Swimming pool section adalah suatu seksi di housekeeping yang bertugas menangani pemeliharaan,pembersihan kolam renang berserta perlengkapannya dan memberikan pelayanan kepada tamu-tamuyang memerlukan perlengkapan untuk berenang. Bagian ini di pimpin oleh swimming pool manager yang dibantu swimming pool supervisor. Di beberapa hotel Internasional swimming pool section ada di bawah naungan housekeeping department.
1. Perlengkapan Swimming Poll
Perlengkapan penunjang di swimming poll antara lain adalah :
a) Shower Room ( ruang bilas dan ruang ganti pakaian)
b) Toilet Room
c) Foot bath (tempat cuci kaki)
d) Towel (handuk)
e) Locker (tempat menyimpan pakaian/barang milik tamu)
f) Lazy chair (kursi malas/kursi duduk)
g) Pool bar (tempat untuk menyediakan makanan dan minuman)
h) Filter (penetralisir air kolam)
2. Cara Menolong Tamu yang Mengalami Kecelakaan di Swimming Poll
Para tamu yang menggunakan fasilitas kolam renang bisa saja mengalami kecelakaan, baik di kolam renang maupun di luar kolam renang
Macam-macam kecelakaan:
a) Kecelakaan tenggelam
b) Kecelakaan jatuh / terpeleset
Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan apabila ada tamu yang
tenggelam dalam kolam:
a. Pastikan
kemampuan berenang
Untuk
menyelamatkan korban tenggelam, setidaknya Anda membutuhkan keterampilan
renang. Korban yang sering ditolong sering meronta-ronta dan panik, hal ini
menjadi tantangan Anda dalam penyelamatan.
b. Menyelam
dengan bantuan
Pastikan
ada pelampung atau tali yang Anda bawa. Berenanglah menuju korban sambil
menjaga jarak aman Anda dengan korban, hingga membuatnya sampai ke tepi kolam
renang.
c. Periksa jalan
napas
Setelah
korban sampai di tepian, periksalah jalan napas, sirkulasi darah, dan
pernapasan Anda. Bila ia tidak bernapas, cobalah rasakan denyut nadi di
pergelangan tangan atau sisi leher denyut nadi, periksa selama 10 detik.
d.
Prosedur CPR
Bila
korban tidak bernapas dan nadi tidak berdenyut, mulailah lakukan CPR, dengan
meletakkan telapak tangan di tengah dada, serta tempatkan tangan yang lain di
atasnya. Tekan ke bawah, sehingga dada mendapat dorongan sepenuhnya. Lakukan
kompresi ini selama 30 kali. Jika Anda tidak pernah mendapat latihan CPR
sebelumnya, segera minta pertolongan darurat ke rumah sakit terdekat. Ada
baiknya pertolongan ini dilakukan oleh tenaga profesional.
3. Merawat Kolam Renang
Agar kondisi kolam selalu bersih, indah dan menarik, kolam renang harus dirawat setiap hari sehingga kotoran yang ada dapat diatasi.
Jenis–jenis
kotoran yang ada di swimming pool antara lain ;
a. Kotoran yang terapung diatas air
b. Kotoran yang berbaur dengan air
c. Kotoran yang menempel di dinding kolam
d. Kotoran yang mengendap didasar kolam
Cara pemeliharaan swimming pool adalah
sebagai berikut :
a. Kotoran yang terapung diatas air dibersihkan dengan cara menyaring/
mengambil kotoran terasebut dengan strainer
b. Kotoran yang menempel pada dinding kolam disikat dengan hand brush atau
digosok dengan scot bright yang telah dibumbuhi obat pembersih (Fast Go/
Applied 4000).
c. Kotoran yang mengendap di dasar kolam renang divacuuming
Cara
vacuuming :
a. Tancapkan selang vacuum cleaner pada sikat vacuum
b. Selang vacuum cleaner diisi air sampai penuh dengan membenam-membenamkannya
ke dalam kolam
c. Tancapkan ujung selang yang lain pada skinner/lubang saluran penghisap air
ke tabung mesin filter
d. Matikan power mesin filter
e. Tutuplah kran sirkulasi dan kran pembuangan air
f. Buka kran vacuuming
g. Power mesin filter dihidupkan kembali
h. Vacuuming dilakukan secara merata, dimulai dari bagian yang paling dangkal,
menuju kebagian yang paling dalam
i. Setelah selesai matikan power mesin filter
j. Tutup kran untuk vacuuming dan buka kran sirkulasi air
k. Hidupkan lagi power mesin filter sehingga kotoran-kotoran yang
berbaur/bercampur dengan air dikolam renang masuk ke mesin filter dan kemudian
keluar lagi dalam kondisi bersih
Yang perlu diperhatikan disini adalah :
a. Setiap melakukan pemindahan handle klep pada mesin filter, power harus
dalam keadaan mati (off)
b. Bila filter sudah kotor maka harus dibersihkan. Caranya, tutup semua kran.
Buka kran pembuangan air ( dapat dilihat dalam air yang kelihatan pada bagian
atas mesin filter ). Setelah bersih, kran pembuangan air ditutup dan kran
sirkulasi dibuka kembali
c. Strainner/ saringan yang terdapat dibagian bawah mesin filter sebagai
penampung kotoran perlu dibersihkan setiap saat dengan terlebih dulu menutup
kran yang ada, tanpa kecuali. Setelah itu buka saringan tersebut dan kemudian
bersihkan
d. Agar kondisi air dalam kolam renang tetap sehat dan bersih perlu adanya
perawatan secara kontinyu dengan member obat khusus untuk memelihara air kolam,
berupa kaporit 8-10 ons untuk 100 m3 air, dan ditambah HCI bila kondisi air
menurun, yang tampak pada warnanya yang kehijauan
Cara
memberi obat kapurit :
a. Ambil kapurit sesuai ukuran, taruh ke dalam ember
b. Ember diisi air bersih sampai penuh, aduk kapurit hingga larut
c. Diamkan adonan tersebut 15 menit hingga larutan kapurit mengendap
d. Air adonan yang jernih dalam ember dituang kedalam kolam dekat lubang
sirkulasi air
e. Endapan kapurit dalam ember dicampur air lagi, diaduk sampai rata, didiamkan/
diendapkan selama 15 menit
f. Air kapurit yang jernih dituang kedalam kolam pada bagian lain dekat lubang
sirkulasi air
g. Ulangi sampai 3x, dan kali yang terakhir, tuangkan semua sisa kapurit
kedalam kolam renang
Pemberian kapurit dilakukan secara rutin setiap hari, pagi hari sebelum
digunakan oleh tamu, dan sore hari setelah swimming pool ditutup. Bila
pemberian obat terlambat maka air akan menjadi tidak sehat dan membahayakan
para tamu.
Ciri-ciri/ tanda-tanda air kekurangan obat :
a. Air berwarna biru kehijauan
b. Bila untuk berenang, kulit akan terasa gatal
c. Bakteri/ binatang-binatang kecil hidup didalam kolam
Sebaliknya, bila air kelebihan obat :
a. Warna air menjadi biru tua
b. Berat jenis air menurun
c. Bila dipakai untuk berenang, mata akan terasa pedas menjadi kemerah-merahan
sedangkan kulit akan terasa panas/ perih.
Akibat kelebihan chemical:
e. Berat jenis air akan menurun
f. Mata akan mudah terasa pedas sehingga tampak kemerah-merahan
g.Kulit akan terasa pedih dan pedas
General Cleaning:
a. Swimming pool perlu dikuras dan diganti airnya secara berkala dalam waktu yang cukup
b.System sirkulasi air yang baik akan membuat kondisi air selalu bersih dan sehat
c. Kemungkinan perlunya general cleaning:
d. Kondisi air sudah sulit di netralisir
e. Terjadi kerusakan pada motor filter dalam waktu yang cukup lama
f. Adanya kerusakan dinding dan lantai dasar kolam renang
Hal-hal yang harus diperhatikan pada
penggantian air:
a. Proses netralisir air baru bag kolam renang memerlukan waktu antara 3-4 hari
b.Mula-mula air berwarna kuning/coklat, kemudian dengan adanya pembakaran melalui sinar matahari maka air akan berubah menjadi warna biru/normal
4. Melayani Tamu di Swimming Pool
Seperti
sudah dibahas didepan, pengguna swimming pool terdiri dari :
Tamu hotel, yaitu tamu-tamu yang menginap dihotel tempat swimming pool itu
berada. Tamu hotel yang menggunakan fasilitas swimming pool ini tidak dipungut
biaya (free of charge). Para tamu ini cukup menunjukkan kunci kamar atau guest
pass port kepada petugas swimming pool untuk meminjam pool towel.
Cara melayaninya :
1. Begitu tamu datang, sambut dengan greeting yang ramah
2. Tanyakan nomor kamar tamu
3. Tulis nama tamu dan nomor kamarnya dalam pool book
4. Berapa jumlah handuk ( pool towel ) yang mau dipinjamnya
5. Berikan handuk sesuai permintaan tamu
6. Awasi/ pantau selama tamu berenang, mungkin ada order tambahan,
misalnya minta ashtray, lazy chair atau makanan dan
minuman. Order ini harus segera dilayani.
7. Order makanan dan minuman dapat disampaikan kepada petugas/ waiter pool side
restaurant/ bar, atau disampaikan kepada room service untuk ditindaklanjuti.
Setelah tamu selesai berenang dan mengembalikan pool towel, mintalah untuk
membubuhkan tanda tangan dalam pool book sebagai bukti bahwa tamu telah
mengembalikan pool towel.
8. Jangan lupa mengucapkan terima kasih saat tamu meninggalkan swimming pool.
Tamu yang tidak menginap di hotel (out side guest )
Cara melayaninya :
1. Sambutlah tamu dengan greeting
2. Tanyakan voucher/ tiket kepada tamu
3. Bila belum membawa, mohonlah untuk membeli tiket terlebih dahulu di Front
Office Cashier ( FOC ). Biasanya pada voucher/ tiket terdapat extra soft drink.
Jadi tamu luar yang berenang akan mendapatkan minuman secara cuma-cuma. Namun
ada juga hotel yang menerapkan kebijakan bahwa tamu luar yang berenang dengan
membeli tiket tidak diberi soft drink gratis
4. Tulis dalam pool book nama tamu serta jumlah towel yang dikehendaki
5. Tanyakan juga jenis soft drink yang mau dipesan (bila tertera pada
tiket)
6. Layani permintaan tamu
7. Ucapkan terima kasih ketika tamu meninggalkan swimming pool.
Disamping itu pool attendant juga bertugas menjaga kebersihan sekitar swimming
pool serta bertanggung jawab terhadap pool towel/ handuk yang digunakan oleh
para tamu. Setelah tamu selesai berenang, semua pool towel dikumpulkan dan
dibawa ke linen room untuk ditukarkan dengan pool towel yang bersih.
Kerusakan pada perlengkapan swimming pool harus segera dilaporkan kepada
supervisor agar dibuatkan work order ( WO ) kepada Engineering Department untuk
segera diperbaiki. Jika ditemukan barang milik tamu yang tertinggal dipool area
segera laporkan kepada supervisor untuk disimpan di Housekeeping Office bagian
lost and found, supaya apabila ada tamu yang mencari segera dapat diberikan.
0 komentar:
Post a Comment