Monday 26 November 2018


Melaporkan Kebutuhan Perbaikan dan Perawatan Kamar Tamu
Gambar terkait
Kerusakan pada fasilitas kamar dapat terjadi setiap saat, baik kerusakan itu disebabkan oleh tamu yang menginap atau oleh pihak hotel sendiri. Siapapun penyebab kerusakan itu tidaklah terlalu dipermasalahkan dalam sistem pelaporan ini, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana menanggulangi kerusakan  tersebut dengan cepat, sehingga kamar dapat cepat dijual kembali atau tamu yang menginap pada saat itu dapat menikmati kembali fasilitas yang ada dalam keadaan baik/normal.
Berkaitan dengan masalah penanggulangan kerusakan, maka tidak terlepas dari adanya saling keterkaitan anatara beberapa bagian seperti bagian Housekeeping, Front Office dan Maintenance Department.

Prosedur Pelaporan Perbaikan
Pada waktu roomboy melaksanakan tugasnya membersihkan kamar, room boy juga akan melaksanakan pengecekan setiap fasilitas yang terdapat didalam kamar apakah masih dalam keadaan/berfungsi dengan baik, seperti air condition, lemari es, telepon, air panas/dingin, dan sebagainya. Pengecekan tersebut dengan menggunakan Daftar Periksa Perawatan (Maintenance Check List).
Hasil gambar untuk maintenance checklist hotel
Bila roomboy mendapatkan fasilitas yang rusak, maka roomboy yang bersangkutan akan membuatkan laporan kerusakan dengan mengisi formulir Laporan Kerusakan atau Damage Report dan diserahkan kepada Supervisor, kemudian Supervisor akan membuat perintah kerja atau Work Order yang ditandatangani oleh Housekeeper, kemudian dikirim kepada bagian Pemeliharaan/Perbaikan (Maintenance Dept.).
Hasil gambar untuk work order form hotel


0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts