Tuesday 13 December 2016

MENGHILANGKAN NODA DAN KARAT

Jenis- jenis noda dan cara menghilangkan,dibawah ini akan di jelaskan beberapa noda yang sering dijumpai pada waktu membersihkan kamar,dimana noda noda tersebut sering mengotori berbagai jenis linen yang terdapat di dalam kamar.
ada jenis noda dan cara menghilangkannya :
  1. Karat : Bila karat mengenai/menodai karpet,linen atau kursi sofa, dapat di gunakan sikat plastik yang agak lembut atau scrap untuk menghilangkan ketebalan karat yang melekat pada permukaan bahan tersebut.Gunakan bahan pembersih yang terdiri dari campuran Lemon Juice and salt,kemudian di bilas dengan menggunakan air bersih dan di keringkan.Jika hasilnya kurang memuaskan,dapat di coba dengan menggunakan bahan kimia Oxalic Acid di campur dengan air dengan perbandingan 1 : 50, atau dapat juga menggunakan campuran air dan amonia atau Sodium Bicorbonate dengan perbandingan 1 : 50 dengan maksud untuk menetralisir noda acid yang ada pada karat.
  2. Minuman Alkohol : Bahan kain lainnya yang terkena minuman alkohol biasanya akan meninggalkan bekas sesuai dengan warna minuman tersebut,jika terjadi maka langkah pertama yang harus di lakukan adalah mencelupkan bagian kain yang terkena minuman alkohol kedalam air dingin kemudian gosoklah dengan menggunakan sponge yang mengandung cairan detergen,setelah itu di bilas dengan menggunakan air bersih,jika noda masih terlihat,tuangkan beberapa tetes vinegar kemudian di bilas kembali degan menggunakan air bersih.
  3. Darah : Rendamlah linen yang terkena noda darah dalam air dingin,kemudian cucilah dengan air detergent hangat.Jika noda daarah masih terlihat,celupkan kain sekali lagi kedalam air hangat yang di campur amonia dengan perbandingan 3 sendok amonia dalam satu galon air selama kurang lebih 1 jam.Setelah itu cucilah dengan menggunakan detergent
  4. Kosmetik : Gunakan busa yang mengandung buih detergent untuk menggosok bagian yang terkena noda kosmetik secara berulang-ulang.Usahakan proses menghilangkan noda kosmetik dilakukan sebelum noda kosmetik tersebut menjadi kering.
  5. Telur : Yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan air panas untuk menghilangkan noda telur,karena air panas akan menjadikan noda telur manjadi kering dan menempel kuat pada kain.Bila noda telur sudah menjadi kering gunakan scrab untuk mengurangi ketebalan noda telur,kemudian gosok dengan menggunakan sponge dan air dingin.Lalu cucilah dengan menggunakan detergent dan bahan pemutih kain / bleach ssesering mungkin.
  6. Buah-buahan : Gosoklah dengan sponge dan air dingin,bila noda belum hilang gunakan air panas untuk menggosok/menguceknya.Jika noda masih terlihat gunakan campuran lemon juice.Setelah itu bilas dengan menggunakan air yang dicampur beberapa tetes vinegar,kemudian di cuci  secara normal.
  7. Rumput-Rumputan : Cucilah dengan menggunakan air detergent dan bahan pemutih (Bleach)Jika masih membekas,biarkan kain kering terlebih dahulu kemudian gosoklah bagian yang terkena noda dengan menggunakan sponge dan cairan alkohol.
  8. Gemuk : Hapuslah terlebih dahulu gemuk yang melekat dengan menggunakan kain kering.Kemudian gosoklah dengan menggunakan sponge dan cairan detergent,setelah itu baru di cuci.
  9. Tinta : Cucilah kain yang terkena tinta dengan menggunakan air yang di campur dengan detergent dan bahan pemutih (bleach)
  10. Cat : Jenis  noda ini sangat sulit dihilangkan,apalagi bila cat minyak yang terkena kain.Jika terjadi harus di ingat langkah - langkahnya sebagai berikut : Usahakan untuk menghilangkan cat sebelum mengering dan gunakan turpentin dimana kain yang terkena cat minyak di celupkan dalam larutan tersebut kemudian di cuci dengan menggunakan cairan detergent.Lakukan berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts