DOSEN
D3 Prodi Perhotelan
Akpar Majapahit, R. Paulus W. Soetrisno M.Par, sejak 2013 silam resmi mengantongi
sertifikat sebagai asesor kompetensi housekeeping
berskala nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan Nomor Registrasi:
000.001679.2013.
Dengan bekal sertifikat sebagai asesor dari BNSP
tersebut, maka aktivitas R. Paulus W. Soetrisno semakin menumpuk. Tidak hanya mengurusi
mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, tetapi juga menjadi asesor
kompetensi housekeeping dari hotel ke
hotel, sesuai penugasan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata
Nasional.
Di Jatim sendiri ada dua Lembaga Sertifikasi Profesi
(LSP) yakni LSP Pariwisata Nasional dan LSP Kohespa. Dua LSP ini merupakan
kepanjangan tangan BNSP di daerah, khususnya di Surabaya dan Jatim pada
umumnya.
Menurut Paulus, perusahaan (hotel) dinyatakan sehat
itu kalau karyawannya mengikuti sertifikasi kompetensi profesi yang disyaratkan
BNSP. Mengingat posisinya sebagai asesor kompetensi profesi housekeeping, maka penugasan dari LSP Pariwisata
Nasional fokus pada bidang housekeeping
di hotel-hotel.
Di industri pariwisata khususnya perhotelan, BNSP
membagi beberapa asesor yakni Housekeeping,
Food & Beverage (FB) Product (Kitchen dan Pastry), Front Office (FO) dan Food & Beverage Service (FBS),
termasuk Bar dan Waiters atau Waitress.
Nah, terkait dengan penugasan LSP Pariwisata
Nasional, maka Paulus Soetrisno pada
hari Rabu (19/10/2016) lalu, mengasesori sejumlah karyawan Hotel Mercure
Grand Mirama Surabaya Jl. Raya Darmo No. 68-78 Surabaya bersama dua orang asesor
lainnya.
Kemudian pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2016, ia bersama
empat asesor lainnya dari Surabaya dan Jakarta mendapat penugasan dari BNSP untuk
mengasesori seorang pejabat hotel dalam Skema Okupasi Asean di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.
Sementara
itu, pada Rabu (31/08/2016) lalu, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit ini
juga mengasesori sejumlah karyawan The Sun Hotel Jl Letjen S. Parman No. 5
Madiun, khususnya kompetensi profesi housekeeping.
Sebelumnya
Paulus W. Soetrisno juga mendapat penugasan dari LSP Pariwisata Nasional untuk
mengasesori karyawan Hotel Bisanta Bidakara Surabaya, khususnya kompetensi
profesi housekeeping. Kegiatan itu
berlangsung pada Kamis (16/06/2016) dan Jumat (03/06/2016).
Di
lingkungan Kampus Akpar Majapahit, selain R. Paulus W. Soetrisno M.Par, yang
sudah mengantongi sertifikat sebagai asesor Pastry
dan FB Product dari BNSP adalah
Asisten Direktur II Bidang Keuangan dan Umum Akpar Majapahit, Otje Herman Wibowo, SE.,
M.Par, Adeline Nadia Daniel menjadi asesor Kitchen
dan FB Product serta Evie Mulyasari
Dewi. S.Apt, juga menjadi asesor Kitchen dan
FB Product.
0 komentar:
Post a Comment