Tuesday 10 January 2017

SOP DO NOT DISTURB



 

STANDARD OPERATING PROCEDURE
(PROSEDUR OPERASIONAL)


Departement : Housekeeping
Bagian       : Operasional
Prosedure      : Do Not Disturb & Double
                        Lock





ROOM  BOY

PENANGANAN KAMAR YANG MEMASANG  DO NOT DISTRUB SIGN DAN DOUBLE LOCK
1.      Status kamar yang memasang Do Not Distrub Sign atau pintu dalam keadaan Double Lock harus dilaporkan ke Housekeeping Office oleh Room Attendant pada jam ± 09.00 Am setiap hari dan diketahui Supervisor Floor

2.      Semua kamar yang dilaporkan Do Not Disturb atau pintu dalam keadaan Double Lock harus ditulis di Housekeeping Log Book dan dimuat di Housekeeping Report oleh Supervisor.

3.      Kamar-kamar yang masih memasang Do Not Distrub atau pintu dalam keadaan Double Lock sampai jam 12.00 Am, perlu di check oleh Supervisor dan disaksikan oleh pihak Security setelah ditelephone dan tidak ada jawaban. Apabila tamu menolak / menunda kamarnya untuk dibersihkan maka akan dihubungi kembali pada jam 02.30 Pm.

4.      Apabila kamar setelah diperiksa tidak ada barang-barang tamu ( tanpa koper ) bisa langsung dibersihkan oleh Room Attendant setelah mendapat instruksi Supervisor.
5.      Kamar-kamar tamu yang memasang Do Not Distrub Sign tetapi setelah diperiksa masih terdapat banyak barang-barang dan berantakan, cukup diperiksa oleh Supervisor dan Security lalu dicatat yang seperlunya, namun tidak dibersihkan dengan meninggalkan pesan bahwa kamarnya belum dibersihkan, dan jika ingin segera dibersihkan harap menghubungi Housekeeping Departement. Akan tetapi untuk status dalam keadaan Double Lock bisa langsung dibersihkan setelah mendapat instruksi dari tamu.

6.      Kamar – kamar Do Not Disturb / Double Lock yang masih ditemukan sampai jam 07.00 PM, perlu ditelepon ulang untuk kepastiannya menentukan service pembersihan.


ALAT BANTU

- Do Not Disturb Sign
- Housekeeping Log Book
- Housekeeping Report



























0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts