Thursday, 19 January 2017

SOP MENANGANI MASALAH



STANDARD OPERATING PROCEDURE
(PROSEDUR OPERASIONAL)
Departement : Housekeeping
Bagian             : Operasional
Prosedure      : Menangani Masalah

                            PELAKSANA

STAF HOUSEKEEPING
Handling complaint merupakan keterampilan, pengetahuan dan sikap dalam  menangani keluhan tamu
I.       Membangun sikap dan rincian keluar
1.             Menggunakan sambutan formal dan pernyataan yang sopan serta bahasa tubuh yang tepat
            Memberikan sambutan yang sopan dan ramah
            Berikan apologize / permintaan maaf kepada tamu
            Mempergunakan bahasa tubuh yang tepat dan baik sesuai dengan situasi dan kondisi
2.            Menggunakan teknik klarifikasi dan umpan balik bila pelanggan menarik sifat komplainnya.
2.1  Memberikan penyelesaian dengan sopan, ramah, dan jelas
2.2  Menjelaskan dengan jujur dan terbuka serta mudah di fahami
2.3  Menggunakan teknik klarifikasi yang diplomatis dan tidak menyinggung perasaan tamu
2.4  Dengarkan dengan seksama, sopan sampai tamu selesai menjelaskan keluhannya.
3.            Menggunakan jenis kata-kata yang tepat
3.1   Memilih jenis kata – kata yang tepat, jelas dan mudah di pahami.
3.2   Menggunakan kalimat – kalimat yang diplomatis dan tidak menyinggung   
       perasaan tamu
3.3   Memperhatikan intonasi kata – kata agar tidak terkesan kaku
4.            Menggunakan jenis kata-kata yang tepat
4.1    Memilih jenis kata – kata yang tepat, jelas dan mudah di pahami.
4.2    Menggunakan kalimat – kalimat yang diplomatis dan tidak menyinggung   
        perasaan tamu
4.3    Memperhatikan intonasi kata – kata agar tidak terkesan kaku
5.            Mengidentifikasi konflik situasi yang potensial dan menenangkan orang yang melakukan komplain jika perlu
    5.1   Dengarkan dengan baik untuk mengetahui sifat dan maksud serta arah dari komplain tersebut.
    5.2   Ajaklah tamu tersebut duduk untuk mengurangi ketegangan.
    5.3  Mengidentifikasi dan menganalisa komplain untuk mempersiapkan dan memberi jawaban yang tepat.
    5.4   Tawarkan sesuatu, minuman dan makanan untuk menambah ketenangan.
    5.5   Tunjukkan rasa simpati dalam penyelesaian
6.     Menggunakan jenis kontruksi gramatika dengan tingkat keakurasian tinggi
6.1    Perhatikan dialog atau logat dari tamu tersebut.
6.2    Perhatikan pemakaian grammer yang tepat dan di sesuaikan dengan dialog.
II.    Menawarkan tindakan yang tepat untuk memecahkan masalah keluar
1.            Menerangkan situasi yang telah menimbulkan keluhan tersebut jika memungkinkan
                            Tunggulah tamu selesai mengutarakan komplain
                            Jelaskan kemungkinan terjadinya keluhan secara jujur dan terbuka sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.
                          Hentikan penjelasan apabila tamu kurang terima atau menyela penyelesaian
                          Hindari konflik atau bersitegang dangan tamu
2.            Menawarkan solusi yang memungkinkan
                           Tawarkan solusi yang tepat sesuai dengan procedure perusahaan.
                           Berikan apologize / permintaan maaf apabila tidak dapat menangani keluhan tersebut.
                          Hubungan atasan atau pihak yang berwenang untuk menyelesaikan keluhan tersebut. 



Related Posts:

  • MANAGEMENT OPERATIONAL HOUSEKEEPINGMENGHILANGKAN NODA DAN KARAT Jenis- jenis noda dan cara menghilangkan,dibawah ini akan di jelaskan beberapa noda yang sering dijumpai pada waktu membersihkan kamar,dimana noda noda tersebut sering mengotori berbagai je… Read More
  • MANAGEMENT OPERATIONAL HOUSEKEEPING SESI TEORI PELATIHAN HOUSEKEEPING  Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelen… Read More
  • MANAGEMENT OPERATIONAL HOUSEKEEPINGBeberapa Faktor Yang mempengaruhi Hasil Pembersihan Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari suatu proses pembersihan dengan cara pencucian,dan tentu faktor faktor tersebut harus diperhitungkan sebelum proses … Read More
  • MANAGEMENT OERATIONAL HOUSEKEEPING Management Housekeeping(Making Bed ) Praktik Housekeeping di Industri Perhotelan Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester II Belajar Make Up Room dan Making Bed di Kokoon Hotels (Naskah ke-2, dari Dua Tulisan) UP… Read More
  • SERTIFIKASI HOUSEKEEPINGASSESSMENT Kita semakin memahami bahwa Sumber Daya Manusia merupakan aset perusahaan. Oleh karena itu Manajemen perusahaan saat ini mulai banyak yang memberikan perhatian terhadap strategi pengembangan SDM di perusahaann… Read More

0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts