Thursday 5 September 2019


Sunday 1 September 2019



TRAINING HOUSEKEEPING





Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di dalam hotel. Selain itu Housekeeping department merupakan bagian rumah tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan / pembersihan semua kamar tamu, ruang kantor, lobby, terrace, corridors, lift / elevator, toilet umum, public space, locker’s room, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir.
Tujuan Program :
Menghasilkan Tenaga pelaksana yang berkepribadian, berpengetahuan dan terampil dalam melaksanakan tugas pelayanannya jasa graha serta mampu melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin di jasa graha.
Pelatihan Tata Graha / Housekeeping adalah sumber investasi sumberdaya manusia dalam jangka panjang agar dapat diberdayakan secara optimal serta efektif dalam pekerjaan.karena suasana yang bersih dan nyaman menimbulkan efek positf bagi konsumen.untuk itu PT.HARUM TAMI RAYA MANADO melakukan training untuk para supervisornya dalam hal meningkatkan kompetensi house keeping yang di latih oleh ASESOR BNSP Nasioal. R.paulus soetrisno di rock hotel Surabaya tanggal 26 agustustu 2019
Kompetensi / Capaian Pembelajaran :
Setelah menyelesaikan program ini, lulusan diharapkan mampu :
  1. Memahami arti dan fungsi pentingnya Tata Graha di Hotel.
  2. Menggunakan alat dan bahan pembersih dengan baik.
  3. Memahami perlengkapan Kamar Tamu dan Ruang Tamu.
  4. Membersihkan Kamar Tamu dan Ruangan Umum, lena, seragam dan binatu
  5. Menata dekorasi Ruangan Umum, Kamar Tamu serta Pertamanan.
  6. Melayani Keluhan Tamu.
  7. Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
  8. Mengadakan, menyimpan dan Menginventorikan alat / bahan yang diperlukan untuk operasional Tata Graha.

Bidang mangemen house keeping
1.mempunyai motivasi dan soft skill yang baik
2.menguasai bidang tehnik yang diberikan pelatihan khusus
3.beban pekerjaan akan disesuaikan denganluas area pekerjaan.beban kerja serta jam kerja

Thursday 8 August 2019

R.paulus soetrisno sebagai asesor kompetensi dari BNSP Di tunjuk sebagai pembicara  

dalam acara Bimbingan Teknis Pada Skema Klaster Housekeeping Hotel Tidar Malang 

6-7 agustus 2019.

Asesmen   dilakukan   oleh    asesor,    dimana    materi    uji     dibuat    dan


dikembangkan oleh asesor. Uji kompetensi (UJK) harus dilakukan oleh

asesor uji kompetensi yang telah memiliki sertifikat asesor

kompetensi sebagaimana diatur dalam pedoman BNSP. Posisi asesor

kompetensi adalah penting karena bertanggung jawab pada penentuan

kompetensi seseorang apakah seorang telah kompeten atau belum.

Dapat dikatakan asesor menjadi kunci penentu utama dalam serangkaian

kegiatan pelatihan ataupun pengakuan atas kompetensi seseorang.

Program Uji Kompetensi dan Sertifikasi Profesi Telematika merupakan program sosialisasi dan promosi TUK House keeping.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat menunjang realisasi pengembangan Sumber Daya Manusia house keeping dengan menerapkan sertifikasi house keeping yang didukung dengan sarana dan prasarana sehingga berpengaruh terhadap peningkatan mutu SDM yang tersertifikasi dan kompeten.

Program ini akan berjalan lancar, apabila didukung oleh pihak terkait.


Skema Sertifikasi Klaster Housekeeping
Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pariwisata Sub Sektor Hotel dan Restauran, Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Nomor: KEP.239/MEN/X/2004 Tanggal 19 Oktober 2004

KOMPETENSI UMUM
NO
KODE UNIT
JUDUL UNIT KOMPETENSI
1
PAR.UJ01.001.01
Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
2
PAR.HT01.003.01
Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan Dan Keamanan Di Tempat Kerja
KOMPETENSI INTI
1
PAR.HT-HK.002.02
Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
2
PAR.HT-HK.003.02
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
3
PAR.HT-HK.005.02
Menyediakan Jasa Valet
KOMPETENSI KHUSUS
1
PAR.HT-HK.004.02
Menangani Linen dan Pakaian Tamu
2
PAR.HT-HK.006.02
Melaksanakan Sistem Inventarisasi
3
PAR.HT02.026.01
Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu


Monday 5 August 2019

Pelatihan Manajemen Usaha Jasa Pariwisata- Usaha Jasa Pariwisata memegang peranan penting dalam meningkatkan pendapatan daerah dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan, karena usaha jasa pariwisata  dapat mempertemukan permintaan antar daerah. Potensi pariwisata Indonesia sangatlah besar baik dari potensi wisata budaya, wisata belanja ataupun wisata pendidikan. Dalam mengembangkan pariwisata tentunya didukung oleh industri-industri atau usaha-usaha terkait dengan pariwisata sesuai dengan Undang-Undang Pariwisata No.10 Tahun 2009. Dalam perkembangannya usaha-usaha pariwisata tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda dan memegang peranan yang sangat penting dalam rantai nilai pariwisata dan industri pariwisata. Sebagai contoh usaha akomodasi telah terbagi menjadi beberapa golongan, mulai dari homestay, hotel melati sampai dengan hotel berbintang. Namun demikian tidak atau belum semua usaha pariwisata telah mempunyai klasifikasi dan persyaratan teknis usahanya. Pelatihan ini bertujuan memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan untuk mendampingi usaha jasa pariwisata yang ada.
Oleh karena itu, diselenggarakan Pelatihan Manajemen Usaha Jasa Pariwisata, yang berbasis pada standar usaha pariwisata. Pelatihan ini berdurasi 2 hari. Adapun materi pelatihan meliputi Pengetahuan Undang-Undang No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, Pemahaman Standar Usaha Pariwisata,  Penyelenggaraan daya tarik dan kawasan wisata, Penyelenggaraan jasa transportasi dan perjalanan wisata, Penyelenggaraan Jasa penyediaan akomodasi dan layanan makanan dan minuman, Penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi, Penyelenggaraan MICE, Penyelenggaraan jasa informasi dan konsultan pariwisata, Penyelenggaraan jasa pramuwisata dan Penyelenggaraan Usaha SPA.pada tanggal 9 bulan 7 2019.saya R paulus sutrisno di undang PHRI jawa timur sebagai pembicara dalam seminar pemberdayaan home stay di tempat tempat wisata wilayah sumenep madura


Sunday 19 May 2019


Come and join with my blog#Management Housekeeping#

Wednesday 8 May 2019

Management Housekeeping
AJAK MAHASISWA
BELAJAR LANGSUNG

PADA  PRAKTISI PERHOTELAN

Akpar Majapahit Surabaya, kian terdepan. Sekolah tinggi pariwisata itu memiliki banyak program unggulan. Salah satunya, Visit The Hotels.  Program ini tidak diterapkan  di sekolah parisiwata lainnya.


R Paulus W. Soetrisno, M.Par, dosen yang juga Ka-Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit, adalah  penanggungjawab dan  pelaksana  program visit the hotels. Kiprahnya  terbukti telah membawa banyak manfaat bagi mahasiswa dan tentu saja untuk kemajuan kampus.

Visit the hotels ini menjadi sangat penting karena mahasiswa bisa bersentuhan langsung dengan dunia kerja yang sesungguhnya.  Mahasiswa juga bisa belajar langsung pada praktisi perhotelan yang sudah berpengalaman,” ungkap dosen yang akrab disapa Paul itu.
Manfaat lain yang bisa dipetik dari program ini, lanjut Paul,  para dosen  juga  bisa mendapat   bahan  pembanding  dengan materi perkuliahan yang diterapkan  di kampus.  “Dosen bisa  menyamakan   dengan apa yang sudah diajarkan kepada mahasiswanya,”  tegasnya.

Tema atau materi yang  dipelajari mahasiswa pada setiap kunjungan berbeda-beda. Kadang tentang Front Office, Housekeeping, Marketing Hotel, Food  Product, Pastry, Fruit Carving, Cost Control, Purchasing, Banquet  dan lain-lain.
“Program visit the hotels  ini mempelajari semua matakuliah  yang berbasis perhotelan. Kalau kampus lain, hanya belajar tentang table  manner (tata cara makan),” jelasnya. 
Sebelum jadi dosen, pria hitam manis itu pernah  belasan tahun berkarir di hotel bintang.  Dia juga mengantongi  sertifikat asesor kompetensi housekeeping  dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), sejak  2013 hingga sekarang. 

Dengan experiencedan kapasitasnya sebagai asesor, Paul bisa dengan mudah melakukan pendekatan kerjasama dengan hotel-hotel. Menjalankan program agar mutu lulusan menjadi lebih bagus. "Mahasiswa punya kesempatan emas mengenal dunia kerja yang sesungguhnya," simpulnya.
Presdir Tristar Institute Group, Ir. Juwono Saroso, MM, M.Par mengatakan bahwa Paul adalah orang paling tepat  menangani program visit the hotels.  Relasinya cukup luas di dunia perhotelan. 
“Selain relasinya luas, dia juga luwes sehingga mampu menjembatani antara industri perhotelan,  institusi pendidikan dan mahasiswanya. Bisa menjalin kerjasama saling menguntungkan. Semakin hari buhungan  kian  erat,” nilainya.


BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts