Tuesday 17 September 2019


training is defined as any attempt to improve employee performance on a
currently held job or one related to it. This usually means changes in spesific
knowledge, skills, attitudes, or behaviors”. Pernyataan tersebut dapat diartikan
bahwa suatu pelatihan merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan
pada pekerjaan yang sedang dilakukan ataupun yang ada hubungannya dengan
pekerjaan tersebut. Hal ini biasanya berarti perubahan dalam aspek pengetahuan,
keterampilan, sikap, ataupun perilaku. Berdasarkan dua pernyataan tersebut, dapat
diketahui bahwa adanya hubungan antara pelatihan dengan kinerja karyawan yang
mana pelatihan memang digunakan oleh organisasi untuk meningkatkan kinerja
karyawannya apabila hasil kinerja yang telah dicapai tidak sesuai dengan target
kinerja yang diharapkan ataupun sebagai upaya untuk pengembangan kualitas
sumber daya manusianya yang sudah direncanakan oleh pihak manajemen.
Program IN HOUSE TRAINING Housekeeping dirancang untuk kebutuhan mereka yang yang dalam waktu singkat ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang perhotelan khususnya Housekeeping. Program ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah pernah memiliki pengalaman kerja di bidang hospitality dan ingin melakukan upgrading skill dan knowledge.

Program in house training  ini terbukti praktis dan efektif untuk meningkatkan skill dan karakternya agar lebih professional dalam berkarir di PT Tanjung Muara Enim. Tujuan diselenggarakan in house traing ini adalah untuk mencetak tenaga terampil siap kerja di bidang Housekeeping Hotel tingkat ahli pratama yang siap untuk melaksanakan kegiatan operasional Housekeeping mulai dari penanganan tamu check in sampai dengan check out.

Apa yang Akan Dipelajari?
  • Intro to housekeeping
  • Grooming & greeting
  • Service excellent
  • Public area maintenance
  • Practice public area cleaning
  • Room attendant
  • Practice making bed
  • Lost and found
  • Inventory dan linen
  • Procedure make-up room dan room status.
  • Evaluasi (Make up room)










  • Lost and found
  •  

Thursday 5 September 2019



Sunday 1 September 2019



TRAINING HOUSEKEEPING





Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di dalam hotel. Selain itu Housekeeping department merupakan bagian rumah tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan / pembersihan semua kamar tamu, ruang kantor, lobby, terrace, corridors, lift / elevator, toilet umum, public space, locker’s room, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir.
Tujuan Program :
Menghasilkan Tenaga pelaksana yang berkepribadian, berpengetahuan dan terampil dalam melaksanakan tugas pelayanannya jasa graha serta mampu melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin di jasa graha.
Pelatihan Tata Graha / Housekeeping adalah sumber investasi sumberdaya manusia dalam jangka panjang agar dapat diberdayakan secara optimal serta efektif dalam pekerjaan.karena suasana yang bersih dan nyaman menimbulkan efek positf bagi konsumen.untuk itu PT.HARUM TAMI RAYA MANADO melakukan training untuk para supervisornya dalam hal meningkatkan kompetensi house keeping yang di latih oleh ASESOR BNSP Nasioal. R.paulus soetrisno di rock hotel Surabaya tanggal 26 agustustu 2019
Kompetensi / Capaian Pembelajaran :
Setelah menyelesaikan program ini, lulusan diharapkan mampu :
  1. Memahami arti dan fungsi pentingnya Tata Graha di Hotel.
  2. Menggunakan alat dan bahan pembersih dengan baik.
  3. Memahami perlengkapan Kamar Tamu dan Ruang Tamu.
  4. Membersihkan Kamar Tamu dan Ruangan Umum, lena, seragam dan binatu
  5. Menata dekorasi Ruangan Umum, Kamar Tamu serta Pertamanan.
  6. Melayani Keluhan Tamu.
  7. Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
  8. Mengadakan, menyimpan dan Menginventorikan alat / bahan yang diperlukan untuk operasional Tata Graha.

Bidang mangemen house keeping
1.mempunyai motivasi dan soft skill yang baik
2.menguasai bidang tehnik yang diberikan pelatihan khusus
3.beban pekerjaan akan disesuaikan denganluas area pekerjaan.beban kerja serta jam kerja

Thursday 8 August 2019

R.paulus soetrisno sebagai asesor kompetensi dari BNSP Di tunjuk sebagai pembicara  

dalam acara Bimbingan Teknis Pada Skema Klaster Housekeeping Hotel Tidar Malang 

6-7 agustus 2019.

Asesmen   dilakukan   oleh    asesor,    dimana    materi    uji     dibuat    dan


dikembangkan oleh asesor. Uji kompetensi (UJK) harus dilakukan oleh

asesor uji kompetensi yang telah memiliki sertifikat asesor

kompetensi sebagaimana diatur dalam pedoman BNSP. Posisi asesor

kompetensi adalah penting karena bertanggung jawab pada penentuan

kompetensi seseorang apakah seorang telah kompeten atau belum.

Dapat dikatakan asesor menjadi kunci penentu utama dalam serangkaian

kegiatan pelatihan ataupun pengakuan atas kompetensi seseorang.

Program Uji Kompetensi dan Sertifikasi Profesi Telematika merupakan program sosialisasi dan promosi TUK House keeping.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat menunjang realisasi pengembangan Sumber Daya Manusia house keeping dengan menerapkan sertifikasi house keeping yang didukung dengan sarana dan prasarana sehingga berpengaruh terhadap peningkatan mutu SDM yang tersertifikasi dan kompeten.

Program ini akan berjalan lancar, apabila didukung oleh pihak terkait.


Skema Sertifikasi Klaster Housekeeping
Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pariwisata Sub Sektor Hotel dan Restauran, Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Nomor: KEP.239/MEN/X/2004 Tanggal 19 Oktober 2004

KOMPETENSI UMUM
NO
KODE UNIT
JUDUL UNIT KOMPETENSI
1
PAR.UJ01.001.01
Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
2
PAR.HT01.003.01
Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan Dan Keamanan Di Tempat Kerja
KOMPETENSI INTI
1
PAR.HT-HK.002.02
Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan
2
PAR.HT-HK.003.02
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
3
PAR.HT-HK.005.02
Menyediakan Jasa Valet
KOMPETENSI KHUSUS
1
PAR.HT-HK.004.02
Menangani Linen dan Pakaian Tamu
2
PAR.HT-HK.006.02
Melaksanakan Sistem Inventarisasi
3
PAR.HT02.026.01
Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu


Monday 5 August 2019

Pelatihan Manajemen Usaha Jasa Pariwisata- Usaha Jasa Pariwisata memegang peranan penting dalam meningkatkan pendapatan daerah dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan, karena usaha jasa pariwisata  dapat mempertemukan permintaan antar daerah. Potensi pariwisata Indonesia sangatlah besar baik dari potensi wisata budaya, wisata belanja ataupun wisata pendidikan. Dalam mengembangkan pariwisata tentunya didukung oleh industri-industri atau usaha-usaha terkait dengan pariwisata sesuai dengan Undang-Undang Pariwisata No.10 Tahun 2009. Dalam perkembangannya usaha-usaha pariwisata tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda dan memegang peranan yang sangat penting dalam rantai nilai pariwisata dan industri pariwisata. Sebagai contoh usaha akomodasi telah terbagi menjadi beberapa golongan, mulai dari homestay, hotel melati sampai dengan hotel berbintang. Namun demikian tidak atau belum semua usaha pariwisata telah mempunyai klasifikasi dan persyaratan teknis usahanya. Pelatihan ini bertujuan memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan untuk mendampingi usaha jasa pariwisata yang ada.
Oleh karena itu, diselenggarakan Pelatihan Manajemen Usaha Jasa Pariwisata, yang berbasis pada standar usaha pariwisata. Pelatihan ini berdurasi 2 hari. Adapun materi pelatihan meliputi Pengetahuan Undang-Undang No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, Pemahaman Standar Usaha Pariwisata,  Penyelenggaraan daya tarik dan kawasan wisata, Penyelenggaraan jasa transportasi dan perjalanan wisata, Penyelenggaraan Jasa penyediaan akomodasi dan layanan makanan dan minuman, Penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi, Penyelenggaraan MICE, Penyelenggaraan jasa informasi dan konsultan pariwisata, Penyelenggaraan jasa pramuwisata dan Penyelenggaraan Usaha SPA.pada tanggal 9 bulan 7 2019.saya R paulus sutrisno di undang PHRI jawa timur sebagai pembicara dalam seminar pemberdayaan home stay di tempat tempat wisata wilayah sumenep madura


BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts