Thursday, 12 January 2017

SOP MEMBERSIHKAN TELEPHONE




 

STANDARD OPERATING PROCEDURE
(PROSEDUR OPERASIONAL)
 


Departement : Housekeeping
Bagian             : Operasional
Prosedure      : Membersihkan Telephone




PELAKSANA

PUBLIC AREA ATTENDANT / ROOM BOY
A.    Personal Hygiene
1. Tangan dalam keadaan bersih dan kering
B.     Kondisi Telephone
Yang perlu dipersiapkan :
1.      Dusting Cloth
2.      Air Freshener
C.    Menyiapkan Alat
Yang perlu diperhatikan :
1.      Kabel telephone disusun secara rapi
2.      Tekan tombol telephone untuk memastikan telephone dapat berfungsi atau tidak
3.      Pastikan telephone dapat menerima / keluar apabila akan dipergunakan
4.      Pastikan kondisi telephone dalam keadaan baik.
D.    Membersihkan Telephone
Yang harus dilakukan :
1.      Bersihkan pada bagian dalam gagang telephone
2.      Bersihkan tombol – tombol telephone
Membersihkan Telephone
Yang harus dilakukan :
1. Bersihkan pada bagian dalam gagang telephone
2. Bersihkan tombol – tombol telephone
E.     Merapikan Peralatan
Yang harus di rapikan
1.      Kembalikan dusting cloth dan air freshener ke tempat yang telah ditentukan.
ALAT BANTU
- Dusting Cloth
- Air Freshener













Wednesday, 11 January 2017

SOP MEMPERSIAPKAN PERALATAN KEBERSIHAN





STANDARD OPERATING PROCEDURE
(PROSEDUR OPERASIONAL)
 


Departement : Housekeeping
Bagian             : Operasional
Prosedure      : Mempersiapkan Peralatan
                        Kebersihan




PELAKSANA


PUBLIC AREA ATTENDANT


A. MEMILIH DAN MENATA PERLENGKAPAN

1.      Perlengkapan dipilih sesuai dengan pembersihan yang dilakukan.
2.      Seluruh perlengkapan diperiksa dan harus berada dalam kondisi kerja yang aman sebelum digunakan.
3.      Alat pembersih dan bahan kimia yang sesuai dipilih dan disiapkan sesuai dengan persyaratan pabrik kesehatan dan keselamatan yang berkaitan dengan pekerjaan.
B. MEMBERSIHKAN AREA YANG KERING DAN BASAH
  1. Area yang dibersihkan disiapkan dan bersih dari bahaya.
  2. Bila sesuai, area kerja diberi tanda untuk mengurangi resiko terhadap kolega dan pelanggan.
  3. Bahan kimia yang benar dipilih untuk area tertentu dan digunakan sesuai dengan prosedure keselamatan.
  4. Perlengkapan digunakan secara benar.
  5. Sampah dan sisa-sisa bahan kimia dibuang sesuai dengan persyaratan lingkungan yang aman dan sehat.
 

C.  MENJAGA DAN MENYIMPAN PERLENGKAPAN DAN BAHAN KIMIAWI

1.            Perlengkapan dibersihkan setelah digunakan sesuai dengan instruksi pabrik
2.            Perawatan rutin dilaksanakan sesuai dengan prosedur perusahaan
3.            Kesalahan diidentifikasi secara benar dan dilaporkan sesuai dengan prosedure perusahaan
4.            Perlengkapan disimpan diarea yang telah ditetapkan dan dalam kondisi siap pakai kembali
5.            Bahan kimia disimpan sesuai dengan persyaratan kesehatan dan keselamatan




























SOP MEMBERSIHKAN KAMAR MANDI





STANDARD OPERATING PROCEDURE
(PROSEDUR OPERASIOANAL)
 



Departement : Housekeeping
Bagian             : Operasional
Prosedure      : Membersihkan Kamar Mandi





PELAKSANAAN


MEMBERSIHKAN KAMAR MANDI


Kamar Mandi adalah fasilitas kamar yang selalu digunakan oleh tamu untuk keperluan mandi / membersihkan diri.
Langkah –langkah yang harus dilakukan sebagai berikut :
  1. Personal Hygine
-          Gromming sesuai dengan standart Hotel.
  1. Nyalakan Lampu
-          Nyalakan lampu dan diganti apabila ada lampu yang mati.
  1. Buka pintu Bathroom
-    Untuk sirkulasi udara.
-    Agar kelihatan dan tidak hampa udara.
      4.   Pengambilan towel kotor
            -    Ambil semua towel kotor dan check apabila ada spot / damage segera lapor 
                  Supervisor / HK Office.
5.   Pengambilan sampah
-  Pengambilan sampah dan masukan kedalam plastik sampah yang telah    disediakan.
       6.  Membersihkan Shower
            -     Periksa showerhead dan pastikan bekerja dengan baik.
            -     Bersihkan tab.
            -     Bilas dengan spons dan pastikan bersih serta tidak ada spot / noda.
7.   Membersihkan Toilet Bowl
-          Periksa Cover Seat dan Body serta flash pastikan semua bekerja baik
-          Bersihkan toilet bowl dalam dan cover serta waterbang dan body luar   dengan Chemical (Multi Purpose/Forward)
-          Bersihkan kembali dengan lap kering dan tutup kembali.
-          Bersihkan lantainya
        8. Membersihkan Mirror dan Wash basin
-          Periksa watertub, mirror, dan washbasin pastikan tidak ada kerusakan
-          Bersihkan kaca dan bilas dengan lap kering
-          Bersihkan watertub dengan chemical
-          Bersihkan dalam wash basin dan bilas dengan spons
     9. Membersihkan Bathroom Wall dan Fixtures
-          Periksa AC grill, pastikan tidak ada kerusakan.
-          Bersihkan dengan lap basah dan ulangi dengan lap kering
-          Bersihkan dinding kamar mandi dengan lap basah dan ulangi dengan lap kering
        10. Membersihkan lantai
-          Basahi lantai kemudian semprot dengan floor cleaner
-          Gunakan squeezee untuk meratakan dan buang ke saluran pembuangan (Drainage)
-          Keringkan dengan lap kering
       11. Matikan lampu dan tutup pintu
-          Periksa kembali secara keseluruhan bathroom dan tutup pintu.





















Tuesday, 10 January 2017

SOP DO NOT DISTURB



 

STANDARD OPERATING PROCEDURE
(PROSEDUR OPERASIONAL)


Departement : Housekeeping
Bagian       : Operasional
Prosedure      : Do Not Disturb & Double
                        Lock





ROOM  BOY

PENANGANAN KAMAR YANG MEMASANG  DO NOT DISTRUB SIGN DAN DOUBLE LOCK
1.      Status kamar yang memasang Do Not Distrub Sign atau pintu dalam keadaan Double Lock harus dilaporkan ke Housekeeping Office oleh Room Attendant pada jam ± 09.00 Am setiap hari dan diketahui Supervisor Floor

2.      Semua kamar yang dilaporkan Do Not Disturb atau pintu dalam keadaan Double Lock harus ditulis di Housekeeping Log Book dan dimuat di Housekeeping Report oleh Supervisor.

3.      Kamar-kamar yang masih memasang Do Not Distrub atau pintu dalam keadaan Double Lock sampai jam 12.00 Am, perlu di check oleh Supervisor dan disaksikan oleh pihak Security setelah ditelephone dan tidak ada jawaban. Apabila tamu menolak / menunda kamarnya untuk dibersihkan maka akan dihubungi kembali pada jam 02.30 Pm.

4.      Apabila kamar setelah diperiksa tidak ada barang-barang tamu ( tanpa koper ) bisa langsung dibersihkan oleh Room Attendant setelah mendapat instruksi Supervisor.
5.      Kamar-kamar tamu yang memasang Do Not Distrub Sign tetapi setelah diperiksa masih terdapat banyak barang-barang dan berantakan, cukup diperiksa oleh Supervisor dan Security lalu dicatat yang seperlunya, namun tidak dibersihkan dengan meninggalkan pesan bahwa kamarnya belum dibersihkan, dan jika ingin segera dibersihkan harap menghubungi Housekeeping Departement. Akan tetapi untuk status dalam keadaan Double Lock bisa langsung dibersihkan setelah mendapat instruksi dari tamu.

6.      Kamar – kamar Do Not Disturb / Double Lock yang masih ditemukan sampai jam 07.00 PM, perlu ditelepon ulang untuk kepastiannya menentukan service pembersihan.


ALAT BANTU

- Do Not Disturb Sign
- Housekeeping Log Book
- Housekeeping Report



























BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts