Thursday, 29 November 2018

Management Housekeeping (Pelatihan BLKI Singosari)
Come and join with us

Management Housekeeping (Mengenal Limbah Hotel)




Wednesday, 28 November 2018

Management Housekeeping (Pelatihan Housekeeping)

Come and join with us

Management Housekeeping (Kost Serasa di Hotel)
come and join with us

MAKING BED
 
 


Monday, 26 November 2018


Melaporkan Kebutuhan Perbaikan dan Perawatan Kamar Tamu
Gambar terkait
Kerusakan pada fasilitas kamar dapat terjadi setiap saat, baik kerusakan itu disebabkan oleh tamu yang menginap atau oleh pihak hotel sendiri. Siapapun penyebab kerusakan itu tidaklah terlalu dipermasalahkan dalam sistem pelaporan ini, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana menanggulangi kerusakan  tersebut dengan cepat, sehingga kamar dapat cepat dijual kembali atau tamu yang menginap pada saat itu dapat menikmati kembali fasilitas yang ada dalam keadaan baik/normal.
Berkaitan dengan masalah penanggulangan kerusakan, maka tidak terlepas dari adanya saling keterkaitan anatara beberapa bagian seperti bagian Housekeeping, Front Office dan Maintenance Department.

Prosedur Pelaporan Perbaikan
Pada waktu roomboy melaksanakan tugasnya membersihkan kamar, room boy juga akan melaksanakan pengecekan setiap fasilitas yang terdapat didalam kamar apakah masih dalam keadaan/berfungsi dengan baik, seperti air condition, lemari es, telepon, air panas/dingin, dan sebagainya. Pengecekan tersebut dengan menggunakan Daftar Periksa Perawatan (Maintenance Check List).
Hasil gambar untuk maintenance checklist hotel
Bila roomboy mendapatkan fasilitas yang rusak, maka roomboy yang bersangkutan akan membuatkan laporan kerusakan dengan mengisi formulir Laporan Kerusakan atau Damage Report dan diserahkan kepada Supervisor, kemudian Supervisor akan membuat perintah kerja atau Work Order yang ditandatangani oleh Housekeeper, kemudian dikirim kepada bagian Pemeliharaan/Perbaikan (Maintenance Dept.).
Hasil gambar untuk work order form hotel


Sunday, 25 November 2018

Management Housekeeping : Job Design


            Pengembangan (development) adalah fungsi operasional dari manajemen SDM. Namun tidak semu – HRD). Housekeeping Manager juga memegang peranan penting dalam pengembangan individu Program ini perlu dilakukan secara terencana dan kontinu yang mana semuanya berhubungan dengan operasional dan sistem manajemen di internal housekeeping.


            Dalam housekeeping proses ini dikerjakan oleh Departemen Pengembangan Karyawan (Training Developmeing job design, Housekeeping Manager mempunyai wewenang untuk menciptakan, merancang dan memutuskan suatu pekerjaan dengan menjabarkan tugas dan tanggung jawab yang berhubungan dengan pekerjaan lain dalam management internal housekeeping. 


            Hal ini dilakukan untuk memotivasi dan memberi tantangan pada karyawan, mengurangi rasa bosan, dan meningkatkan kepuasan kerja dalam Housekeeping Department sehingga tujuan  dan target Housekeeping (KPI Score Card) dapat tercapai. Berikut ciri-ciri job design adalah:

1.      Pekerja harus memiliki pilihan terhadap kebutuhan personal, kebiasaan kerja, dan kenyamanan kerja.
2.      Adalah jadwal kerja.
3.      Adanya Manual Procedure ataupun Task Breakdown
4.      Adanya penilaian kerja (Performance appraisal)
5.      Adanya uraian pekerjaan.
6.      Adanya check list dan identifikasi pada kesulitan atau masalah yang muncul dan keluhan tamu.
7.      Adanya penghargaan (reward) dan hukuman (punishment).
8.      Evaluasi hasil kerja, masalah yang dihadapi dan target kerja sudah terdata (Score Quality).
9.      Membuat karyawan sadar akan target atau pencapaian yang diinginkan oleh departemen.

            Sedangkan fungsi dari job design itu sendiri dibagi menjadi 2 aspek, yaitu fungsi bagi hotel dan fungsi bagi karyawan.
1.      Bagi hotel:
·         Mempengaruhi produktivitas dan kualitas kerja.
·         Pekerjaan yang dilakukan menjadi terarah dan jelas.
·         Memastikan pekerjaan dikerjakan secara baik, terukur, dan layak untuk tamu serta sesuai dengan Housekeeping Action Plan.
·         Mempunyai kader yang multiskill, sehingga mempermudah dalam pemenuhan kekurangan jabatan.
·         Pekerjaan yang diadakan dapat dilakukan dengan benar sesuai dengan target housekeeping.

2.      Bagi karyawan:
·         Imbalan yang diberikan sesuai dengan pekerjaan.
·         Memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dalam suatu pekerjaan





      Berdasarkan strukturnya, job design dibagi menjadi 3 antara lain:
                  1. Job Enlargement, memperluas isi atau ruang lingkup pekerjaan.
 2.  Job Rotation, yang memindahkan pekerja dari satu tugas ke tugas yang lain.
 3.   Job Enrichment, memberikan karyawan tingkat kebebasan yang tinggi terhadap perencanaan dan pengorganisasian pekerjaan melalui evaluasi dan implementasi kerja.




BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts