Thursday, 19 January 2017

SOP KOMUNIKASI DI TELEPHONE



STANDARD OPERATING PROCEDURE
(PROSEDUR OPERASIONAL)

Departement : Housekeeping
Bagian             : Operasional
Prosedure      : Komunikasi di Telephone



                        PELAKSANA

STAF HOUSEKEEPING

1.      Menjawab Panggilan Telphone
                        Panggilan dijawab secara cepat, jelas dan sopan sesuai dengan standard perusahaan
            Apa yang dilakukan apabila telpon berdering sesuai dengan prosedur perusahaan
-           Mengangkat telepon secara perlahan sebelum dering ke tiga
-           Mengucapkan salam “ Selamat Pagi, Siang atau Malam” dengan ramah   dan sopan
-           Menyebutkan department anda ( HK, FO, F&B dll )
-           Menyebutkan nama
-           Menanyakan apa yang bisa dibantu
                        Bantuan yang ramah ditawarkan pada penelpon dan tujuan panggilan secara akurat dijelaskan
            Apa yang anda lakukan selanjutnya setelah mengucapakan salam
-           Menanyakan kepada tamu dengan sopan dan ramah tentang tujuannya    menelpon
-           Menjawab dengan sopan dan ramah permintaan tamu
-           Menulis pesan tamu di log book dengan jelas, waktu, lokasi, pesan, tujuan
             Rincian diulangi pada penelpon untuk mengkonfirmasikan pemahaman
                        Pertanyaan –pertanyaan penelpon dijawab atau ditansfer kepada lokasi / orang yang dituju
             Rincian diulangi pada penelpon untuk mengkonfirmasikan pemahaman
                        Pertanyaan –pertanyaan penelpon dijawab atau ditansfer kepada lokasi / orang yang dituju
                        Rincian diulangi pada penelpon untuk mengkonfirmasikan pemahaman
                        Pertanyaan –pertanyaan penelpon dijawab atau ditansfer kepada lokasi / orang yang dituju
                        Permintaan dicatat secara akurat dan disampaikan pada departement atau pihak yang benar dan dapat ditindaklanjuti
                        Jika ada kesempatan cobalah untuk mempromasikan produk perusahaan dan pelayanan
                        Permintaan secara akurat dicatat dan disampaikan pada Departement atau pihak yang benar dan dapat ditindak lanjuti
                        Telpon yang mencurigakan segera dilaporkan pada pihak yang tepat sesuai dengan prosedur perusahaan
2.      Menelpon
                        Mempunyai nomer telephone yang benar
            Apa yang perlu anda persiapkan sebelum anda menelpon seseorang ?
                  -    Menyiapkan nomer telepon yang akan dituju dan pastikan kembali
           Kebenarannya
-    Posisi penelpon sebaiknya dalam posisi duduk tegak lurus
-    Mengangkat telpon dengan tangan kiri
-    Jarak telpon dengan mulut minimal 3 cm

            Tujuan menelpon dengan jelas tercatat sebelum menelpon
            Peralatan dilakukan dengan benar untuk melakukan hubungan
Bagaimana cara menggunakan pesawat telpon dengan benar
-     Pastikan ganggan telepon berada pada posisi yang tepat dan kondisi siap     pakai
 -   Angkat ganggan telpon secara perlahan
-    Jarak telepon dengan mulut kurang lebih 3 cm
-    Tekan nomer telepon yang dituju secara perlahan tunggu hingga telepon
      tersambungkan
             Nama, perusahaan dan alsan menelpon denga jelas disampaikan
             Sikap menelpon dengan sopan dan hati-hati dijaga setiap saat
             Nama, perusahaan dan alsan menelpon denga jelas disampaikan
             Sikap menelpon dengan sopan dan hati-hati dijaga setiap saat









0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts