Friday 24 March 2017

MANAGEMENT HOUSEKEEPING -SERTIFIKASI BAGI PEMILIK HOME STAY
Demi meningkatkan pelayanan kepada pengunjung di Kawasan Wisata Malang para pemilik penginapan (homestay) di kawasan ini kini mengikuti sertifikasi yang di uji langsung oleh para Asesor yang sudah berpengalaman di bidangnya..
Sasaran Sertifikasi  ini adalah para pemilik homestay di kawasan wisata malang, agar tetap terjamin mutu dan kualitasnya.Dengan adanya sertifikasi ini diharapkan para pemilik Home stay mengerti tentang bagaimana menyambut tamu, kebersihan kamar dan kamar mandi dan memanjakan tamu yang menginap di home staynya.
pada saat Sertifikasi   banyak penekanan terutama pada kebersihan kamar mandi. Pasalnya, kenyamanan tamu sangat bergantung pada bersih tidaknya kamar mandi.
Selain soal kondisi fisik homestay, materinya  mencakup tentang pelajaran Bahasa Indonesia dan sekilas Bahasa Inggris.
Para Asesor yang Kompeten di bidang sertifikasi Home stay Siap untuk Menguji dan melatih para pemilik home stay agar usaha nya dapat berkembang dan juga bisa bersaing ditengah perkembangan hotel saat ini.
Dalam rantai perjalanan wisata, akomodasi merupakan aspek yang tidak dapat terpisahkan. Dewasa ini, salah satu jenis akomodasi dalam kegiatan wisata adalah homestay.Homestay atau pondok wisata adalah usaha perorangan dengan mempergunakan sebagian dari rumah tinggalnya untuk penginapan bagi wisatawan dengan perhitungan pembayaran harian. Pengusahaan pondok wisata juga dapat menyediakan jasa pelayanan makan dan minum sebagai tambahan jasa. Untuk menjadi tempat pondok wisata harus memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.Sehingga Kami Para Asesor siap melatih para pemilik Home stay dengan Kemampuan yang kami punya untuk memajukan Pariwisata di Indonesia

Thursday 9 March 2017

Management Housekeeping Sertifikasi Uji Kopetensi SMK

Uji Sertifikasi Profesi Dan Uji Kopetensi Bidang Housekeepng.

















Untuk housekeeping: “cara membersihkan kamar tamu”
1. Prepare trolley dan isi trolley dengan linen, guest ammenities dan guest suplies 
2.Setelah didepan kamar, knocking the door dan ucapkan housekeeping, jika tidak di jawab, ulangi 2x lagi. 
3. Lalu open the door, buka pintu sedikit dan jangan ada cahaya masuk ke dalam agar suara terdengar kedalam kamar dan ucapkan “excusme housekeeping”. 
4. Kemudian entering, Jika tetap tidak ada jawaban lalu buka pintu secara utuh dan nyalakan lampu, kemudian buka gordyn agar cahaya dapat masuk dari luar ruangan. 
5. Stripping the bed, buka susunan sheet dari kasur satu persatu, kibaskan untuk mengetahui bila ada barang tamu yang tertinggal. 
6. Checking, membuka lemari dan pintu / laci meja, bertujuan mengetahui bila ada barang tamu yang tertinggal dan bawa sheet kotor keluar dan masukan kedalam trolley.   
7. Making the bed, ambil sheet bersih dari trolley dan pasangkan pada kasur. 
8. Kemudian cleaning bathroom 
9. Lalu bersihkan furniture di kamar dengan furniture polish dan dust cloth 
10. Terakhir bila kamar menggunakan karpet,bersihkan kamar menggunkan vacum cleaner 
11. Bila kamar menggunakain lantai keramik, dusting menggunakan lobby duster
Ujian Praktik Kejuruan dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Perangkat ujian praktik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan peserta uji dapat berlatih menggunakan perangkat ujian tersebut sebelum pelaksanaan ujian.
Uji Kompetensi adalah ajang dimana siswa dilakukan pengujian ketrampilan yang telah dikuasai. Hal ini dilakukan oleh pihak dunia industri (Hotel) dan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi).
 “Untuk itu, dengan sudah dimilikinya sertifikasi oleh para housekeeping hotel maka sikap jujur harus dikedepankan selain bekerja dengan baik.


Wednesday 1 February 2017

HOTEL MANAGEMENT,WIRA USAHA
Salah satu usaha dari para mahasiswa dalam menjualkan produk yang mereka dapat dari pembelajaran di Akpar Majapahit Surabaya.Kerja keras dan Team Work yang kuat dalam mencapai sukses bersama.
Dengan usaha yang keras dalam memasarkan hasil karya mereka,dan juga melewati beberapa tantangan akhirnya para mahasiswa dapat menikmati hasil dari kerja keras mereka,jadi tunggu apalagi segera bergabung dengan kami di Akpar Majapahit Raya Jemur Sari no 244 Surabaya.


Monday 30 January 2017


Thursday 26 January 2017

  Pelatihan Housekeeping di Prigen


          AKPAR Majapahit kembali dipercaya Yayasan Kaliandra meng-handle pelatihan housekeeping (HK) kepada 15 karyawan Yayasan Kaliandra  yang berlokasi di Prigen, Pasuruan, Jatim.
      Sebelum terjun ke lapangan untuk praktek housekeeping,karyawan harus melalui sesi teori,agar apa yang mereka dapat selama di teori dapat di aplikasikan pada praktek nyata.
          Materi pelatihan pada hari pertama meliputi leadership dan basic minimum standard. Pada hari kedua, peserta dibekali tentang standard operation procedure (SOP). Hari ketiga tentang jobs description, sedangkan materi pada hari keempat meliputi conduct phone, don’t disturb, entering guest room, from complaint to compliment, hospitality attitude, check room status, check quality, I ensure that equipment is in good working, I ensure that the guest personal effects, I know and aware, I know how to answer telephone, I know the key issued, I clean refrigerator, loan intem, lost & found dan masih banyak lagi.
          Sementara itu pada pelatihan hari kelima, peserta dikenalkan tentang form-form yang biasa digunakan di housekeeping. Untuk pelatihan hari keenam diajarkan langkah-langkah pembersihan kamar sesuai standard internasional, sedangkan hari ketujuh materinya SOP dan hari kedelapan (terakhir) membahas tentang role play (mengevaluasi ulang materi hari pertama sampai ketujuh).
  Setelah sesi teori,mereka harus mampu mengaplikasikan pada praktek.Dan hasilnya meraka dapat melakukan dengan baik.
        
   

Jadi Asesor Kompetensi Housekeeping Berskala Nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) 
DOSEN D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, R. Paulus W. Soetrisno M.Par, sejak 2013 silam resmi mengantongi sertifikat sebagai asesor kompetensi housekeeping berskala nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan Nomor Registrasi: 000.001679.2013.

Dengan bekal sertifikat sebagai asesor dari BNSP tersebut, maka aktivitas R. Paulus W. Soetrisno semakin menumpuk. Tidak hanya mengurusi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, tetapi juga menjadi asesor kompetensi housekeeping dari hotel ke hotel, sesuai penugasan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Nasional.
Di Jatim sendiri ada dua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yakni LSP Pariwisata Nasional dan LSP Kohespa. Dua LSP ini merupakan kepanjangan tangan BNSP di daerah, khususnya di Surabaya dan Jatim pada umumnya.
Menurut Paulus, perusahaan (hotel) dinyatakan sehat itu kalau karyawannya mengikuti sertifikasi kompetensi profesi yang disyaratkan BNSP. Mengingat posisinya sebagai asesor kompetensi profesi housekeeping, maka penugasan dari LSP Pariwisata Nasional fokus pada bidang housekeeping di hotel-hotel.
Di industri pariwisata khususnya perhotelan, BNSP membagi beberapa asesor yakni Housekeeping, Food & Beverage (FB) Product (Kitchen dan Pastry), Front Office (FO) dan Food & Beverage Service (FBS), termasuk Bar dan Waiters atau Waitress.  
Nah, terkait dengan penugasan LSP Pariwisata Nasional, maka Paulus Soetrisno pada  hari Rabu (19/10/2016) lalu, mengasesori sejumlah karyawan Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya Jl. Raya Darmo No. 68-78 Surabaya bersama dua orang asesor lainnya.
Kemudian pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2016, ia bersama empat asesor lainnya dari Surabaya dan Jakarta mendapat penugasan dari BNSP untuk mengasesori seorang pejabat hotel dalam Skema Okupasi Asean  di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.
Sementara itu, pada Rabu (31/08/2016) lalu, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit ini juga mengasesori sejumlah karyawan The Sun Hotel Jl Letjen S. Parman No. 5 Madiun, khususnya kompetensi profesi housekeeping.
Sebelumnya Paulus W. Soetrisno juga mendapat penugasan dari LSP Pariwisata Nasional untuk mengasesori karyawan Hotel Bisanta Bidakara Surabaya, khususnya kompetensi profesi housekeeping. Kegiatan itu berlangsung pada Kamis (16/06/2016) dan Jumat (03/06/2016).
Di lingkungan Kampus Akpar Majapahit, selain R. Paulus W. Soetrisno M.Par, yang sudah mengantongi sertifikat sebagai asesor Pastry dan FB Product dari BNSP adalah Asisten Direktur II Bidang Keuangan dan Umum  Akpar Majapahit, Otje Herman Wibowo, SE., M.Par, Adeline Nadia Daniel menjadi asesor Kitchen dan FB Product serta Evie Mulyasari Dewi. S.Apt, juga menjadi asesor Kitchen dan FB Product.
Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa dan segenap civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya

Monday 23 January 2017

KEWIRAUSAHAAN


BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts