MANAGEMENT HOUSEKEEPING
Seorang supervisor mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjalankan fungsi dan proses management yang di bebankan pada supervisor dalam skala makro,dimana dibagian department yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.Tugas tersebut meliputi perencanaan harian,koordinasi,pengarahan,pengawasan dan penilaian tugas untuk dapat di analisa.Seorang supervisor menjalankan tugasnya harus berdasarkan pada standard operational perusahan yang telah ditetapkan dan mengacu pada aturan management perusahan tersebut.Dari hasil tugas dan laporan supervisor harus bisa di pertanggungjawabkan kepada managernya.Jika dalam menjalankan tugasnya seandainya ada kegagalan,tidak menjadi tanggung jawab dari supervisor saja tetapi juga managernya harus ikut mempertanggung jawabkan kepada pimpinan tertinggi yang ada di hotel atau perusahaan tersebut.
TUGAS PERENCANAAN PEKERJAAN SUPERVISOR
Ada beberapa tugas pekerjaan yang menjadi skala prioritas seorang supervisor.Dimana seorang supervisor harus membuat suatu action plan dan perencanaan tugas pokoknya yang menyangkut beberapa hal,diantaranya adalah :
- Apa yang harus di kerjakannya
- Siapa yang harus mengerjakannya
- Seberapa besar beban pekerjaan yang di kerjakan
- Tingkat kualitas yang di harapkan
- Kesiapan peralatan sebagai pendukung pekerjaan
- Bagaimana melakukan pekerjaan tersebut
- Parometer yang di butuhkan untuk dapat menilai dari hasil pekerjaan tersebut
- Berapa lama waktu yang di butuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut
- Harus mempunyai tujuan atau target yang sama yang di harapkan sesuai sop
- Memiliki kapasitas individu yang seimbang
- Harus ada kemauan yang kuat dari setiap individu untuk saling membatu satu dan yang lainnya
- Adanya SOP yang berlaku sehingga menjadi acuan dalam bekerja
- Adanya supervisor yang harus bertanggung jawab dalam menjalankan pekerjaan tersebut
- Adanya kesamaan waktu dalam bekerja
Ada beberapa bentuk pengawasan yang di terapkan antara lain :
- Minute meeting untuk koordinasi.Dimana briefing antara staff dan bbiasanya di lakukan untuk hal- hal yang mendesak atau urgent.
- Briefing 15 menit sebelum bekerja.Dimana di berikan pengarahan oleh supervisor mengenai hal- hal apa saja yang harus di kerjakan termasuk action plan yang harus dikerjakan
- Diskusi antar supervisor.Dimana yang dibahas adalah project atau hal penting dan juga serah terima antara shift sebelumnya.
- Technical meeting.Biasa nya untuk membahas tentang event -event
0 komentar:
Post a Comment