Monday, 17 December 2018

Gambar terkait
Management Housekeeping (Linen Inventory)
            Linen Inventory atau inventarisasi linen adalah pengawasan terhadap pemakaian dan persediaan barang yang dipergunakan pada tiap-tiap bagian di Housekeeping Department baik itu di kamar, floor station, troli, gudang housekeeping, ruang linen, laundry maupun di outside laundry (jika ada). Semua barang akan dihitung dan dibandingkan dengan iventarisasi bulan lalu untuk menentukan kebutuhan atau penyediaan barang bagi operasional hotel. Di samping itu, inventarisasi linen juga berguna untuk:
   1.  Mendata, mengetahui jumlah linen yang hilang.
   2.  Mendata, mengetahui jumlah linen yang beredar.
   3.  Mendata, mengetahui jumlah linen yang rusak.
   4.  Mendata, mengetahui kekurangan linen.
   5. Mengetahui dan mengontrol linen dengan lebih baik.
   6. Membuat perencanaan dan pengadaan linen.

Dengan melakukan inventarisasi sesuai prosedur dan ketentuan yang ada maka diharapkan kebutuhan linen dalam operasional hotel dapat terpenuhi. Akan tetapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
1.      Kegiatan inventarisasi linen dilakukan untuk memastikan terpenuhinya stok linen yang akan digunakan dalam operasional hotel.
2.      Inventarisasi linen dilakukan rutin tiap bulan untuk memperkecil kemungkinan hilangnya linen serta menjaga dan mengontrol kelengkapan linen yang ada.
3.      Semua linen yang ada di hotel harus dihitung pada waktu dan hari yang sama. Hal ini dilakukan untuk melihat keakuratan data linen di kamar, Room Boy station, laundry maupun di ruang linen, baik itu untuk linen bersih maupun kotor.
4.      Semua angka yang diperoleh harus dicatat pada formulir inventaris.
5.      Semua linen yang ada harus diberi label atau tanda.

Hasil inventarisasi yang akurat dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk penyusunan anggaran housekeeping. Untuk mendapatkan hasil yang akurat maka perlu dilakukan langkah-langkah dibawah ini:
1.      Menyiapkan alat bantu kerja, alat tulis, formulir inventaris linen dan area penyimpanan linen yang akan dihitung.
2.      Menentukan staff untuk melakukan inventarisasi.
3.      Pelaksanaan inventarisasi yang meliputi penghitungan atau pendataan.
4.      Menjelaskan bagaimana pelaksanaan inventarisasi.
5.      Setelah inventarisasi selesai, data inventaris tersebut direkap oleh Housekeeping Supervisor untuk dibuatkan laporan bulanan.
6.      Setelah laporan selesai, hasil akan diberikan ke General Manager, Cost Control, Executive Housekeeper pada departemen terkait.
7.      Laporan tersebut digunakan untuk perencanaan pengadaan linen oleh Housekeeping Departement.
so come and join with us,.......

0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts