Thursday 31 January 2019


Monday 28 January 2019




Wednesday 23 January 2019

Management Housekeeping (Belajar on the spot)
Sisi Lain Dari Kunjungan ke Hotel Bidakara Fancy Tunjungan
“Inilah dunia kerja yang sebenarnya. Mahasiswa bisa melihat dan menimba pengalaman secara langsung dari para praktisi dan profesional di lapangan”.
Kalimat di atas diucapkan R. Paulus W. Soetrisno M.Par, dosen Tristar Institute Group ketika membawa 22 mahasiswanya mengunjungi Hotel Bidakara Fancy Tunjungan Surabaya, Kamis, (17/01/2019) lalu.
Membawa mahasiswa berkunjung ke hotel-hotel untuk belajar langsung pada praktisi, melihat kondisi dunia kerja di lapangan, agar mahasiswa tahu realita. “Kelak ketika mereka lulus, sedikit tidaknya sudah punya pengalaman, punya bekal dan pernah bersentuhan dengan realitas di lapangan,” kata Paulus.
Harus diakui bahwa kunjungan ke Hotel Bidakara (dulu dikenal dengan nama Hotel Bisanta) di Jalan Tegalsari No 77 – 85 Surabaya itu, bisa menambah wawasan dan melengkapi ilmu yang didapat di kampus.
Di hotel bintang 3 tersebut, 22 mahasiswa  terlebih dahulu mendapat pembekalan dan wawasan tentang Hotel Bidakara. Seperti sarana dan fasilitas pelengkap hotel, tentang kebersihan dan kenyamanan tamu yang disampaikan oleh Bagus Sunardiyanto, Food & Beverage Manager.
Selanjutnya, mahasiswa yang terdiri dari jurusan kuliner, pastry dan perhotelan itu diajak melihat langsung fasilitas yang tersedia. Seperti fasilitas Spa dengan layanan lengkap, kolam renang outdoor, pusat kebugaran dan juga diajak melihat langsung kondisi kamar hotel.
Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh mahasiswa perhotelan untuk training basic housekeeping sesui standar hotel berbintang. Sementara kelas kuliner mendapat kesempatan menimba pengalaman mengolah masakan di kitchen hotel. Mahasiswa jurusan pastri langsung bisa praktek bagaimana mempersiapkan dessert.
Kunjungan tersebut diakhiri dengan buffet. Mereka menikmati menu yang dipraktekkan oleh mahasiswa kuliner, serta dessert yang dipersipkan oleh mahasiswa jurusan pastri. Come and join with us 082257317959
 



Thursday 17 January 2019

Management Housekeeping


Menikmati Jamuan Makan Malam di OOB Kitchen MaxOne Hotels Tidar Surabaya
Sisi Lain dari Belajar Hygiene & Sanitation di MaxOne Hotels
Usai Belajar ”HACCP Procedure”, Mahasiswa Akpar Majapahit Dijamu Makan Malam Persembahan Chef Eko
SETELAH belajar Hygiene & Sanitation Perhotelan khususnya tentang HACCP Procedure di MaxOne Hotels Jl. Tidar No. 5 Surabaya sekitar dua jam, 15 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Malam, diajak menikmati sajian makan malam bersama yang dikemas ala buffet (prasmanan) di OOB Kitchen, Selasa (14/01/2018) petang.Dan di pandu langsung oleh Kaprodi Hotel R.Paulus M.Par
Aneka menu makan malam di OOB Kitchen ini merupakan persembahan dari Chef Eko Sudaryanto, Head Chef MaxOne Hotels Tidar Surabaya. Masakan andalannya antara lain menyajikan menu Sup Garang Asem (Soup) dan Main Course-nya sendiri meliputi Nasi Putih (Steamed Rice), Nasi Goreng Teri (Fried Rice), Mie Goreng Jawa (Java Fried Noodle), Cay Cay, Chicken Salted Egg, Ikan Saus Thailand, Crispy Tofu dan Kerupuk + Aneka Sambal.+ Acar + Sauce.
Sedangkan Dessert-nya terdiri dari Es Buah, Tea Ice dan Mineral Water. Menu makan malam yang disajikan ala buffet itu tentu saja mengundang selera mahasiswa yang baru saja belajar Hygiene & Sanitation dan menyaksikan Live Cooking bersama Chef Eko di Lantai 2 MaxOne Hotels Tidar Surabaya.
Dalam kesempatan itu, Food & Beverage Sales Manager (FBSM) MaxOne Hotels Tidar Surabaya Dundhee Yuwono mengatakan, revenue dari penjualan Food & Beverage (F&B) masih menjadi andalan pihak pengelola hotel, di samping penjualan kamar (Room Hotel) kepada tamu dan kastemer setia hotel bintang tiga tersebut.
”Untuk itu, menu yang kami tawarkan setiap harinya dibuat bervariasi. Pada hari-hari tertentu disajikan menu makanan Indonesian Food, Chinese Food atau Japanese Food. Sementara itu pasca rebranding OOB Kitchen, kami sejak pertengahan Desember 2018 lalu, menyediakan paket makanan andalan yakni Gulai Kepala Ikan, Udang Goreng Mayonaise, Kepiting Sooka Telur Asin, Tofu & Sour Soup dan Es Sinom,” terang Dundhee kepada kru Multimedia Tristar Group.
Aneka menu masakan bercita rasa tinggi dan menggoda selera makan tersebut dipersembahkan oleh segenap jajaran kru kitchen MaxOne Hotels Tidar Surabaya yang dimotori Chef Eko Sudaryanto. Kitchen hotel yang mengusung konsep Open Oven Bistro (OOB) ini memungkinkan kastemer bisa melihat langsung kru kitchen masak makanan yang dipesan tamu hotel.
Konsep OOB Kitchen ini juga menarik perhatian 15 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Malam untuk showing kitchen. Mereka dipandu langsung oleh Head Chef MaxOne Hotels Tidar Surabaya Eko Sudaryanto. Kitchen hotel tersebut lokasinya masih satu area dengan OOB Kitchen.
FBSM MaxOne Hotels Tidar Surabaya, Dundhee Yuwono menambahkan, OOB Kitchen merupakan hasil merger antara Terminal Seafood Restaurant Jl. Manyar Kertoarjo dengan Open Oven Bistro (OOB) Café & Resto, yang kemudian di-rebranding menjadi OOB Kitchen.
”Kelahiran OOB Kitchen ini tidak lepas campur tangan Chef Eko Sudaryanto, sedangkan keberadaan Terminal Seafood Restaurant itu sendiri sudah hampir setahun terakhir tidak beroperasi lagi,” pungkasnya.



Management Housekeeping (Hygiene and sanitation )

PERDALAM TENTANG HYGIENE & SANITATION DI MAXONE HOTEL SURABAYA
Senin (14/01/19) lalu, Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit belajar tentang Hygiene & Sanitation di MaxOne Hotel, Jalan Tidar 5 Surabaya. Kunjungan dan belajar langsung ke hotel tersebut adalah program rutin.
Acara yang diikuti oleh 16 mahasiswa kelas malam itu, dipimpin langsung oleh R. Paulus W. Soetrisno M.Par., dosen yang juga menjabat sebagai Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Surabaya.
“Acara ini menjadi sangat penting agar mahasiswa bisa mendapat pengalaman dan melihat langsung realita di dunia kerja. Mahasiswa tidak hanya paham tentang teori yang diajarkan di kampus, tetapi mereka juga harus tahu bagaimana praktrek di lapangan,” ungkap pria yang akrab dengan sapaan Pak Paul itu.
Kepada para mahasiswa, Kasiadik, food & Beverage Manager MaxOne Hotel memaparkan tentang HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) sebagai sistem jaminan mutu makanan. Sistem kontrol berdasarkan kepada kesadaran bahwa bahaya dapat timbul pada berbagai tahap produksi sebelum makanan tersaji.
“Karena itu, ada tiga tahapan atau fase kontrol makanan yang wajib dilakukan. Yaitu menentukan bagian-bagian yang terkontaminasi, menekankan pada mekanisme pencegahan, dan fase ketiga menjaga konsistensi kontrol dan standar hygiene (bersih/sehat),” ungkap Kasiadik.
Usai pembekalan, dilakukan praktek produksi makanan dan meninjau dapur tempat produksi dan penyimpanan bahan makanan, dibimbing langsung oleh Eko Sudaryanto, Head Chef Hotel MaxOne.
Dua mahasiswa Akpar, tampil mempraktekkan perpaduan dua resep Italian Food, yaitu “Spagheti Aglio Oleo whit Mushroom” dan resep “Hot Spicy Chicken Mozarella". Tahap demi tahap dilakukan hingga makanan siap saji. Beberapa mahasiswa mendapat kesempatan mencicipi menu hasil olahan temannya.
Pengalaman lapangan yang didapat oleh mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit tersebut tentu saja sangat bermanfaat. Mereka bisa langsung belajar pada praktisi yang sudah memiliki pengalaman. “Demo memasak tersebut sebagai praktek langsung bagaimana menciptakan makanan yang lezat sekaligus hygiene,” ungkap Paulus.
Sebelum meninggalkan MaxOne Hotel, para mahasiswa menikmati buffet di Restoran O.O.B Kitchen yang ada di lantai 2. Tidak ketinggalan menu andalan “Gulai Kepala Ikan” perpaduan resep Makassar dan Sunda ikut tersaji. /bahar
 Gambar mungkin berisi: 16 orang


Tuesday 15 January 2019

Management Housekeeping
Sisi Lain dari Belajar Housekeeping di Kokoon Hotels Surabaya
Setelah Praktik Housekeeping, 18 Mahasiswa Akpar Majapahit Nikmati ”Lunch Buffet” di Kokoon Restaurant
USAI praktik Housekeeping (HK) di Kokoon Hotels Jl. Slompretan No. 26 Surabaya, 18 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester II menikmati sajian makan siang bersama yang dikemas ala buffet (prasmanan) di Kokoon Restaurant, Selasa (10/07/2018) siang.
Makan siang ala buffet di Kokoon Hotels Surabaya ini antara lain menyajikan Appetizer berupa Vegetable Spring Roll dan Seraf & Sour Fish Soup (Soup). Untuk Main Course-nya sendiri meliputi Hongkong Fried Rice, Steamed Rice, Javanese Fried Noodle, Cauliflower Mornay, Roasted Chicken dan Beef Yakiniku.
Sedangkan Dessert-nya terdiri dari Es Kelapa Nata de Coco, Apple Ice, Guava Juice, Tea Ice, Infused Water dan Air Minum Dalam Kemasan (Mineral Water). Menu lengkap makan siang yang disajikan ala buffet itu tentu saja mengundang selera mahasiswa usai showing hotel dan praktik housekeeping (HK) bersama Supervisor Housekeeping Department Ria dan Senior Sales & Marketing Manager Kokoon Hotels Surabaya Budi Setiono.
Setelah menikmati lezatnya sajian makan siang bersama selama 45 menitan, 18 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester II itu diundang untuk menyaksikan demo membuat kopi dengan teknik Manual Brew Coffee with Syphon Coffee bersama Kikyo, peracik kopi (Barista) dari Kokoon Restaurant.
Sementara itu, General Manager (GM) Kokoon Hotels Surabaya Hassanudin mengajak mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit untuk belajar di sini mulai front office, housekeeping, accounting (finance), kitchen (termasuk restaurant) hingga marketing agar nantinya Anda terbiasa dengan sistem kerja di industri.
”Dalam suatu kesempatan, saya juga pernah sampaikan ke Pak Paulus (Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit) untuk memanfaatkan penawaran magang kerja (on the job training) di sini bagi sejumlah anak didiknya,” kata General Manager (GM) Kokoon Hotels Surabaya
Di sisi lain, pihaknya juga terus mendorong segenap staf dan karyawan Kokoon Hotels Surabaya untuk mengedepankan pentingnya pelayanan demi kepuasan tamu hotel. Pasalnya, revenue dari penjualan Food & Beverage (F&B) tetap menjadi andalan pihak pengelola hotel, di samping penjualan kamar (Room Hotel) kepada tamu dan kastemer setia (domestik maupun mancanegara) hotel berbintang tiga yang mengusung konsep Heritage Hotel tersebut.
”Untuk itu, menu yang kami tawarkan setiap harinya dibuat bervariasi. Pada hari-hari tertentu disajikan menu makanan Indonesian Food, European Cuisines, Middle East Cuisines, Chinese Food atau Japanese Food,” kata Hassanudin di dampingi Senior Sales & Marketing Manager Budi Setiono.
 Gambar mungkin berisi: 15 orang, orang duduk, tabel dan dalam ruangan


Management Housekeeping
Mahasiswa Baru Akpar Majapahit Dijamu 'Dinner Buffet' di Kokoon Restaurant
Usai Praktik Making Bed di Kokoon Hotels Surabaya
Mahasiswa Baru Pastry Class Akpar Majapahit Dijamu Menu ”Dinner Buffet” Persembahan Chef Darmawan
SETELAH mengikuti presentasi Basic Housekeeping Knowledge sekaligus praktik Making Bed bersama Supervisor Housekeeping Kokoon Hotels Surabaya, Adi Saputra, Jumat (30/11/2018) sore, 18 mahasiswa baru Pastry (P1) Akpar Majapahit Kelas Siang, dipersilakan menikmati jamuan makan malam bertajuk Dinner Buffet persembahan Chef Darmawan di Kokoon Restaurant.
Makan malam bersama ala buffet di Kokoon Restaurant itu antara lain menyajikan Appetizer berupa Rujak Manis, Ruja, sedangkan Soup-nya adalah Rawon + Tempe. Untuk Main Course-nya sendiri meliputi Nasi Putih (Steamed Rice), Nasi Goreng XO, Mie Goreng Jawa, Sapo Tofu, Ayam Koloke, Fish Rica-Rica, Aneka Krupuk, Sambal, Saus dan Acar.
Sedangkan Dessert-nya terdiri dari Aneka Buah Iris (Fruits Slice), Es Degan, Es Teh, Coffee, Infused Water, Pudding, Aneka Kue Tradisional dan Cakes. Menu lengkap Dinner Buffet di Kokoon Restaurant itu disiapkan oleh Chef De Party (CDP) Kokoon Hotels Surabaya, Darmawan bersama sejumlah kru kitchen hotel bintang tersebut.
Menu lengkap makan malam yang disajikan ala buffet itu tentu saja mengundang selera makan 18 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry, setelah mereka praktik Making Bed bersama Supervisor Housekeeping Kokoon Hotels Adi Saputra dan Sulton, Room Attendant.
Selain menjual aneka produk Food & Beverage (F&B), pihak Sales Executive Kokoon Hotels Surabaya juga gencar menawarkan kamar hotel kepada klien dan tamu yang datang ke sini.
Tim Sales Kokoon Hotels yang mengusung konsep Heritage ini proaktif mendekati corporate, travel agencies, sekolah dan kampus-kampus untuk menawarkan acara meeting, seminar, pelatihan (training), launching produk baru hingga pesta (party) di restoran hotel berbintang tiga plus yang berkapasitas sampai 150-200 pax tersebut.
”Satu hal lagi yang menjadi daya tarik adalah kami juga menyediakan racikan kopi Baliem dari Papua dengan metode manual Brew, Cold Dreey, V60*, Syphons Ooppse, Espresso Press, Grinder atau Aero Press. Untuk meracik kopi secara manual dengan metode Brew, misalnya, tamu juga kami kenalkan peralatan utama meracik kopi lengkap dengan bahannya yang diproses dengan teknik tersebut,” kata Budi Setiono, Senior Manager Sales & Marketing Kokoon Hotels Surabaya kepada , Jumat (30/11/2018) petang.
”Sejumlah peralatan meracik kopi manual mulai Brew, Cold Dreey, V60*, Syphons Ooppse, Espresso Press, Grinder hingga Aero Press sudah kami siapkan sebelum Anda datang di sini. Peralatan manual untuk meracik kopi Papua Baliem ini biasa dijumpai laboratorium kimia,” kata Head of Barista Kokoon Restaurant Ade Kikyo Rizky mendampingi Budi Setiono.
Untuk mengaplikasikan peralatan itu, butuh ketrampilan karena ada proses pembakaran pada suhu tertentu dan dengan durasi tertentu pula. demi menghasilkan kopi dengan cita rasa sensasional dan khas aroma kopi Baliem dari Papua.
Peralatan manual itu berbeda dengan yang biasa Anda temukan di café-café modern, seperti grander coffee (penghancur biji kopi matang menjadi bubuk halus), coffee maker (mesin pembuat kopi), teko, thermometer cairan. Peralatan modern itu juga tersedia di Kokoon Restaurant antara lain untuk membuat Espresso, Cappucino, Latte Art dan beberapa racikan kopi lainnya.
Sementara itu, Dosen Tata Graha (Housekeeping) Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R.Paulus M.Par mengatakan, usai belajar Basic Housekeeping Knowledge & Housekeeping Practice di sini, pihaknya berharap anak didiknya bisa memetik pelajaran dari kegiatan belajar langsung bagaimana sistem kerja housekeeping di industri perhotelan dewasa ini.
 

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts