpengaruh terhadap jumlah staff yang di butuhkan dalam membersihkan kamar.



Untuk membantu menentukan jenis pekerjaan pembersihan yang akan di lakukan dapat dibuat action plan untuk setiap ruangan.Dimana pembersihan area tersebut dapat kita buat secara : 

1.Harian

2.Mingguan

3.Bulanan

C.Tingkat produktivitas Room boy/Room maid,dimana tingkat produktivitas staff housekeeping akan di pengaruhi oleh kemampuannya,seperti : Pengetahuan,ketrampilan dan perilaku dalam melaksanakan proses pembersihan kamar tamu dengan menggunakan peralatan dan bahan pembersih yang tersedia sesuai standard hotel masing-masing.

D.Waktu atau jam produktif yang di pergunakan dalam membersihkan kamar tamu.Dimana jumlah waktu dari keseluruhan waktu kerja dalam satu shift yang harus di pergunakan sebaik - baiknya.

Dimana petugas diberikan waktu dalam satu shift 8 jam dan dikurangi dengan 1 jam istirah mereka.Sehingga petugas kamar harus menyiasati waktu dengan total kamar yang sudah di berikan.



 So Come and Join With My Blog # Management Housekeeping Paulus#


BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts