Thursday, 5 September 2019
Sunday, 1 September 2019
- September 01, 2019
- paulus soetrisno
- No comments
TRAINING HOUSEKEEPING
Housekeeping
atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam
hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian,
kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum
lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada
di dalam hotel. Selain itu Housekeeping department merupakan bagian rumah
tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan / pembersihan semua
kamar tamu, ruang kantor, lobby, terrace, corridors, lift / elevator, toilet
umum, public space, locker’s room, linen dan uniform rooms, halaman, taman,
kolam renang dan ruang parkir.
Tujuan Program :
Menghasilkan Tenaga pelaksana yang berkepribadian, berpengetahuan dan terampil dalam melaksanakan tugas pelayanannya jasa graha serta mampu melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin di jasa graha.
Menghasilkan Tenaga pelaksana yang berkepribadian, berpengetahuan dan terampil dalam melaksanakan tugas pelayanannya jasa graha serta mampu melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin di jasa graha.
Pelatihan Tata Graha / Housekeeping adalah
sumber investasi sumberdaya manusia dalam jangka panjang agar dapat
diberdayakan secara optimal serta efektif dalam pekerjaan.karena suasana yang
bersih dan nyaman menimbulkan efek positf bagi konsumen.untuk itu PT.HARUM TAMI
RAYA MANADO melakukan training untuk para supervisornya dalam hal meningkatkan
kompetensi house keeping yang di latih oleh ASESOR BNSP Nasioal. R.paulus
soetrisno di rock hotel Surabaya tanggal 26 agustustu 2019
Kompetensi / Capaian Pembelajaran :
Setelah menyelesaikan program ini, lulusan diharapkan mampu :
Setelah menyelesaikan program ini, lulusan diharapkan mampu :
- Memahami arti dan fungsi pentingnya Tata Graha di Hotel.
- Menggunakan alat dan bahan pembersih dengan baik.
- Memahami perlengkapan Kamar Tamu dan Ruang Tamu.
- Membersihkan Kamar Tamu dan Ruangan Umum, lena, seragam dan binatu
- Menata dekorasi Ruangan Umum, Kamar Tamu serta Pertamanan.
- Melayani Keluhan Tamu.
- Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
- Mengadakan, menyimpan dan Menginventorikan alat / bahan yang diperlukan untuk operasional Tata Graha.
Bidang mangemen house
keeping
1.mempunyai motivasi dan soft skill yang baik
2.menguasai bidang tehnik yang diberikan pelatihan khusus
3.beban pekerjaan akan disesuaikan denganluas area pekerjaan.beban
kerja serta jam kerja
Thursday, 8 August 2019
- August 08, 2019
- paulus soetrisno
- 2 comments
R.paulus soetrisno sebagai asesor
kompetensi dari BNSP Di tunjuk sebagai pembicara
dalam acara Bimbingan Teknis Pada
Skema Klaster Housekeeping Hotel Tidar Malang
6-7 agustus 2019.
Asesmen dilakukan oleh asesor, dimana materi uji dibuat dan
dikembangkan
oleh asesor. Uji kompetensi (UJK) harus dilakukan oleh
asesor uji
kompetensi yang telah memiliki sertifikat asesor
kompetensi
sebagaimana diatur dalam pedoman BNSP. Posisi asesor
kompetensi
adalah penting karena bertanggung jawab pada penentuan
kompetensi seseorang
apakah seorang telah kompeten atau
belum.
Dapat
dikatakan asesor menjadi kunci penentu utama dalam serangkaian
kegiatan
pelatihan ataupun pengakuan atas kompetensi
seseorang.
Program Uji
Kompetensi dan Sertifikasi Profesi Telematika merupakan program sosialisasi dan
promosi TUK House keeping.
Dengan adanya program ini diharapkan dapat
menunjang realisasi pengembangan Sumber Daya Manusia house keeping dengan
menerapkan sertifikasi house keeping yang didukung dengan sarana dan prasarana
sehingga berpengaruh terhadap peningkatan mutu SDM yang tersertifikasi dan
kompeten.
Program ini
akan berjalan lancar, apabila didukung oleh pihak terkait.
Skema
Sertifikasi Klaster Housekeeping
Standar Kompetensi Kerja Nasional
Indonesia Sektor Pariwisata Sub Sektor Hotel dan Restauran,
Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia,
Nomor: KEP.239/MEN/X/2004 Tanggal 19 Oktober 2004
KOMPETENSI UMUM
|
||
NO
|
KODE UNIT
|
JUDUL UNIT KOMPETENSI
|
1
|
PAR.UJ01.001.01
|
Bekerjasama dengan Kolega dan
Pelanggan
|
2
|
PAR.HT01.003.01
|
Mengikuti
Prosedur Kesehatan, Keselamatan Dan Keamanan Di Tempat Kerja
|
KOMPETENSI INTI
|
||
1
|
PAR.HT-HK.002.02
|
Membersihkan Lokasi/Area dan
Peralatan
|
2
|
PAR.HT-HK.003.02
|
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
|
3
|
PAR.HT-HK.005.02
|
Menyediakan Jasa
Valet
|
KOMPETENSI KHUSUS
|
||
1
|
PAR.HT-HK.004.02
|
Menangani Linen dan Pakaian Tamu
|
2
|
PAR.HT-HK.006.02
|
Melaksanakan Sistem Inventarisasi
|
3
|
PAR.HT02.026.01
|
Menyediakan
Layanan Housekeeping untuk Tamu
|
Monday, 5 August 2019
- August 05, 2019
- paulus soetrisno
- No comments
Pelatihan Manajemen Usaha Jasa
Pariwisata- Usaha Jasa Pariwisata memegang peranan penting dalam
meningkatkan pendapatan daerah dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan,
karena usaha jasa pariwisata dapat mempertemukan permintaan antar
daerah. Potensi pariwisata Indonesia sangatlah besar baik dari potensi
wisata budaya, wisata belanja ataupun wisata pendidikan. Dalam
mengembangkan pariwisata tentunya didukung oleh industri-industri atau
usaha-usaha terkait dengan pariwisata sesuai dengan Undang-Undang
Pariwisata No.10 Tahun 2009. Dalam perkembangannya usaha-usaha
pariwisata tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda dan memegang
peranan yang sangat penting dalam rantai nilai pariwisata dan industri
pariwisata. Sebagai contoh usaha akomodasi telah terbagi menjadi
beberapa golongan, mulai dari homestay, hotel melati sampai dengan hotel berbintang.
Namun demikian tidak atau belum semua usaha pariwisata telah mempunyai
klasifikasi dan persyaratan teknis usahanya. Pelatihan ini bertujuan
memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan
untuk mendampingi usaha jasa pariwisata yang ada.
Sunday, 19 May 2019
Wednesday, 8 May 2019
- May 08, 2019
- paulus soetrisno
- No comments
Management Housekeeping
AJAK MAHASISWA
BELAJAR LANGSUNG
BELAJAR LANGSUNG
PADA
PRAKTISI PERHOTELAN
Akpar Majapahit Surabaya, kian
terdepan. Sekolah tinggi pariwisata itu memiliki banyak program unggulan. Salah
satunya, Visit The Hotels. Program ini tidak diterapkan di sekolah parisiwata
lainnya.
R Paulus W. Soetrisno, M.Par, dosen yang juga Ka-Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit, adalah penanggungjawab dan pelaksana program visit the hotels. Kiprahnya terbukti telah membawa banyak manfaat bagi mahasiswa dan tentu saja untuk kemajuan kampus.
“Visit the hotels ini menjadi sangat
penting karena mahasiswa bisa bersentuhan langsung dengan dunia kerja yang
sesungguhnya. Mahasiswa juga bisa
belajar langsung pada praktisi perhotelan yang sudah berpengalaman,” ungkap dosen yang akrab disapa Paul itu.
Manfaat
lain yang bisa dipetik dari program ini, lanjut Paul, para dosen juga
bisa mendapat bahan pembanding
dengan materi perkuliahan yang diterapkan di kampus.
“Dosen bisa menyamakan dengan apa yang sudah diajarkan kepada
mahasiswanya,” tegasnya.
Tema atau
materi yang dipelajari mahasiswa pada
setiap kunjungan berbeda-beda. Kadang tentang Front Office, Housekeeping, Marketing Hotel, Food Product, Pastry, Fruit Carving, Cost Control,
Purchasing, Banquet dan lain-lain.
“Program visit the
hotels ini mempelajari semua
matakuliah yang berbasis perhotelan. Kalau
kampus lain, hanya belajar tentang table
manner (tata cara makan),” jelasnya.
Sebelum jadi dosen, pria hitam manis itu pernah belasan tahun berkarir di hotel bintang. Dia juga mengantongi sertifikat asesor kompetensi housekeeping dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi),
sejak 2013 hingga sekarang.
Dengan experiencedan
kapasitasnya sebagai asesor, Paul bisa dengan mudah melakukan
pendekatan
kerjasama dengan hotel-hotel. Menjalankan program agar mutu lulusan
menjadi lebih bagus. "Mahasiswa punya kesempatan emas mengenal dunia
kerja yang sesungguhnya," simpulnya.
Presdir Tristar Institute Group, Ir. Juwono Saroso, MM, M.Par mengatakan bahwa Paul adalah orang
paling tepat menangani program visit the hotels. Relasinya cukup luas di dunia perhotelan.
“Selain relasinya luas, dia juga luwes sehingga mampu menjembatani
antara industri perhotelan, institusi
pendidikan dan mahasiswanya. Bisa menjalin kerjasama saling menguntungkan.
Semakin hari buhungan kian erat,” nilainya.
Subscribe to:
Posts (Atom)