Thursday 4 November 2021

ROOM SECTION



BAGIAN KAMAR TAMU
Mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kebersihan,kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.Petugas yang melaksanakan pembersihan,perapian dan melengkapi kebutuhan tamu di kamar.
KEBUTUHAN JUMLAH ROOM ATTENDANT
Jumlah Room Attendant yang di perlukan untuk membersihkan kamar dalam tingkat huni kamar tertentu,disebut staffing.Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam menentukan jumlah staffing :

  1. Menentukan luas dan keadaan kamar yang akan di bersihkan.Hal ini di maksudkan untuk mengetahui secara pasti bentuk,,luas dan situasi ruangan kamar serta kaitan atau hubungan antara satu ruangan dengan ruangan yang lain.Untuk membantu  mendapatkan gambaran yang jelas tentang hal tersebut,biasanya dibuatkan gambar atau floor plan secara rinci.
  2. Menentukan  jenis pekerjaan yang akan di lakukan.Contoh : membersihkan debu kamar dan lain sebagainya.Berapa kali program pembersihan itu akan di laksanakan,hal ini akan di tentukan oleh room attendant yang didasarkan pada tingkat kebersihan yang di kehendaki serta sifat atau karakteristik bahan bangunan yang di pergunakan,kegunaan ruangan,frekwensi penggunaan ruangan serta jumlah tenaga dan jenis peralatan yang tersedia.
  3. Jumlah kamar yang terjual.Total jumlah kamar yang terjual di bagi dengan staff yang ada.
  4. Tingkat produktivitas dari Room Attendant,dimana tingkat produktivitas Room Attendant tesebut juga akan di pengaruhi oleh kemampuannya (pengetahuan,ketrampilan dan perilaku) dalam melaksanaklan tugasnya membersihkan kamar - kamar tamu,dengan menggunakan seluruh peralatan dan bahan pembersih yang ada.
  5. Waktu atau jam produktif yang di pergunakan oleh Room Attendant dalam membersihkan kamar.Maksudnya : jumlah waktu dari keseluruhan waktu kerja dalam satu shift yang di pergunakan untuk membersihkan kamar,atau waktu yang tersisa dari jumlah waktu kerja dalam satu shift ( 8 jam/480 menit) di kurangi dengan jumlah waktu istirahat dan waktu -waktu yang terbuang lainnya.
So come and join with us.......


 


Wednesday 3 November 2021

MANAGEMENT HOUSEKEEPING: MANAGEMENT HOUSEKEEPING: Management Housekeeping Pengertian Housekeeping Housekeeping, terdiri dari 2 suku kata yaitu: house dan keep yang artiny...

Tuesday 2 November 2021


Membersihkan Wastafel,dilaksanakan setiap hari,bahkan ada kalanya dibersihkan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.Kotoran yang menggumpal sering menyumbat saluran pembuangan,seperti rambut,sebaiknya diambil terlebih dahulu sebelum di bersihkan.
Alat dan bahan pembersih yang di perlukan untuk membersihkan wastafel adalah:
  1. Sponge
  2. dry and wet cloth
  3. detergent
  • Prosedur dalam pembersihan adalah :
  1. Bersihkan kaca terlebih dahulu
  2. Bersihkan vanity counter dengan menggunakan detergent
  3. Bersihkan kran yang terbuat dari stainless dengan menggunakan metal polish
  4. Bersihkan bagian luar ,bagian bawah dan saluran pembuangan/leher angsa
  5. Bersihkan wastafel,pertama siram dengan air bersih,kemudian di kasih detergent yang sudah disiapkan dan di sikat atau di gosok dengan menggunakan sponge
  6. Setelah selesai membersihkan,bilas dengan menggunakan air sekali lagi dan di lap dengan menggunakan kain atau cloth untuk dikeringkan.

Monday 1 November 2021

FUNGSI MANAGEMENT HOTEL


Fungsi management adalah proses dari langkah -langkah mulai dari Perencanaan,Stuffing,memimpin dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan organisasi.Banyak pandangan-pandangan yang berbeda dari para ahli mengenai rumusan-rumusan fungsi dari management .
Sehingga sangat di butuhkan dalam suatu management adalah pelatihan untuk mengembangkan Sumber Daya manusia bagi karyawan yang bekerja di bawah naungan management tersebut dan pada akhirnya semua karyawan sudah harus siap berkopetensi dan mempunyai kemampuan yang siap bersaing di bidangnya.
Dengan adanya pelatihan dapat menentukan ukuran kinerja karyawan,dimana management ingin mengetahui apakah hasil pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh  para staffnya sudah sesuai dengan rencana,perintah,tujuan atau kebijakan yang telah ditentukan management.
Pengawasan harus berpedoman pada rencana yang telah ditentukan,perintah terhadap pelaksanaan pekerjaan,tujuan,dan kebijakan-kebijakan.Pelatihan dimaksudkan untuk mencegah adanya complain dari pelanggan ,atau memperbaiki kesalahan,penyimpangan,ketidak sesuaian dan sebagainya.
Tujuan dari pelatihan ini agar hasil dari pelaksanaan pekerjaan tepat sasaran dan sesuai dengan rencana yang telah di tentukan oleh management tersebut.
so come and join with us......


 


Sunday 31 October 2021


Adapun cara mempersiapkan tempat tidur dengan menggunakan teknik yang standar untuk menghemat waktu dan gerak adalah sebagai berikut:
  1. Tarik tempat tidur terlebih dahulu untuk memudahkan pekerjaan dari kedua sisinya.
  2. Angkat semua linen yang kotor,pertama sarung bantal di lepas dari bantalnya kemudian dilipat dan diletakkan di atas kursi yang berdekatan dengan tempat tidur bersama sama dengan bantalnya.
  3. Angkat sprei yang kotor satu persatu dan lipat secara teratur untuk menghemat tempat penyimpanan dan mempermudah membawanya ke Linen Room.
  4. Selimut di lipat dan di letakkan pada tempat yang terpisah dengan linen yang kotor.
  5. Linen yang kotor di keluarkan sambil membaea linen yang bersih.
  6. Sebelum memasang linen yang bersih,kasur terlebih dahulu di balikkan dan periksa kondisi linen serta lihatlah kemungkinan ada barang tamu yang tertinggal.
  7. Pasang dan rapikan  Matrass Pad.
  8. Tebarkan sprei pertama.Perhatikan garis lurus yang ada di sprei harus berada di posisi tengah bed.
  9. Lipat sprei kebawah kasur mulai dari bagian kepala dan bagian kaki,kemudian bagian samping kiri dan atau kanan dengan membentuk sudut 30 derajat atau 45 derajat.
  10. Berikut sprei ke dua ditebarkan diatas sprei pertama dengan kondisi sprei yang terbalik jahitannya menghadap keatas.
  11. Selanjutnya Blanket.
  12. Selanjutnya Top sheet atau sprei ke tiga.
  13. Selanjutnya di buat belt/ikat pinggang.Dan di lipst sesuai dengan lipatan yang pertama.
  14. Setelah selesai jangan lupa untuk kembalikan bed pada posisi awalnya.


Mempersiapkan tempat tidur adalah salah satu dari pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh pramugraha pada waktu membersihkan kamar.Perlu di ketahui bahwa pada waktu tamu masuk kamar,pandangan pertama akan ditujukan kepada kerapihan tempat tidur,dan mereka akan memberikan kesan yang pertama terhadap keseluruhan hotel hanya dengan melihat kerapihan tempat tidur tersebut.
Itu sebabnya tempat tidur harus disiapkan serapih mungkin sebelum tamu masuk kekamarnya.

Tuesday 26 October 2021


Dalam suatu management Housekeeping,kebersihan dan keindahan sangatlah di perlukan.
Dengan perkembangan usaha perhotelan maka menyebabkan harapan tamu juga semakin meningkat,tidak hanya pada soal kebersihan,keamanan dan kenyamanan saja,tetapi juga pada fasilitas yang lebih canggih dan pelayanan yang bersifat personal,artinya tamu lebih menginginkan mendapatkan pelayanan yang dilakukan oleh orang/manusia lanngsung daripada dengan menggunakan mesin.Maka di butuhkan suatu inovasi pelayanan,serta mengurangi  kesenjangan kualitas pelayan itu sendiri.
awali kebersihan dari diri sendiri,disiplin,ataupun rumah kita sendiri.Sehingga membuat betah untuk keluarga yang menempati rumah tersebut,atau Home Sweet Home.

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts