Monday 5 September 2022

 MANAGEMENT HOUSEKEEPING

Supervisor merupakan bagian intergral dari jajaran management suatu perusahaan.Bilamana supervisor kemudian selalu memihak management dan menomor duakan karyawan,bukanlah sikap yang tepat dari seorang supervisor.Meskipun menjadi bagian dari management,seorang supervisor harus menjalankan perannya dengan baik.Artinya seorang supervisor itu berada di tengah -tengah dan bertindak sebagai perantara antara management dan staff.Dimana seorang supervisor dituntut untuk selalu memperhatikan aspirasi dari staffnya.

Seorang supervisor harus menjaga stabilitas hubungan karyaawannya dengan management sehingga tercipta suasana yang kondusif.Keinginan masing-masing pihak akan dapat terwujud bilamana syarat-syaratnya dapat di sepakati bersama antara management dan staff diantaranya :

  1. Pihak management tidak dapat menuntut hasil kerja yang maksimal dari para staffnya tanpa memperhatikan apa yang di inginkan karyawannya,terutama upah yang layak,jaminan kesejahteraan,kesempatan untuk berkarir dan juga fasilitas dan peralatan yang mendukung dalam bekerja.Dimana yang kita ketahui bahwa dengan adanya tuntutan kerja yang banyak tapi klo tidak di dukung dengan fasilitas dan peralatan yang ada akan menghambat kerja para staffnya.Sehingga di tuntut seorang supervisor harus mempunyai inovasi untuk mempunyai win-win solution.Sehingga seorang supervisor juga harus melakukan training dan coaching kepada seluruh karyawannya agar bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.
  2. Karyawantidak bisa menuntut terlalu banyak kepada management tanpa menunjukkan kinerja kerja dan prestasi kerja yang baik.Budaya kerja dan etos kerja yang rendah adalah kenyataan yang sering terjadi di berbagai perusahaan.Semangat kerja yang rendah ini tidak lepas dari pengaruh lingkungan,baik lingkungan pekerjaan di perusahaan tersebut maupun lingkungan sosial di luar perusahaan tersebut.Faktor lain yang menyebabkan semangat dan kinerja kerja yang rendah dari staff adalah security atau pengawasan yang terlalu ketat terhadap karyawan,sehingga para karyaawan merasa di pantau dan tidak nyaman dalam bekerja.
  3. Jaminan hari tua seluruh karyawan harus di programkan,termasuk jaminan kesehatan mereka.Kenyataannya ,sering management hotel terlalu fokus pada keuntungan perusahaan yang banyak sehingga persoalan pensiunan karyawan sebagai hak nya tidak di pikirkan.

ORIENTASI PEMIKIRAN SEORANG SUPERVISOR
Seorang supervisor harus mempunyai suatu orientasi kepada perusahaan,pelanngan,karyawan dan juga terhadap pesaing-pesaingnya dimana yang di maksudkan dari pesaingnya ini adalah dari hotel -hotel lainnya.Orientasi ini akan membentuk karakternya sebagai seorang leader atau supervisor.
Orientasi supervisor terhadap perusahaan:
  • Memaksimalkan revenue  dari perusahaan
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja para staffnya
  • Meningkatkan pengawasan yang efektif terhadap semua pekerjaan yang di kerjakan staffnya
Orientasi supervisor terhadap staffnya :
  • Pendidikan,keahlian yang  merupakan kopetensi dari setiap staffnya
  • Rencana karir dan promosi beserta realisasinya
  • Team work yang kuat
  • Sosial interest
  • Penghargaan atas prestasi kerja para staffnya

Orientasi supervisor terhadap pelanggan :
  • Kepuasan dalam pelayanan
  • Kebersihan
  • Keramahtamahan
  • Fasilitas yang bagus dan nyaman
Orientasi supervisor terhadap pesaingnya :
  • Supervisor melakukan market intelligence dan mendeteksi atau mengkaji apapun yang di lihatnya pada perusahan yang lain dan kemudian menganalisanya.
  • Mencari tahu kelebihan dari kompetitornya dengan membuat analisa SWOT

#management housekeeping paulus#


 MANAGEMENT HOUSEKEEPING

Meskipun memiliki banyak kemampuan,seorang supervisor harus terus melatih skill yang di punya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Ada beberapa faktor yang dapat menciptakan kondisi yang seperti ini,diantaranya adalah:

  1. Seorang supervisor sudah banyak pengalaman  pada bidang yang di tekuninya dan mempunyai pengalaman juga pada bagian atau departement lainnya,sehingga dapat membuka peluang buat seorang supervisor untuk bisa mengembangkan karirnya di dunia kerja dan siap untuk bersaing
  2. Mengikuti pelatihan yang baru di luar skill yang di punya untuk mendapatkan keahlian yang baru juga agar bisa di terima di dunia kerja
  3. ikut terlibat pada kegiatan yang lain yang membutuhkan keahlian yang khas
Pengalaman merupakan sebuah proses untuk mempertajam kemampuan,dimana setiap masukan yang berupa pengalaman itu akan membuat seorang memahami,mengerti,mengalami dalam proses bekerja.Jika proses ini berlangsung berulang-ulang dan dalam tempo yang lamamaka akan di dapatkan suatu keahlian yang penting dan dapat menunjang seorang supervisor dalam mengembangkan rencana yang akan di kerjakan.
Seorang enginering yang tidak memiliki kemampuan dalam bidang housekeeping terutama dalam proses make -up room dapat di latih melalui pendidikan dan di pekerjakan di bidang housekeeping maka dia akan menjadi ahli di bidangnya.Demikian pun yang lainnya 
Banyak sekali yang kita lihat di jaman sekarang ini,dimana seseorang bekerja bukan pada bidang yang di milikinya,tetapi jika dia mau belajar dan mengikuti peraturan dan arahan yang sudah di tetapkan oleh perusahan maka kunci sukses akan di raihnya.

KEUNTUNGAN MULTI SKILL
Semua keahlian adalah menguntungkan karena merupakan nilai tambah bagi seorang atau perusahaan.Keuntungan bagi seorang staff yang mempunyai nilai tambah adalah sebagai berikut:

  1. Mempercepat kenaikan karirnya
  2. Turn over pekerjaan dapat di lakukan dan di kerjakan dengan baik oleh nya
  3. Memperkuat rasa percaya dirinya pada saat bekerja
  4. Peluang kerja bukan hanya ada di perhotelan saja tapi bisa ke dunia pendidikan sebagai instruktur yang kompeten di bidangnya
Mengapa dikatakan bahwa keahlian ini akan menjadi kunci sukses dalam karir.karena perusahaan sekarang membutuhkan karyawan yang mempunyai multi skill dalam suatu pekerjaannya.Jika suatu hotel mau memperluas bisnisnya maka sangat di butuhkan karyawan yang mempunyai hard skill dan soft skill sebagai nilai tambah untuk mengisi jabatan yang baru.
Dunia pendidikan merupakan  lahan kerja yang baru yang menjanjikan bagi karyawan yang mempunyai multi skill.Pengajar yang biasanya dari dunia hotel akan lebih mudah untuk masuk ke dunia pendidikan karena mempunyai pengalaman di bidangnya ,dan lebih banyak prakteknya sehingga memudahkan siswa untuk menyerap ilmu yang mereka pelajari.
so come and join with my blog #management housekeeping paulus#



Sunday 4 September 2022

 MANAGEMENT HOUSEKEEPING

Seseorang mungkin dikaruniai  berbagai potensi dan keahlian yang dapat di pakai sebagai modal kerja.Kombinasi  bakat dan potensi ini mengantar seseorang menjadi multi talenta/multi skill.

Management perusahaan menyadari bahwa mempekerjakan staff dan supervisor dengan multi skill  lebih menguntungkan bila mana perusahaan trus berkembang sehingga memerlukan pekerja dengan keahlian ganda.

Sebagai contoh : jika hotel membutuhkan seorang supervisor di bagian front office,maka hotel bisa memilih staff yang ada di bagian housekeeping.Ini dikarenakan staff yang ada di housekeeping sudah mengenali sistem yang ada di front office dan kode yang di pakai.Jika itu berbuhubungan dengan sistem keuangan,staff tersebut juga bisa di promosikan karena pernah melakukan perhitungan perhitungan,misalnya dalam menghitung pengeluaran ekstra bed dan berapa harga yang akan di input ke sistem komputer sehingga balance dengan laporan keuangan.

Ataupun jika berhubungan dengan komunikasi  seperti tentang informasi seputar produk knowledge hotel atau front office ataupun seputar wisata daerah tempat hotel itu berada adapat di jelaskan dengan baik oleh staff dari housekeeping,dimana seorang staff housekeeping juga biasanya menjalin komunikasi pada waktu membersihkan kamar yang ada tamunya.

Dengan memakai staff yang mempunyai kemampuan multi skill maka hotel akan lebih muda dalam melakukan mutasi dan rotasi di suatu department.
Hotel- hotel yang baru  harus terisi dengan SDM yang mahir untuk berbagai bidang profesi.

PENGGUNAAN STAFF YANG MULTI TALENT
Keahlian menjadi modal utama untuk bisa bekerja di mana saja,untuk posisi-posisi yang benar dikuasainya.Penggunaan  tenaga multi skill jelas sekali mengacu pada kepentingan nasional.
Dimana keuntungan yang dapat di peroleh adalah sebagai berikut :
  1. Dapat di pekerjakan pada satu bidang tertentu.Disini seorang staff melakukan pekerjaan supervisi sebagaimana kebanyakan seorang supervisor yang ada di setiap department yang ada di hotel
  2. Dapat mengajar atau melakukan pelatihan di luar bidangnya yang masih di kuasai oleh seorang supervisor multi skill
  3. Selain tugas harian,staff tersebut harus menangani tugas Management di bidang tertentu yang dapat memberikan penambahan keahlian untuk bisa mendapat tambahan penghasilan.
  4. Selain menjalankan tugas rutin,hotel juga bisa menugaskan  supervisor tersebut untuk menjalankan pengabdian masyarakat dimana keunggulan dari pengabdian masyarakat ini adalah langsung diajarkan oleh staff yang kompeten di bidangnya.
  5. Disamping itu jika ada seminar- seminar tentang pariwisata atau yang berhubungan dengan hotel,pihak hotel dapat mengutus supervisor tersebut untuk menjadi nara sumber didalam seminar tersebut.Dimana pihak hotel sudah bekerjasama dengan instansi pemerintahan setempat tentang tema yang akan di jadi kan bahan diskusi dalam seminar tersebut.
Berdasarkan analisa dari hal di atas dapat di simpulkan supervisor yang multi skill menyangkut :
  • Penggunaan operasional
  • Penggunaan edukasional-internal
  • Penggunaan konsultatif
  • Penggunaan edukasional-sosial eksternal.
Staff yang mempunyai multi skill sangat di harapkan oleh suatu hotel.Dan diharapkan dengan banyaknya staff yang mempunyai multi skill dapat menjadikan hotel tersebut lebih berkembang lagi kedepannya.





 MANAGEMENT HOUSEKEEPING

Tujaun dari program ini adalah untuk mendidik para supervisor supaya memiliki kapabilitas sebagai trainer,dimana mampu menerapkan metode dalam pelatihan yang terstruktur dengan sistem yang efektif.Peserta utamanya adalah para supervisor yang memiliki potensi untuk menjadi seorang trainer di bidang pekerjaannya.Training di lakukan dengan mengundang konsultan dari luar,setidaknya konsultan yang sudah kompeten di bidangnya.

Ada beberapa faktor kondisi seorang supervisor sebelum pelatihan :

  1. Sudah mampu menjadi pengawas tapi masih belum mampu mendidik
  2. Kemampuannya dalam penggunaan komunikasi dan informasi yang perlu di tingkatkan lagi
  3. Kemampuannnya dalam bidang marketing yang harus di asah lagi
  4. Belum terlatih unyuk  memecahkan masalah  secara rasional  dan tepat dan cepat
  5. Belum pernah melakukan analisa tentang pekerjaan atau finansial
  6. Menguasai pekerjaan yang ada di lapangan tapi masih melum  menguasai managerial dalam pekerjaannya
Sehingga di butuhkan pelatihan yang banyak dalam program supervisor ini.salah satu cara yaitu :
  1. Work analysis
  2. Direct problem solving dan management konflik
  3. Financial analysis dan cost control
  4. Management komunikasi hotel dan sistem informasi
Program tersebut dapat dilaksanakan dengan berbagai tahapan :
  1. Diseleksi beberapa supervisor dari berbagai department yang ada di hotel,dimana mereka yang terpilih yang diharapkan untuk menjadi seorang trainer
  2. Hotel atau perusahaan akan menghubungi instansi yang berhubungan  untuk melatih para supervisor
  3. Harus adanya sosialisai kepada supervisor yang terpilih agar sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti program yang di berikan perusahaan untuk menjadi seorang trainer
  4. Diharapkan dengan adanya program ini yang akan dilakukan beberapa hari dan di harapkan pesertanya juga bisa mendapatkan sertifikat yang kompeten di bidangnya sebagai seorang trainer yang dapat memberikan  skill kepada supervisor tersebut  bukan hanya prakteknya tapi lebih ke managerialnya.




 MANAGEMENT HOUSEKEEPING



Bagi para pekerja hotel,pendidikan merupakan hal yang penting guna menunjang karir pekerjaan mereka,baik yang menyangkut pendidikan teknis pekerjaan di lapangan ataupun pendidikankonseptual atau ketrampilan managerialnya.Perusahaan harus terus meningkatkan sistem SDM yang ada dengan jalan melalui pendidikan yang terpadu dengan bagian pendidikan.Baik di laksanakan di dalam hotel ataupun di luar hotel dengan jalan bekerjasama dengan kampus yang linear dengan perhotelan.Para karyawan tidak boleh tertinggal dari segi pendidikan dan teknologi,melainkan harus mengikuti perkembangan yang ada sehingga antara praktek dan pendidikan dapat berjalan bersama.

Tujuan dari managemen adalah,selain untuk meningkatkan mutu produksi dan pelayanan,juga untuk dapat mengkaderisasi agar dapat menyiapkan pemimpin yang baru,supervisor yang baru untuk menghadapi dan membantu dalam pengembangan perusahaan.

Peran seorang supervisor sangat penting sekali  diantaranya sebagai pendidik dan pelatih.Dimana dengan adanya pelatihan atau training sebagai sarana pengajaran secara teknologi dan skill atau lebih tepat lagi pendidikan yang berbasis soft skill dan hard skill.

Supervisor perlu memiliki karakteristik tertentu untuk dapat melakukan pelatihan,diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki kemampuan untuk mendidik dan melatih
  2. Mengetahui tentang product knowledge yang di punya agar bisa memberikan training yang lebih maksimal
  3. Memiliki kemampuan untuk memahami yang di latih dan juga mampu berkomunikasi
  4. Harus bersikap objektif dalam menangani pelatihan dan di butuhkan kesabaran yang maksimal.
  5. mempunyai rasa humor agar tidak jenuh bawahan kita pada saat sesi pelatihan
  6. Para staff yang di latih harus mempunyai sifat respect terhadap proses pelatihan
  7. Harus ada antusiesme dari kedua belah pihak
  8. Harus mempunyai waktu untuk melatih para staff nya yaitu sebelum dan sesudah selesai bekerja
Disini dapat disimpulkan bahwa pendidikan bukan berdasarkan hanya pada teknologi saja tetapi juga yang di perlukan adalah : sikap,perilaku dan moralitas.
Selain membina IQ seorang supervisor ,juga membina Spiritual Quotien dan Emotional Quotient yang dapat bersinergi antara satu dengan yang lainnya.Dan di harapkan agar management pun sudah harus siap untuk memfasilitasi pelatihan yang di lakukan oleh seorang supervisor kepada para staffnya,yang mana di harapkan dari pelatihan tersebut dapat membawa perkembangan yang dapat membangun perkembangan perusahaan tersebut.



Friday 2 September 2022

KUNCI KAMAR


Kunci kamar hotelsangat penting baik bagi tamu maupun petugas housekeeping.Pintu yang terkunci,bagi hotel hal itu berarti melindungi harta benda milik tamu,melindungi privacy tamu dan melindungi barang-barang milik hotel yang ada di dalam kamar.Setiap tamu yang meninggalkan hotel harus menitipkan room key pada Reception.
Bagi petugas housekeeping,room key merupakan tanggung jawab yang sangat besar.Keamanan tamu beserta barang-barang miliknya,dan juga barang-barang milik hotel sangat tergantung pada pengamanan kunci tersebut.
Sebaiknya pengambilan dan pengembalian kunci selalu di catat agar sewaktu-waktu dapat dengan mudah diketahui di mana kunci-kunci tersebut berada.
Kunci-kunci yang digunakan oleh Room boy lebih terjamin keamanannya bila di beri rantai pengikat agar dapat dililitkan di pinggang,sehingga tidak mungkin tertinggal di sembarang tempat sekaligus untuk menjaga agar jangan sampai rusak.
Petugas housekeeping tidak di perbolehkan membawa kunci kamar keluar dari area hotel.Jika di saat bertugas seorang room boy melihat kunci tamu tergantung pada pintu bagian luar,ia harus mengetuk pintu.Bila tamu berada didalam kamar,room boy harus memberitahukannya dengan sopan kepada tamu agar kuncinya di simpan di dalam kamar.Room boy harus mengambil kunci tersebut dan menutup pintu dan mengunci pintunya.Pastikan agar pintu sudah dalam keadaan terkunci dan aman.Kunci tersebut harus di serahkan kepada petugas front office untuk disimpan agar pada saat tamu kembali ,kunci tersebut bisa dikembalikan pada tamu yang menginap di kamar tersebut.
Jenis kunci yang di gunakan di housekeeping adalah sebagai berikut :
  1. Pass key,kunci kamar yang di bawa oleh room boy selama bertugas untuk membersihkan kamar.Pada saat bertugas,room boy biasanya mendapatkan satu section floor yang terdiri dari beberapa kamar.Dimana kunci tersebut hanya bisa membuka untuk kamar di lantai itu saja.
  2. Master key/Floor master key,kunci yang dapat di pakai untuk membuka semua kamar di satu floor.Di beberapa hotel,floor master key di bagi menjadi   :
  • Room boy master key,kunci yang di bawah oleh room boy saat make - up room.Jadi room boy cukup membawa satu master key saja untuk membuka dan membersihkan semua kamar yang menjadi tanggung jawabnya.Hal ini di maksudkan untuk memperlancar tugas-tugas room boy serta untuk menghindari kehilangan ataupun kerusakan pada kunci kamar.
  • Floor supervisor/Floor captain master key,kunci yang di bawa oleh floor supervisor untuk memeriksa kamar-kamar yang sudah di bersihkan oleh room boy.Karena setiap floor hanya memiliki satu master key sedangkan seorang floor supervisor dapat membawahi dua atau tiga floor,bahkan lebih sesuai dengan tanggung jawabnya.
  • Grand master key,kunci yang dapat dipakai untuk membuka semua kamar tamu di seluruh floor kecuali pintu yang double lock.Kunci ini biasanya dipegang oleh Executive Housekeeper atau front office manager.
  • Emergency master key,kunci yang dapat digunakan untuk membuka seluruh kamar tamu yang ada di hotel,termasuk kamar yang double lock.Kunci ini dapat di gunakan untuk mengunci double lock pintu kamar agar tidak dapat di buka dengan pass key,guest key.Kunci ini di dalam hotel hanya ada satu,dan biasanya di simpan dan di pegang oleh pimpinan tertinggi dari hotel yaitu General Manager.
Begitu pentingnya peranan kunci kamar hotel baik bagi tamu maupun petugas kebersihan kamar hotel.Oleh sebab itu untuk menjaga agar kunci - kunci kamar tidak hilang atau rusak maka kunci-kunci itu perlu di kontrol secara ketat,dilakukan pencatatan untuk setiap pengambilan dan pengembalian didalam logbook key.
Dengan demikian setiap kunci akan selalu terpantau di mana berada dan siapa yang membawanya.

#MANAGEMENT HOUSEKEEPING PAULUS#



Thursday 1 September 2022

 PERLENGKAPAN KERJA ROOM ATTENDANT

Perlengkapan kerja room boy di setiap hotel tidak harus sama.Hal ini bisa di pengaruhi oleh besar kecilnya hotel tersebut dan luas areanya,bentuk bangunan dan kebijakan dari management perusahaan itu sendiri.

Adapun kelengkapan kerja room boy untuk hotel yang bertaraf international adalah sebagai berikut:

  1. Room Boy Counter/pantry/floor station : letak dari pantry room boy harus strategis untuk memperlancar dari tugas- tugas yang akan di lakukan dan juga untuk mempermudah pengawasan yang akan di lakukan oleh floor supervisor.Room boy station adalah tempat dimana para room boy melakukan preparation sebelum berangkat kerja untuk melakukan tugas - tugasnya.Dimana didalam pantry sudah tersedia: cleaning supplies,cleaning equipment,sheets,dan lain lain untuk mendukung kelengkapan room boy dalam bekerja.
  2. Perlengkapan Floor Station : floor station harus dirancang sedemikian rupa agar dapat menampung perlengkapan floor station sehingga dapat memperlancar tugas-tugas operational floor section yang di lakukan oleh room boy.Diharapkan floor section ini dapat menampung dan cukup luas untuk menyimpan peralatan dan supplies dari room boy.

Floor station biasanya dilengkapi dengan :
1.Cupboard,almari untuk menyimpan linen supplies,baik single sheets,maupun double sheets,pillow cases,towels,blankets maupun extra pillow,serta cleaning supplies,cleaning equipment dan guest supplies.Dan di harapkan lemari tersebut dalam keadan terkunci demi keamanan barang-barang tersebut.
2.Telephone sebagai alat komunikasi:
  • antara room boy
  • sebagai penghubung jika ada permintaan dari tamu yang di terima oleh order taker dan di lanjutkan ke room boy yang bertugas di floor tersebut.
  • sebagai penghubung antara departement itu sendiri.
3. Room boy log book,yaitu buku laporan kerja dari room boy setelah selesai bekerja.Dan semua pekerjaan yang dikerjakan hari itu harus ditulis di dalam loog book.Termasuk pekerjaan yang belum di selesaikan sehingga dapat di tindak lanjuti oleh shift berikutnya.




Semoga bermanfaat dan come and join with my blog#management housekeeping paulus#





BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts