Proses bagaimana menjelaskan fasilitas didalam kamar.
Thursday, 26 March 2020
- March 26, 2020
- paulus soetrisno
- No comments
proses belajar bagaimana caranya proses walk in reservation.
Monday, 23 March 2020
- March 23, 2020
- paulus soetrisno
- 1 comment
LEADERSHIP
TENTANG LEADERSHIP
Berbagai hasil riset menunjukkan bahwa
kepuasan pelanggan sangatlah penting, yang dapat diwujudkan dengan
membina hubungan baik antar pelanggan dan karyawan perusahaan.
Kepercayaan pelanggan kepada karyawan dalam memenuhi kebutuhan mereka
baik berupa produk maupun teknis layanan akan merealisasikan tujuan
perusahaan. Berdasarkan hal tersebut peningkatan hard skill dan soft
skill pegawai sangat dibutuhkan oleh perusahaan, salah satunya melalui leadership. Sasaran yang dituju
adalah karyawan level supervisor
Selain kepemimpinan, didalam sebuah perusahaan juga didukung oleh para
karyawan yang mempunyai kinerja yang bagus sehingga tujuan perusahaan
dapat terlaksana. Karyawan dan pemimpin mempunyai kontribusi yang sangat
besar terhadap perusahaan, karena tanpa keduanya perusahaan tidak akan
berjalan. Oleh karena pemimpin harus bisa menempatkan perannya sebagai
kepala semua bidang diperusahaan sehingga dapat mengatur para karyawan
agar bekerja dengan baik dan juga bisa memotivasi karyawan.
Didalam industri perhotelan,terdapat kesadaran yang lebih besar akan pentingnya peranan supervisor dalam mencapai kesuksesan hotel.
Untuk menjadi seorang supervisor yang efektif anda harus mampu untuk trampil sebagai :- Komunikator
- Penilai
- Fasilitator
- Pemecah Masalah
- Pengontrol
- Anggota Kelompok
- Motivator
- Perencana
- Pengatur
- Pelatih
- March 23, 2020
- paulus soetrisno
- No comments
Room Division (Front Office)
BELAJAR FRONT OFFICE
Kaprodi D3 Perhotelah Akpar
Majapahit, R. Paulus W. Soetrisno M.Par.
Diharapkan dalam kunjungan tersebut, mahasiswa bisa menambah wawasan
untuk melengkapi ilmu yang dipelajari di kampus.
“Kunjungan
ini menjadi sangat bermanfaat karena kalian mendapat sharing pengetahuan dan pengalaman langsung dari expert.
Hari ini, kalian akan lebih paham
tentang FO dan realita kerja di perhotelan. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi bagaimana
seorang FO menghadapi tamu yang akan chek
in.
Tidak
cukup dengan simulasi, untuk melihat secara langsung bagaimana sistem kerja FO, baik tentang registrasi tamu, menangani check
out, pembayaran dan lain-lain.
Anda tertarik....so come and join with us
Sunday, 15 March 2020
- March 15, 2020
- paulus soetrisno
- No comments
OPERATIONAL HOUSEKEEPING
Belajar Housekeeping di Industri Perhotelan
UPAYA mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit melihat dari dekat sistem kerja di industri perhotelan, terutama sistem kerja tata graha (housekeeping) di hotel berbintang diharapkan mendapatkan banyak manfaat pasca lulus kuliah nanti. Kali ini mahasiswa diajarkan cara me-make up room dan making bed di Ayola Hotel Surabaya.
Maka, tidak salah, jika Dosen Housekeeping Akpar Majapahit Paulus Soetrisno M.Par ini me-wanti-wanti anak didiknya untuk memanfaatkan momentum pembelajaran langsung di industri perhotelan.
Untuk me-make up room di lantai 5 (Standard, Superior, Deluxe dan Family Room), seorang petugas housekeeping membawa alat dan perlengkapan sesuai SOP-nya. Peralatan yang wajib disiapkan adalah trolley, vacuum cleaner, cleaning kit, toilet bowl brush, window squeeze, hand glove, gun sprayer, pad (sponge), cloth dan chemical.
Sedangkan perlengkapan yang dibawa oleh Room Attendant adalah room attendant work sheet, bed runner, sheet, cover duvet, insert duvet, pillow case, pillow protector, bath towel, bath mat, hand towel dan amenities.
Setelah alat dan perlengkapan sudah siap, Room Attendant memulai pekerjaannya sesuai urut-urutan langkah kerja yakni (1). Tempatkan trolley di depan pintu kamar dengan rapi,
(2). Bunyikan bell atau ketuk pintu tiga kali sambil menyebutkan identitas diri (housekeeping),
(3). Buka pintu secara perlahan sambil menyebutkan identitas diri (housekeeping).
(4). Berikan salam (jika ada tamu),
(5). Masukkan key tag ke dalam key holder,
(6). Buka curtain dan vitrage secara penuh supaya cahaya matahari dapat masuk sehingga isi kamar dapat terlihat secara jelas,
(7). Kumpulkan sampah untuk dibuang ke kantong sampah di trolley.
(8). Kumpulkan gelas-gelas kotor dan taruh di wash basin kamar mandi untuk dicuci,
(9). Keluarkan peralatan room service dan diletakkan di area depan lift service,
(10). Kumpulkan dan keluarkan linen yang kotor kemudian letakkan di hamper trolley,
(11). Ambil linen bersih.
(12). Making bed,
(13). Dusting dimulai dari pintu masuk dan dikerjakan secara urut supaya semua bagian tidak ada yang terlewatkan sambil mengecek amenities apa saja yang kurang,
(14). Melengkapi guest amenities untuk area bathroom,
(15). Bersihkan kamar mandi,
(16). Melengkapi towel dan guest amenities di area bathroom.
(17). Vacuum lantai kamar tidur,
(18). Mopping lantai tempat tidur dan lantai kamar mandi,
(19). Tutup vitrage dan curtain,
(20). Periksa ulang pekerjaan untuk memastikan bahwa kamar sudah benar-benar bersih dan tidak ada kerusakan. Apabila ada kerusakan laporkan ke order taker untuk dibuatkan work order dan disampaikan ke engineering,
(21). Cabut keycard dari key holder,
(22). Tutup pintu dan isi room boy control sheet.
Langkah -langkah Making Bed:
(1). Tarik box dan matrass ke arah belakang menjauh dari head board sampai kira-kira ujung matrass bagian atas berada di bawah bedside table,
(2). Periksa matrass dan matrass protector dari noda kemudian rapikan matrass protector,
(3). Making bed dimulai dari bagian kepala dekat head board.
(4). Ambil dan tebarkan flat sheet di atas matrass dengan posisi garis tengah lipatan berada di tengah matrass supaya panjang flat sheet sebelah kanan dan kiri seimbang atau sama panjang,
(5). Kunci flat sheet dengan cara memasukkan flat sheet ke bawah matrass dan dilipat membentuk segitiga pada bagian sudut kanan dan kiri matrass atas, kemudian dilanjutkan mengunci flat sheet sudut kanan dn kiri bagian matrass bawah.
(6). Ambil dan tebarkan cover duvet di atas matrass dengan posisi garis tengah lipatan berada di tengah-tengah matrass supaya panjang cover duvet kanan dan kiri seimbang atau sama panjang,
(7). Ambil insert duvet dan masukkan ke dalam cover duvet, pastikan ujung-ujung insert duvet mencapai tepat di setiap sudut cover duvet dan insert duvet tidak tergulung.
(8). Tarik bagian atas cover duvet sejajar dengan ujung bed bagian atas,
(9). Lipat bagian atas cover duvet ke arah bawah sekitar 20-25 cm,
(10). Tarik cover duvet ke arah bawah sampai lipatan cover duvet berada tepat di bawah bed side table,
(11). Masukkan cover duvet bagian bawah ke bawah matrass dan lipat di bagian sudut kanan dan kiri matrass membentuk segitiga.
(12). Ambil dan letakkan bed runner –untuk pemanis tempat tidur-- dengan posisi sejajar dengan matrass bagian bawah dengan jarak sekitar 20-25 cm dari bagian bawah bed,
(13). Dorong matrass dan box ke arah atas sampai menyentuh head board,
(14). Masukkan bantal ke dalam pillow case dan letakkan bantal di matrass bagian atas dengan posisi berdiri, dan
(15). Periksa sekali lagi untuk memastikan bahwa making bed sudah benar-benar rapi.
so come and join with us........
Tuesday, 17 September 2019
- September 17, 2019
- paulus soetrisno
- No comments
training is defined as any attempt
to improve employee performance on a
currently held job or one related to
it. This usually means changes in spesific
knowledge, skills, attitudes, or
behaviors”. Pernyataan tersebut dapat diartikan
bahwa suatu pelatihan merupakan
upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan
pada pekerjaan yang sedang dilakukan
ataupun yang ada hubungannya dengan
pekerjaan tersebut. Hal ini biasanya
berarti perubahan dalam aspek pengetahuan,
keterampilan, sikap, ataupun
perilaku. Berdasarkan dua pernyataan tersebut, dapat
diketahui bahwa adanya hubungan
antara pelatihan dengan kinerja karyawan yang
mana pelatihan memang digunakan oleh
organisasi untuk meningkatkan kinerja
karyawannya apabila hasil kinerja
yang telah dicapai tidak sesuai dengan target
kinerja yang diharapkan ataupun
sebagai upaya untuk pengembangan kualitas
sumber daya manusianya yang sudah
direncanakan oleh pihak manajemen.
Program IN HOUSE TRAINING Housekeeping
dirancang untuk kebutuhan mereka yang yang dalam waktu singkat ingin
memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang perhotelan khususnya
Housekeeping. Program ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah pernah memiliki
pengalaman kerja di bidang hospitality dan ingin melakukan upgrading skill dan
knowledge.
Program in house training ini terbukti
praktis dan efektif untuk meningkatkan skill dan karakternya agar lebih
professional dalam berkarir di PT Tanjung Muara Enim. Tujuan
diselenggarakan in house traing ini adalah untuk mencetak tenaga terampil siap
kerja di bidang Housekeeping Hotel tingkat ahli pratama yang siap untuk
melaksanakan kegiatan operasional Housekeeping mulai dari penanganan tamu check
in sampai dengan check out.
Apa
yang Akan Dipelajari?
- Intro to housekeeping
- Grooming & greeting
- Service excellent
- Public area maintenance
- Practice public area cleaning
- Room attendant
- Practice making bed
- Lost and found
- Inventory dan linen
- Procedure make-up room dan room status.
- Evaluasi (Make up room)
- Lost and found
Thursday, 5 September 2019
Subscribe to:
Posts (Atom)