Tuesday 11 April 2023

 

 “PRAKTEK GREEN HOUSEKEEPING : SOLUSI BERKELANJUTAN UNTUK INDUSTRI PERHOTELAN”https://www.profesionalhousekeeping.com

Housekeeping adalah salah satu department yang ada di dalam hotel yang bertugas  menjaga keindahan,kerapian,kelengkapan,kebersihan kamar dan juga seluruh area hotel baik yang ada di dalam maupun di luar area hotel.Di samping itu,Housekeeping juga harus memberi kontribusi penghematan biaya tenaga kerja,energi,bahan pembersih,peralatan,dan perabotan di setiap bagian atau outlet.https://www.profesionalhousekeeping.com

Artinya,Housekeeping yang harus mempertahankan,menjalankan proses kebersihan,kerapian,dan pemeliharaan dengan baik dalam jangka pendek atau panjang.Dengan kata lain,Housekeeping merupakan proses menjaga tempat,lingkungan dengan bersih,indah dan terawat sehingga tamu merasa nyaman,aman dan menyenangkan.Dalam operational housekeeping sehari-hari ada 3 hal penting yaitu,kebersihan,keselamatan dan keamanan.

 https://www.profesionalhousekeeping.com

Housekeeping departmant khususnya pada bagian room attendant dalam memberikan pelayanan kebersihan kamar kepada tamu yang menginap di hotel perlu memerhatikan aspek lingkungan, karena dalam memberikan pelayanan kamar yang dilakukan oleh room attendant dapat menimbulkan kerusakan lingkungan disekitar hotel. Dimana hal yang perlu dilakukan saat ini yaitu perlunya antisipasi atau kesadaran hotel, karyawan, dan wisatawan dalam melakukan aktivitas untuk dapat melindungi lingkungan, seperti kesadaran dalam mengurangi penggunaan plastik, bahan kimia yang berbahaya terhadap alam sekitar. Salah satu aktivitas yang dapat diterapkan oleh hotel dalam upaya melindungi lingkungan sekitar yaitu dengan menerapkan green practices. Green practices merupakan program yang mendorong pelaku bisnis perhotelan untuk menghemat air, energi dan mengurangi limbah padat serta mengurangi biaya operasional dan dapat melindungi bumi . Program green yang sudah diterapkan pada housekeeping department yaitu terdapat green sign pada kamar hotel dimana dengan adanya green sign pada kamar hotel diharapkan tamu dapat menerapkan program green selama menginap di hotel, tetapi selama menginap di hotel sebagian besar tamu.

 mempergunakan towel pada kamar mandi sekali pakai dimana jadinya towel yang digunakan diganti setiap hari, hal ini bertentangan dengan penerapan program green practices yaitu mempergunakan kembali towel. Dalam melakukan aktivitas pembersihan fasilitias hotel mulai dari kamar hingga fasilitas umum pikah karyawan housekeeping department sudah menerapkan program green dalam penggunaan chamical yaitu mengurangi penggunaan chamical yang berbahan kimia yang berbahaya terhadap lingkungan sekitar.

Di housekeeping department sendiri biasa nya dijalankan beberapa program terutama dalam menunjang kelestarian lingkungan sekitar  yaitu dengan berbagai cara.diantaranya :https://www.profesionalhousekeeping.com

1.    Green Action : Dimana Bisa menggunakan kembali Towel atau linen yang sudah dipakai.Biasanya pihak Housekeeping sudah memberikan arahan berupa informasi di dalam  kamar berupa pemberitahuan jika tamu setelah selesai menggunakan Towel dan di letakkan diatas rack towel atau di atas kursi artinya tamu tersebut tidak mau menggantikan towelnya.Yang artinya Tamu tersebut sudah berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam.sebagai contoh : jika aada 100 Towel yang di siapkan di masing –masing kamar yang terisi dan  para tamu hanya menggunakan 50 Towel aja berarti 50 Towel yang di cuci akan menggunakan sedikit dari chemical untuk pencucian sehingga pada saat air limbah akan di filter sebelum di alir kan ke aliran kota,dimana air limbahan yang sudah di filter di bak penampungan hotel akan di salurkan ke aliran kota sehingga tidak membahayakan bagi makluk hidup yang ada di aliran sungai tersebut.

2.    Green Product :Menggunakan product yang dapat di isi ulang kembali.contohnya dos bekas sabun atau dos bekas sikat gigi dapat di gunakan kembali sehingga dapat mengurang biaya operational hotel.

3.    Green Donation : Dimana pihak hotel memberikan penghargaan kepada para staff hotel khususnya di housekeeping department yang sudah melaksanakan Program Green di Housekeeping.Sebagai contoh para staff housekeeping dalam membersihkan kamar,mereka memisahkan antara sampah basah dan kering.

Dengan  adanya program ini di harapkan pihak hotel khususnya di Housekeeping Department dapat memperhatikan dan menjaga kelestarian alam dari dampak yang dapat di akibatkan oleh industri perhotelan dengan selalu menjalankan praktek dari green housekeeping.


Tuesday 4 April 2023

 

PENTINGNYA HOUSEKEEPING DALAM    KEPUASAN TAMU :PRAKTEK  TERBAIK UNTUK MENGINAP YANG BERSIH DAN NYAMAN

Tujuan utama pengelolaan departement Housekeeping di suatu Hotel adalah untuk mencapai pengelolaan departement yang efektif dan efisien,yaitu pemberdayaan semua sumber dan unsur yang tersedia untuk mendukung visi dan misi Hotel tempat kita bekerja dalam menyajikan produk dan pelayanan yang baik kepaada para tamu hotel.Hasil pengelolaan department housekeeping yang baik adalah : kebersihan,fasilitas dan produk hotel serta keramah tamahan karyawan hotel yang dapat menarik tamu untuk menginap kembali dihotel tersebut.Bukan sebaliknya yang membuat tamu untuk tidak datang kembali.

Housekeeping merupakan suatu department yang ada di hotel yang bertugas untuk menjaga atau memelihara kebersihan seluruh area hotel yang harus di lakukan setiap hari.Team housekeeping harus berusaha dan semangat untuk senantiasa bekerja keras,ulet dan disiplin supaya konsistensi kerja tetap terjaga apalagi yang berhubungan dengan kebersihan yang super detail agar membuat para tamu yang menginap merasa senang dan betah untuk tinggal di kamar.

Dalam hal ini akan jelas terlihat kemampuan seorang Housekeeper dalam mewujudkan sasaran di housekeeping department.

Department housekeeping memainkan peran yang sangat vital sekali bagi penyelenggaraan kebersihan area di suatu hotel yang dapat berdampak pada kepuasan tamu yang menginap terutama yang berhubungan dengan tingkat kebersihan.Peran tersebut tidak terbatas pada saat tamu menginap di kamar saja,namun mencakup semua aspek pemeliharaan kebersihan hotel seperti asset hotel dan seluruh fasilitas hotel yang ada.

Kesuksesan dari seorang petugas kebersihan kamar dalam membersihkan kamar,setidaknya dapat dirasakan oleh tamu ketika pertama kali memasuki kamar.Dimana kamar yang di bersihkan dan di tata dengan rapi dapat menciptakan image berharga bagi tamu yang menginap.

Artinya tugas dari housekeeping adalah mempertahankan,menjalankan proses kebersihan,kerapian dan pemeliharaan dengan baik dalam waktu jangka pendek atau panjang yang lebih di kenal lagi dengan istilah Action Plan.Atau dengan kata lain housekeeping merupakan proses menjaga tempat atau lingkungan hotel dengan bersih,indah dan terawat sehingga tamu merasa nyaman,aman dan menyenangkan.

Indah dan rapi suatu kamar hotel di tentukan dari team work dari housekeeping department.Tidaklah muda merawat dan menjaga kebersihan area hotel sehingga di perlukan kemauan yang kuat untuk merubah menjadi lebih bersih lagi agar tamu menjadi senang dan betah untuk tinggal dikamar hotel.Seiring langkah itu makanya kita membutuhkan management dalam hal membersihkan hotel sehingga menjadi nyaman untuk tamu yang menempati.

Inilah yang menjadi dasar bahwa Peranan housekeping sangat penting demi menjaga kebersihan,kerapihan agar tamu menjadi lebih betah dan akan kembali untuk menginap lagi.

Bukankah kebersihan adalah sebagian dari Iman?

 


Friday 4 November 2022

Come and Join With My Blog#Management housekeeping paulus#My Youtube#Paulus soetrisno#
 


Thursday 20 October 2022

 ROOM DIVISION


Di Hotel-hotel  room division mampu memberikan sumbangan pendapatan atau revenue terbesar jika di bandingkan  dengan divisi lainnya di hotel.Departement yang bekerjasama untuk menggerakkan divisi ini antara lain : Housekeeping,Front Office dan Enggenering.

Pengetahuan akan fasilitas yang di miliki oleh hotel merupakan sesuatu yang sangat penting bagi semua karyawan yang bekerja di bagian kamar.Ada beberapa Tipe Kamar yang ada di Hotel,diantaranya :

  1. Single                      : Kamar yang di peruntukkan bagi satu orang
  2. Double                    : Kamar yang di peruntukkan bagi dua orang
  3. Triple                      : Kamar yang di peruntukkan bagi tiga orang
  4. Quad                       : Kamar yang di peruntukkan bagi empat orang
  5. Queen                     : Kamar dengan fasilitas  queen size bed
  6. King                        : Kamar dengan fasilitas King size bed
  7. Twin                        :  Kamar dengan dua bed
  8. Studio                     :   Kamar dengan fasilitas studio bed
  9. Junior Suite           :  Kamar dengan type single room namun mempunyai fasilitas tambahan seperti living room
  10. Suite Room            : Kamar yang di lengkapi dengan fasilitas ruang tamu
  11. Connecting Room : Dua kamar yang terhubung dengan satu pintu.Biasanya di pergunakan untuk keluarga
  12. Adjoining Room   : Kamar yang di batasi oleh dinding tetapi tidak ada connecting door                          







    1. Mayoritas hotel saat ini menawarkan jenis kamar,dengan tipe kamar menurut luasnya:www.profesionalhousekeeping.com
      • Standard Room,kamar dengan ukuran paling kecil dengan fasilitas yang terbatas.(Tempat tidur,kamar mandi dengan shower,sepasang kursi dan meja kecil,TV dan meja rias. 
      •  Superior Room,Kamar ini berukuran diatas standard room.Kamar mandi lebih luas dan biasanya sudah dilengkapi dengan bathtub.
      •  Deluxe Room,Kamar ini cenderung lebih luas dari superior room 
      •  Suite Room,yang membedakan kamar ini adalah ruangan lain disamping kamar tidur dan kamar mandi.Ada ruang tamu,dan biasanya lebih luas dari kamar deluxe. 
      •  President Suite Room,Kamar terluas dibandingkan dengan kamar lainnya.Pada dasarnya kamar ini termasuk kategori suite room dengan luas dan fasilitas paling lengkap.Tidak semua hotel mempunyai type kamar ini.

        Selain itu ada type kamar menurut fungsinya :

      1. Disable Room : Kamar yang disediakan untuk orang cacat.www.profesionalhousekeeping.com
      2. Non Smoking Room : Kamar yang bebas asap rokok
      3. Residental Room : Jenis kamar hotel yang di pergunakan oleh tamu untuk menginap dalam jangka waktu yang lama
      4. Business Room : kamar yang di huni oleh tamu yang bertujuan bisnis
      5. Mock -Up Room : Kamar yang di pakai contoh untuk  set up kamar sebagai standard kamar yang ada
      6. Showing Room : Kamar yang  biasanya di pakai untuk menunjukkan contoh kamar yang ada di hotel kepada tamu,jika tamu tersebut pingin melihat contoh kamar yang ada di hotel dari berbagai type. www.profesionalhousekeeping.com



Thursday 15 September 2022

 MANAGEMENT HOUSEKEEPING

Beberapa masalah yang di hadapi hotel adalah keluhan tamu yang harus di tangani secara serius.Tamu selalu menginginkan pelayanan yang cepat,fasilutas yang murah,tempat yang bersih sesuai dengan apa yang mereka keluarkan atau bayar pada saat tinggal di hotel.

Cara-cara dalam menangani keluhan tamu :

  1. Dengarkan dengan baik  keluhan tamu,staff hotel pada saat ada complaint dari tamu harus di dengarkan secara baik sampai selesai,sehingga inti dari permasalahan tersebut bisa jelas.Pada intinya kita harus mendengarkan secara baik tanpa memotong pembicaraan tamu.Dan setelah selesai tamu bicara seharusnya petugas hotel harus berbicara  untuk meminta maaf atas nama management hotel bukan mewakili dirinya sendiri.
  2. Membuat kesimpulan,Berusaha untuk membuat kesimpulan tentang inti dari pokok permasalahan yang ada dan mengetahui persoalan yang nyata dan berusaha untuk mencari penyebab terjadinya keluhan.
  3. Menetapkan alternatif pemecahan,buatlah beberapa alternatif pemecahan,buatlah beberapa alternatif pemecahan dan pilihlah satu alternatif yang paling tepat dan yang bisa di terima oleh tamu tersebut.
  4. Segera bertindak dengan alternatif yang telah di pilih,bertindak lah sesegera mungkin dengan alternatif yang sudah di pilih dan tunjukan hasil dari tindakan tersebut kepada tamunya.
  5. Jangan membuat perjanjian kepada tamu bila tidak bisa di tepati,jika keputusan dan tindakan akan bergantung pada persoalan yang sudah jelas.Jika belum yakin akan kebenarannya jangan memutuskan atau berjanji pada tamu.
  6. Sampaikan persoalan kepada yang lebih berwewenang,jika suatu masalah dianggap berat dan mungkin kita tidak mampu dalam menyelesaikannya atau dengan kata lain keluhan tersebut di luar wewenang atau jangkauan kita maka kita harus menyampaikan pada atasan kita yang lebih berwewenang dalam kasus tersebut.
  7. Perhatikan pesan/catatan yang di berikan tamu kepada pihak hotel,Jika saran - saran tamu yang di kemukakan memungkinkan untuk di laksanakan maka alangkah lebih baiknya kita terima masukan tamu tersebut.Ini akan mempengaruhi dari tingkat emosional tamu yang akan menurun.
  8. Jangan membeda-bedakan tamu,Semua tamu di hotel harus kita layani sebaik mungkin dan juga pada pokok permasalahan yang ada tanpa membeda bedakan tamunya.Semuanya harus berdasarkan dengan standard dari management hotel tersebut. 

 

 

Wednesday 14 September 2022

 MANAGEMENT HOUSEKEEPING


Tamu mengambil barang milik hotel.

Permasalahannya,seorang tamu pada saat check out dari hotel langsung ke front office chasier untuk menyelesaikan pembayarannya.Disaat yang sama petugas housekeeping akan mengecek  ke kamar tersebut,yang mungkin ada barang - barang tamu yang tertinggal.Pada saat di check ternyata ada 2 face towel yang terbawa tamu.

Pemecahan masalah oleh Housekeeping

Pihak housekeeping akan menginformasikan ke front office chasier kalau di kamar tersebut tidak ditemukan/hilang 2 face towel.Dan front office cashier akan mengenakan charge ke tamu tersebut sesuai dengan standard hotel yang berlaku.Jika memang benar-benar di bawa tamu tersebut.

Selain itu reception juga akan menginformasi khan ke tamu apabila tamu menginginkan face towel sebagai souvenirnya,tamu dapat membelinya di hotel.

Analisis pemecahan masalah

Hotel seharusnya lebih berhati - hati dalam menangani tamu yang membawa pulang linen hotel baik sengaja maupun tidak sengaja yang di lakukan oleh tamu yang menginap di hotel tersebut.Jangan sampai terjadi kesalah pahaman antara tamu dan pihak hotel.Sebaiknya dapat di selesaikan secara damai dan kekeluargaan antara tamu dan pihak hotel tanpa ada konfrontasi antara ke dua belah pihak.

Kadang tamu yang membawa pulang towel karena ketidak tauan mereka.mungkin didalam pikiran tamu itu sudah termasuk free of charge.

Jika di lihat dari kasus ini,Towel bukan lah barang yang mahal sekali.mungkin tamu mampu membeli towel dengan jumlah yang banyak di pasaran.Tetapi kadang para tamu senang dengan logo yang ada di towel tersebut,sehingga menjadi suatu kebanggaan buat tamu tersebut untuk menunjukkan bahwa tamu tersebut pernah menginap di hotel yang berbintang.

Sehingga kesimpulannya adalah sebagai berikut :

  • Inti permasalahannya,tindak pencurian oleh tamu
  • Pemecahan masalahnya,Menanyakan kepada tamu jika towelnya terbawa,menginformasikan harga towel tersebut,berkomunikasi dengan sopan kepada tamu,menghindari konfrontasi
  • Tindak lanjut dan preventif,Menyediakan daftar harga linen di dalam kamar yang biasanya di taruh diatas working table/dressing table agar terlihat jelas sama tamu pada saat check in



 MANAGEMENT HOUSEKEEPING

  1. Rasional-Sistematis,pendekatan yang mengutamakan pemecahan secara logis berdasarkan pemikiran rasional yang diikuti dengan langkah-langkah sistematis.
  2. Imaginatif-Kreatif,pendekatan yang memungkinkan problem solver untuk berfikir di luar kerangka masalah sehingga akan menemukan ide-ide kreatif lain untuk pemecahan masalah tersebut.Namun pada kasus tertentu,pendekatan Imaginatif-Kreatif tidak cocok di gunakan karena masalah yang di selesaikan bersifat prosedural.
  3. Penyelidikan Apresiatif,pendekatan yang di lakukan dengan mengadakan penyelidikan dan pemeriksaan secara intensif terhadap sumber permasalahan.
  4. Asumtif,pendekatan yang di lakukan untuk mencari dan mengembangkan asumsi-asumsi agar pemecahan masalah tidak hanya terfokus pada objek masalah.
  5. Front dan Entry Point,pemecahan masalah yang dimulai dari awal mula terjadinya suatu masalah sehingga dapat terlihat secara jelas yang menjadi sumber masalah.
  6. Beginning at the end,memecahkan masalah di mulai dari bagian akhir.Hal ini di lakukan untuk memecahkan masalah yang rumit, yang membutuhkan keputusan secara cepat sehingga pengambil keputusan harus memecahkan masalah yang terlebih dahulu,setelah itu baru melakukan proses yang lain.
  7. Somewhere between the beginning and the end,memecahkan masalah dari bagian tengah terlebih dahulu.Pendekatan ini di lakukan apabila problem solver terlalu sulit untuk memulai pemecahan dari depan maupun bagian akhir.

LANGKAH-LANGKAH EFEKTIF DALAM PEMECAHAN MASALAH 


  1. Mencari informasi tentang masalah yang terjadi,dalam pemecahan masalah,peran informasi sangat penting.Petugas perlu meluangkan waktu untuk mengumpulkan berbagai informasi seputar permasalahan yang di hadapinya.Semakin banyak informasi yang di dapat,semakin muda pula penyelesaiannya.
  2. Melihat berbagai hal yang mungkin menjadi penyebab,sangat penting mencari masukan dari orang lain yang berkaitan langsung dengan masalah tersebut.
  3. Temukan berbagai solusi yang bisa di lakukan,kreatifitas pekerja dan anda sangat mutlak di perlukan.Sebagian besar orang yang sukses adalah karena kreatifitasnya.
  4. Memilih solusi terbaik,dimana memilih yang terbaik dari semua ide diantaranya solusi mana yang paling mampu menyelesaikan suatu masalahnya dan lain -lain
  5. Buatlah perencanaan,dimana setelah solusi terbaik di pilih,saatnya untuk membuat perencanaan mengenai pelaksanaannya seperti akan terjadi seperti apa situasinya bila masalah sudah terselesaikan dan lain - lain.
  6. Pantau pelaksanaan rencana tersebut,dimana yang harus di perhatikan adalah apakah rencana itu sudah berjalan sesuai jadwal yang di harapkan,dan lain sebagainya.
  7. Pastikan masalah sudah terselesaikan,salah satu cara terbaik untuk memastikan apakah suatu masalah sudah terselesaikan atau belum adalah dengan melanjutkan kembali aktifitas normal di housekeeping yang sempat terganggu.

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts