Thursday, 8 August 2019

R.paulus soetrisno sebagai asesor kompetensi dari BNSP Di tunjuk sebagai pembicara  

dalam acara Bimbingan Teknis Pada Skema Klaster Housekeeping Hotel Tidar Malang 

6-7 agustus 2019.

Asesmen   dilakukan   oleh    asesor,    dimana    materi    uji     dibuat    dan


dikembangkan oleh asesor. Uji kompetensi (UJK) harus dilakukan oleh

asesor uji kompetensi yang telah memiliki sertifikat asesor

kompetensi sebagaimana diatur dalam pedoman BNSP. Posisi asesor

kompetensi adalah penting karena bertanggung jawab pada penentuan

kompetensi seseorang apakah seorang telah kompeten atau belum.

Dapat dikatakan asesor menjadi kunci penentu utama dalam serangkaian

kegiatan pelatihan ataupun pengakuan atas kompetensi seseorang.

Program Uji Kompetensi dan Sertifikasi Profesi Telematika merupakan program sosialisasi dan promosi TUK House keeping.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat menunjang realisasi pengembangan Sumber Daya Manusia house keeping dengan menerapkan sertifikasi house keeping yang didukung dengan sarana dan prasarana sehingga berpengaruh terhadap peningkatan mutu SDM yang tersertifikasi dan kompeten.

Program ini akan berjalan lancar, apabila didukung oleh pihak terkait.


Skema Sertifikasi Klaster Housekeeping
Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pariwisata Sub Sektor Hotel dan Restauran, Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Nomor: KEP.239/MEN/X/2004 Tanggal 19 Oktober 2004

KOMPETENSI UMUM
NO
KODE UNIT
JUDUL UNIT KOMPETENSI
1
PAR.UJ01.001.01
Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
2
PAR.HT01.003.01
Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan Dan Keamanan Di Tempat Kerja
KOMPETENSI INTI
1
PAR.HT-HK.002.02
Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
2
PAR.HT-HK.003.02
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
3
PAR.HT-HK.005.02
Menyediakan Jasa Valet
KOMPETENSI KHUSUS
1
PAR.HT-HK.004.02
Menangani Linen dan Pakaian Tamu
2
PAR.HT-HK.006.02
Melaksanakan Sistem Inventarisasi
3
PAR.HT02.026.01
Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu

Related Posts:

  • Pelatihan Housekeeping (Management Housekeeping ) Housekeeping merupakan bagian dari departemen yang bertanggung jawab dalam mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan kenyamanan, memperbaiki kerusakan dan… Read More
  • MANAGEMENT HOUSEKEEPING (ISTILAH DALAM HOUSEKEEPING) DD     : Do not Disturb berarti tamu tidak mau di ganggu DL     : Double Lock berarti pintu di kunci dua kali CI      : Check In be… Read More
  • ACTION PLAN Action plan dapat diartikan sebagai perencanaan yang harus dilakukan oleh seorang housekeeper ataupun supervisor untuk memeudahkan mereka dalam melakukan operational di housekeeping department.Tanpa adanya per… Read More
  • SIMULASI CHECK-IN HOTEL Management Housekeeping… Read More
  • MANAGEMENT HOUSEKEEPING TEKNIK SUPERVISOR SETELAH kerja keras dan tampil all out selama dua hari pada akhir Mei 2017 lalu, 59 orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi dan Kelas Siang sukses mempe… Read More

2 comments:

  1. Selamat sore, Pak Paulus. Saya baru mau belajar mengenai HK, bagaimana /contoh membuat HK action Plan ? Mohon pencerahan dan bantuannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. selamat pagi.boleh saya di tinggalin nomor hp bapak.biar kita bisa kontak lewat wa

    ReplyDelete

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts