Sunday 26 September 2021

 

   Swimming Poll


Swimming pool section adalah suatu seksi di housekeeping yang bertugas menangani pemeliharaan,pembersihan kolam renang berserta perlengkapannya dan memberikan pelayanan kepada tamu-tamuyang memerlukan perlengkapan untuk berenang. Bagian ini di pimpin oleh swimming pool manager yang dibantu swimming pool supervisor. Di beberapa hotel Internasional swimming pool section ada di bawah naungan housekeeping department.

 

1.     Perlengkapan Swimming Poll

Perlengkapan penunjang di swimming poll antara lain adalah :

a)      Shower Room ( ruang bilas dan ruang ganti pakaian)

b)      Toilet Room

c)      Foot bath (tempat cuci kaki)

d)     Towel (handuk)

e)      Locker (tempat menyimpan pakaian/barang milik tamu)

f)       Lazy chair (kursi malas/kursi duduk)

g)      Pool bar (tempat untuk menyediakan makanan dan minuman)

h)      Filter (penetralisir air kolam)

 

2.     Cara Menolong Tamu yang Mengalami Kecelakaan di Swimming Poll

Para tamu yang menggunakan fasilitas kolam renang bisa saja mengalami kecelakaan, baik di kolam renang maupun di luar kolam renang

Macam-macam kecelakaan:

a)      Kecelakaan tenggelam

b)      Kecelakaan jatuh / terpeleset

 

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan apabila ada tamu yang tenggelam dalam kolam:

a.       Pastikan kemampuan berenang

Untuk menyelamatkan korban tenggelam, setidaknya Anda membutuhkan keterampilan renang. Korban yang sering ditolong sering meronta-ronta dan panik, hal ini menjadi tantangan Anda dalam penyelamatan.

b.      Menyelam dengan bantuan

Pastikan ada pelampung atau tali yang Anda bawa. Berenanglah menuju korban sambil menjaga jarak aman Anda dengan korban, hingga membuatnya sampai ke tepi kolam renang.

c.       Periksa jalan napas

Setelah korban sampai di tepian, periksalah jalan napas, sirkulasi darah, dan pernapasan Anda. Bila ia tidak bernapas, cobalah rasakan denyut nadi di pergelangan tangan atau sisi leher denyut nadi, periksa selama 10 detik.

d.      Prosedur CPR

Bila korban tidak bernapas dan nadi tidak berdenyut, mulailah lakukan CPR, dengan meletakkan telapak tangan di tengah dada, serta tempatkan tangan yang lain di atasnya. Tekan ke bawah, sehingga dada mendapat dorongan sepenuhnya. Lakukan kompresi ini selama 30 kali. Jika Anda tidak pernah mendapat latihan CPR sebelumnya, segera minta pertolongan darurat ke rumah sakit terdekat. Ada baiknya pertolongan ini dilakukan oleh tenaga profesional.

 

 

3.     Merawat Kolam Renang

Agar kondisi kolam selalu bersih, indah dan menarik, kolam renang harus dirawat setiap hari sehingga kotoran yang ada dapat diatasi.

Jenis–jenis kotoran yang ada di swimming pool antara lain ;
a. Kotoran yang terapung diatas air
b. Kotoran yang berbaur dengan air
c. Kotoran yang menempel di dinding kolam
d. Kotoran yang mengendap didasar kolam

 

Cara pemeliharaan swimming pool adalah sebagai berikut :
a. Kotoran yang terapung diatas air dibersihkan dengan cara menyaring/ mengambil kotoran terasebut dengan strainer
b. Kotoran yang menempel pada dinding kolam disikat dengan hand brush atau digosok dengan scot bright yang telah dibumbuhi obat pembersih (Fast Go/ Applied 4000).
c. Kotoran yang mengendap di dasar kolam renang divacuuming
 

Cara vacuuming :
a. Tancapkan selang vacuum cleaner pada sikat vacuum
b. Selang vacuum cleaner diisi air sampai penuh dengan membenam-membenamkannya ke dalam kolam
c. Tancapkan ujung selang yang lain pada skinner/lubang saluran penghisap air ke tabung mesin filter
d. Matikan power mesin filter
e. Tutuplah kran sirkulasi dan kran pembuangan air
f. Buka kran vacuuming
g. Power mesin filter dihidupkan kembali
h. Vacuuming dilakukan secara merata, dimulai dari bagian yang paling dangkal, menuju kebagian yang paling dalam
i. Setelah selesai matikan power mesin filter
j. Tutup kran untuk vacuuming dan buka kran sirkulasi air
k. Hidupkan lagi power mesin filter sehingga kotoran-kotoran yang berbaur/bercampur dengan air dikolam renang masuk ke mesin filter dan kemudian keluar lagi dalam kondisi bersih


Yang perlu diperhatikan disini adalah :
a. Setiap melakukan pemindahan handle klep pada mesin filter, power harus dalam keadaan mati (off)
b. Bila filter sudah kotor maka harus dibersihkan. Caranya, tutup semua kran. Buka kran pembuangan air ( dapat dilihat dalam air yang kelihatan pada bagian atas mesin filter ). Setelah bersih, kran pembuangan air ditutup dan kran sirkulasi dibuka kembali
c. Strainner/ saringan yang terdapat dibagian bawah mesin filter sebagai penampung kotoran perlu dibersihkan setiap saat dengan terlebih dulu menutup kran yang ada, tanpa kecuali. Setelah itu buka saringan tersebut dan kemudian bersihkan
d. Agar kondisi air dalam kolam renang tetap sehat dan bersih perlu adanya perawatan secara kontinyu dengan member obat khusus untuk memelihara air kolam, berupa kaporit 8-10 ons untuk 100 m3 air, dan ditambah HCI bila kondisi air menurun, yang tampak pada warnanya yang kehijauan

 

Cara memberi obat kapurit :
a. Ambil kapurit sesuai ukuran, taruh ke dalam ember
b. Ember diisi air bersih sampai penuh, aduk kapurit hingga larut
c. Diamkan adonan tersebut 15 menit hingga larutan kapurit mengendap
d. Air adonan yang jernih dalam ember dituang kedalam kolam dekat lubang sirkulasi air
e. Endapan kapurit dalam ember dicampur air lagi, diaduk sampai rata, didiamkan/ diendapkan selama 15 menit
f. Air kapurit yang jernih dituang kedalam kolam pada bagian lain dekat lubang sirkulasi air
g. Ulangi sampai 3x, dan kali yang terakhir, tuangkan semua sisa kapurit kedalam kolam renang
Pemberian kapurit dilakukan secara rutin setiap hari, pagi hari sebelum digunakan oleh tamu, dan sore hari setelah swimming pool ditutup. Bila pemberian obat terlambat maka air akan menjadi tidak sehat dan membahayakan para tamu.
Ciri-ciri/ tanda-tanda air kekurangan obat :
a.  Air berwarna biru kehijauan
b.  Bila untuk berenang, kulit akan terasa gatal
c.  Bakteri/ binatang-binatang kecil hidup didalam kolam
Sebaliknya, bila air kelebihan obat :
a. Warna air menjadi biru tua
b.  Berat jenis air menurun
c.  Bila dipakai untuk berenang, mata akan terasa pedas menjadi kemerah-merahan sedangkan kulit akan terasa panas/ perih.


Akibat kelebihan chemical:

e. Berat jenis air akan menurun

f. Mata akan mudah terasa pedas sehingga tampak kemerah-merahan

g.Kulit akan terasa pedih dan pedas

 

General Cleaning:

a. Swimming pool perlu dikuras dan diganti airnya secara berkala dalam waktu yang cukup

b.System sirkulasi air yang baik akan membuat kondisi air selalu bersih dan sehat

c. Kemungkinan perlunya general cleaning:

d.   Kondisi air sudah sulit di netralisir

e. Terjadi kerusakan pada motor filter dalam waktu yang cukup lama

f. Adanya kerusakan dinding dan lantai dasar kolam renang

 

Hal-hal yang harus diperhatikan pada penggantian air:

a. Proses netralisir air baru bag kolam renang memerlukan waktu antara 3-4 hari

b.Mula-mula air berwarna kuning/coklat, kemudian dengan adanya pembakaran melalui sinar matahari maka air akan berubah menjadi warna biru/normal

 

4.     Melayani Tamu di Swimming Pool

Seperti sudah dibahas didepan, pengguna swimming pool terdiri dari :
Tamu hotel, yaitu tamu-tamu yang menginap dihotel tempat swimming pool itu berada. Tamu hotel yang menggunakan fasilitas swimming pool ini tidak dipungut biaya (free of charge). Para tamu ini cukup menunjukkan kunci kamar atau guest pass port kepada petugas swimming pool untuk meminjam pool towel.
Cara melayaninya :
1. Begitu tamu datang, sambut dengan greeting yang ramah
2.  Tanyakan nomor kamar tamu
3. Tulis nama tamu dan nomor kamarnya dalam pool book
4. Berapa jumlah handuk ( pool towel ) yang mau dipinjamnya
5. Berikan handuk sesuai permintaan tamu
6.  Awasi/ pantau selama tamu berenang, mungkin ada order tambahan,     misalnya minta ashtray, lazy chair atau makanan dan minuman. Order ini harus segera dilayani.
7. Order makanan dan minuman dapat disampaikan kepada petugas/ waiter pool side restaurant/ bar, atau disampaikan kepada room service untuk ditindaklanjuti. Setelah tamu selesai berenang dan mengembalikan pool towel, mintalah untuk membubuhkan tanda tangan dalam pool book sebagai bukti bahwa tamu telah mengembalikan pool towel.
8. Jangan lupa mengucapkan terima kasih saat tamu meninggalkan swimming pool.
Tamu yang tidak menginap di hotel (out side guest )


Cara melayaninya :
1.  Sambutlah tamu dengan greeting
2.  Tanyakan voucher/ tiket kepada tamu
3. Bila belum membawa, mohonlah untuk membeli tiket terlebih dahulu di Front Office Cashier ( FOC ). Biasanya pada voucher/ tiket terdapat extra soft drink. Jadi tamu luar yang berenang akan mendapatkan minuman secara cuma-cuma. Namun ada juga hotel yang menerapkan kebijakan bahwa tamu luar yang berenang dengan membeli tiket tidak diberi soft drink gratis
4. Tulis dalam pool book nama tamu serta jumlah towel yang dikehendaki
5.  Tanyakan juga jenis soft drink yang mau dipesan (bila tertera pada tiket)
6. Layani permintaan tamu
7.  Ucapkan terima kasih ketika tamu meninggalkan swimming pool.


Disamping itu pool attendant juga bertugas menjaga kebersihan sekitar swimming pool serta bertanggung jawab terhadap pool towel/ handuk yang digunakan oleh para tamu. Setelah tamu selesai berenang, semua pool towel dikumpulkan dan dibawa ke linen room untuk ditukarkan dengan pool towel yang bersih.


Kerusakan pada perlengkapan swimming pool harus segera dilaporkan kepada supervisor agar dibuatkan work order ( WO ) kepada Engineering Department untuk segera diperbaiki. Jika ditemukan barang milik tamu yang tertinggal dipool area segera laporkan kepada supervisor untuk disimpan di Housekeeping Office bagian lost and found, supaya apabila ada tamu yang mencari segera dapat diberikan.


0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts