Sunday, 25 November 2018

Management Housekeeping : Job Design


            Pengembangan (development) adalah fungsi operasional dari manajemen SDM. Namun tidak semu – HRD). Housekeeping Manager juga memegang peranan penting dalam pengembangan individu Program ini perlu dilakukan secara terencana dan kontinu yang mana semuanya berhubungan dengan operasional dan sistem manajemen di internal housekeeping.


            Dalam housekeeping proses ini dikerjakan oleh Departemen Pengembangan Karyawan (Training Developmeing job design, Housekeeping Manager mempunyai wewenang untuk menciptakan, merancang dan memutuskan suatu pekerjaan dengan menjabarkan tugas dan tanggung jawab yang berhubungan dengan pekerjaan lain dalam management internal housekeeping. 


            Hal ini dilakukan untuk memotivasi dan memberi tantangan pada karyawan, mengurangi rasa bosan, dan meningkatkan kepuasan kerja dalam Housekeeping Department sehingga tujuan  dan target Housekeeping (KPI Score Card) dapat tercapai. Berikut ciri-ciri job design adalah:

1.      Pekerja harus memiliki pilihan terhadap kebutuhan personal, kebiasaan kerja, dan kenyamanan kerja.
2.      Adalah jadwal kerja.
3.      Adanya Manual Procedure ataupun Task Breakdown
4.      Adanya penilaian kerja (Performance appraisal)
5.      Adanya uraian pekerjaan.
6.      Adanya check list dan identifikasi pada kesulitan atau masalah yang muncul dan keluhan tamu.
7.      Adanya penghargaan (reward) dan hukuman (punishment).
8.      Evaluasi hasil kerja, masalah yang dihadapi dan target kerja sudah terdata (Score Quality).
9.      Membuat karyawan sadar akan target atau pencapaian yang diinginkan oleh departemen.

            Sedangkan fungsi dari job design itu sendiri dibagi menjadi 2 aspek, yaitu fungsi bagi hotel dan fungsi bagi karyawan.
1.      Bagi hotel:
·         Mempengaruhi produktivitas dan kualitas kerja.
·         Pekerjaan yang dilakukan menjadi terarah dan jelas.
·         Memastikan pekerjaan dikerjakan secara baik, terukur, dan layak untuk tamu serta sesuai dengan Housekeeping Action Plan.
·         Mempunyai kader yang multiskill, sehingga mempermudah dalam pemenuhan kekurangan jabatan.
·         Pekerjaan yang diadakan dapat dilakukan dengan benar sesuai dengan target housekeeping.

2.      Bagi karyawan:
·         Imbalan yang diberikan sesuai dengan pekerjaan.
·         Memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dalam suatu pekerjaan





      Berdasarkan strukturnya, job design dibagi menjadi 3 antara lain:
                  1. Job Enlargement, memperluas isi atau ruang lingkup pekerjaan.
 2.  Job Rotation, yang memindahkan pekerja dari satu tugas ke tugas yang lain.
 3.   Job Enrichment, memberikan karyawan tingkat kebebasan yang tinggi terhadap perencanaan dan pengorganisasian pekerjaan melalui evaluasi dan implementasi kerja.




0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts