Sunday, 4 September 2022

 MANAGEMENT HOUSEKEEPING

Seseorang mungkin dikaruniai  berbagai potensi dan keahlian yang dapat di pakai sebagai modal kerja.Kombinasi  bakat dan potensi ini mengantar seseorang menjadi multi talenta/multi skill.

Management perusahaan menyadari bahwa mempekerjakan staff dan supervisor dengan multi skill  lebih menguntungkan bila mana perusahaan trus berkembang sehingga memerlukan pekerja dengan keahlian ganda.

Sebagai contoh : jika hotel membutuhkan seorang supervisor di bagian front office,maka hotel bisa memilih staff yang ada di bagian housekeeping.Ini dikarenakan staff yang ada di housekeeping sudah mengenali sistem yang ada di front office dan kode yang di pakai.Jika itu berbuhubungan dengan sistem keuangan,staff tersebut juga bisa di promosikan karena pernah melakukan perhitungan perhitungan,misalnya dalam menghitung pengeluaran ekstra bed dan berapa harga yang akan di input ke sistem komputer sehingga balance dengan laporan keuangan.

Ataupun jika berhubungan dengan komunikasi  seperti tentang informasi seputar produk knowledge hotel atau front office ataupun seputar wisata daerah tempat hotel itu berada adapat di jelaskan dengan baik oleh staff dari housekeeping,dimana seorang staff housekeeping juga biasanya menjalin komunikasi pada waktu membersihkan kamar yang ada tamunya.

Dengan memakai staff yang mempunyai kemampuan multi skill maka hotel akan lebih muda dalam melakukan mutasi dan rotasi di suatu department.
Hotel- hotel yang baru  harus terisi dengan SDM yang mahir untuk berbagai bidang profesi.

PENGGUNAAN STAFF YANG MULTI TALENT
Keahlian menjadi modal utama untuk bisa bekerja di mana saja,untuk posisi-posisi yang benar dikuasainya.Penggunaan  tenaga multi skill jelas sekali mengacu pada kepentingan nasional.
Dimana keuntungan yang dapat di peroleh adalah sebagai berikut :
  1. Dapat di pekerjakan pada satu bidang tertentu.Disini seorang staff melakukan pekerjaan supervisi sebagaimana kebanyakan seorang supervisor yang ada di setiap department yang ada di hotel
  2. Dapat mengajar atau melakukan pelatihan di luar bidangnya yang masih di kuasai oleh seorang supervisor multi skill
  3. Selain tugas harian,staff tersebut harus menangani tugas Management di bidang tertentu yang dapat memberikan penambahan keahlian untuk bisa mendapat tambahan penghasilan.
  4. Selain menjalankan tugas rutin,hotel juga bisa menugaskan  supervisor tersebut untuk menjalankan pengabdian masyarakat dimana keunggulan dari pengabdian masyarakat ini adalah langsung diajarkan oleh staff yang kompeten di bidangnya.
  5. Disamping itu jika ada seminar- seminar tentang pariwisata atau yang berhubungan dengan hotel,pihak hotel dapat mengutus supervisor tersebut untuk menjadi nara sumber didalam seminar tersebut.Dimana pihak hotel sudah bekerjasama dengan instansi pemerintahan setempat tentang tema yang akan di jadi kan bahan diskusi dalam seminar tersebut.
Berdasarkan analisa dari hal di atas dapat di simpulkan supervisor yang multi skill menyangkut :
  • Penggunaan operasional
  • Penggunaan edukasional-internal
  • Penggunaan konsultatif
  • Penggunaan edukasional-sosial eksternal.
Staff yang mempunyai multi skill sangat di harapkan oleh suatu hotel.Dan diharapkan dengan banyaknya staff yang mempunyai multi skill dapat menjadikan hotel tersebut lebih berkembang lagi kedepannya.





0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts