Thursday, 12 January 2017

SOP KEGIATAN OPERASIONAL LAUNDRY



STANDARD OPERATING PROCEDURE
(PROSEDUR OPERASIONAL)
 


Departement :  Housekeeping
Bagian             : Operasional
Prosedure      :  Kegiatan Operasional
                         Laundry



PELAKSANA

LINEN & LAUNDRY ATTD.
Pelayanan Laundry adalah salah satu pelayanan yang diberikan oleh Metro kepada Tamu
Langkah –langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Penerimaan Guest laundry
A.    Penerimaan Guest laundry kotor akan dicatat pada laundry list sesuai dengan permintaan tamu.
Hal- hal yang perlu dicatat pada laundry list adalah:
a.       Nomor kamar & tanggal
b.      Nama Tamu
c.       Pelayanan biasa (one day service) atau pelayanan cepat express
d.      Laundry pressing atau dry cleaning
e.       Jenis cucian Tamu
f.       Jumlah semua cucian Tamu
g.      Tanda tangan Tamu
B.     Setelah diperiksa semua cucian oleh Tamu kemudian masukan kedalam laundry bag beserta laundry listnya.
C.     Laundry bag yang berisi pakaian kotor diikat agar pakaian kotor tidak ada yang tercecer atau hilang.
D.    Valet mencatat cucian Tamu satu persatu dalam laundry order.
E.     Semua cucian diperiksa dengan teliti agar tidak menimbulkan masalah.

  1. Jadwal Pelayanan Guest Laundry
A.    Pelayanan Guest laundry pada pukul 07:00 WIB s.d pukul 17:00 WIB. Untuk semua jenis cucian (regular).
B.     Pelayanan One Day Service
C.     Pelayanan cucian Tamu yang dikirim pada pagi hari  dan akan di kirim pada hari ke 3
D.    Special Service ( Express Service)
E.     Semua cucian (bersih) diperiksa dengan teliti agar tidak timbul masalah dan apabila timbul masalah harus diselesaikan pada hari itu juga.
  1. Penanganan Masalah dalam Pengiriman Guest Laundry
A.    Tamu memasang tanda “Don`t Disturb” dan Double Lock
      Apabila petugas Valet tidak dapat mengirim cucian dikarenakan Tamu memasang tanda “Don`t Disturb” atau kamar “Double Lock” menandakan tamu tidak mau diganggu, maka Valet harus membuat catatan (Log Book).
1. Meletakan laundry slip dikamar tersebut agar Tamu mengetahui alasan
    laundrynya belum terkirim.
2. Cucian tetap disimpan di Laundry Office dengan catatan undelivered.
3. Memberikan catatan kamar-kamar tersebut kepada Front Office Supervisor.
B.     Tamu sudah Check Out.
1.      Cucian disimpan di Laundry Office (tempat yang telah disediakan)
2.      Ditulis di Log Book.
3.      Tulis Nama, alamat, Perusahaan.
ALAT BANTU
-  Laundry List
-  Laundry Bag
-  Laundry Order
-  Log Book Valet Laundry










































0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts