Melaporkan Kebutuhan Perbaikan dan
Perawatan Kamar Tamu
Kerusakan pada fasilitas kamar
dapat terjadi setiap saat, baik kerusakan itu disebabkan oleh tamu yang
menginap atau oleh pihak hotel sendiri. Siapapun penyebab kerusakan itu tidaklah
terlalu dipermasalahkan dalam sistem pelaporan ini, akan tetapi yang lebih
penting adalah bagaimana menanggulangi kerusakan tersebut dengan cepat, sehingga kamar dapat
cepat dijual kembali atau tamu yang menginap pada saat itu dapat menikmati kembali
fasilitas yang ada dalam keadaan baik/normal.
Berkaitan dengan masalah
penanggulangan kerusakan, maka tidak terlepas dari adanya saling keterkaitan
anatara beberapa bagian seperti bagian Housekeeping, Front Office dan
Maintenance Department.
Prosedur Pelaporan Perbaikan
Pada waktu roomboy melaksanakan
tugasnya membersihkan kamar, room boy juga akan melaksanakan pengecekan setiap
fasilitas yang terdapat didalam kamar apakah masih dalam keadaan/berfungsi
dengan baik, seperti air condition, lemari es, telepon, air panas/dingin, dan
sebagainya. Pengecekan tersebut dengan menggunakan Daftar Periksa Perawatan (Maintenance Check List).
Bila roomboy mendapatkan
fasilitas yang rusak, maka roomboy yang bersangkutan akan membuatkan laporan
kerusakan dengan mengisi formulir Laporan Kerusakan atau Damage Report dan diserahkan kepada Supervisor, kemudian Supervisor
akan membuat perintah kerja atau Work
Order yang ditandatangani oleh Housekeeper,
kemudian dikirim kepada bagian Pemeliharaan/Perbaikan (Maintenance Dept.).
0 komentar:
Post a Comment