Monday 14 January 2019

 Management Housekeeping ( Home Stay)



Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I Kunjungi Zio Homestay Surabaya
Belajar Akomodasi Hotel Bersama R. Paulus W. Soetrisno M.Par
18 Mahasiswa Baru D3 Prodi Perhotelan Akademi Pariwisata Majapahit Semester I Kunjungi Zio Homestay
MEMASUKI perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik (TA) 2017/2018, 18 orang mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I, mengunjungi Zio Homestay untuk belajar seputar sisik melik tentang akomodasi hotel bersama R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Akomodasi Hotel Akpar Majapahit, Senin (23/10/2017) siang.
Untuk mengaplikasikan pengetahuan seputar akomodasi hotel, rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya berangkat dari kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju Zio Homestay Jl. Gayung Kebonsari Timur No. 27 Surabaya sekitar pukul 10.00. Sekitar setengah jam kemudian rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester I sampai di tujuan.
18 mahasiswa tersebut Adinda, Aji, Wahyu, Fajar, Selly, Ruly, Daniella, Robert, Benny, Ferry, Dian, Daniel, Andro, Zainul, Donny, Kamal, Ical dan Oddy. Kedatangan rombongan mahasiswa Akpar Majapahit yang di dampingi dosen pembimbingnya, R. Paulus W. Soetrisno M.Par., siang itu, disambut langsung oleh Saidah Yoliana, owner Zio Homestay.
Dalam sambutannya di lobi Zio Homestay, Yoliana mengatakan, pihaknya membangun fasilitas penginapan (homestay) di atas lahan seluas 325 m2 ini karena keterbatasan lahan di kota-kota besar seperti di Surabaya.
”Dengan modal bonek (tanpa latar belakang pendidikan perhotelan), saya bersama suami tentunya, memutuskan membangun tempat penginap dua lantai dengan 16 kamar di Jl. Gayung Kebonsari Timur No. 27 Surabaya ini setahun lalu. Sedangkan nama Zio Homestay diambil dari nama cucu saya. Kalau tidak salah, Zio artinya rejeki atau keberuntungan,” ujarnya di hadapan mahasiswa.
Semerntara itu, Dosen Mata Kuliah Akomodasi Hotel R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, pembelajaran mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester I kali ini selain dibekali teori di kelas, mereka juga dikenalkan dengan kondisi riil di lapangan. Sehingga mahasiswa bisa mengetahui langsung kelebihan dan kekurangan antara hotel dengan homestay.
”Dalam era persaingan antar pengelola hotel termasuk homestay saat ini, suka tidak suka, mau tak mau, masing-masing pengelola berusaha meningkatkan pelayanan kamar demi memikat calon tamunya. Tarif kamar pun saat ini juga sangat kompetitif. Konsumen tinggal memilih rate yang sesuai kemampuan,” kata R. Paulus W. Soetrisno  di Zio Homestay, Senin (23/10/2017) siang.
Untuk fasilitas kamar, misalnya, Anda bisa lihat sendiri bagaimana suite room di Zio Homestay yang hanya dipatok Rp 300 ribuan permalam, fasilitasnya tidak kalah dengan kamar hotel bintang tiga. Di kamar ber-AC tersebut sudah tersedia TV LED, fasilitas free Wi-Fi, water heater, single bed). Sementara itu untuk standard room Zio Homestay dengan fasilitas minimalis, tarifnya hanya Rp 250 ribuan per malam sudah termasuk snack dan tea/coffee hangat.
Paulus sengaja mengajak mahasiswa datang ke Zio Homestay yang baru buka enam bulan lalu, untuk mengubah mind set bahwa belajar akomodasi hotel tidak harus di hotel berbintang melainkan bisa juga belajar langsung dengan pengelola homestay, mulai front office, housekeeping, laundry service, café & resto di lobi, kitchen hingga sistem akuntansi bisnis penginapan di perkotaan.
”Materi pembelajaran seperti ini merupakan terobosan baru bagi mahasiswa, demi mengimplementasikan sistem pembelajaran 70 persen praktik dan 30 persen teori di kelas mulai TA 2017/2018,” kata Paulus sapaan akrab R. Paulus W. Soetrisno, yang sehari-hari menjabat Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit.
Dalam kunjungan ke Zio Homestay tersebut. chef Agung Kurnia juga diajak gabung bersama rombongan sekaligus diberi kesempatan untuk unjuk kebolehan di hadapan tuan rumah dan tamu termasuk mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I dalam aksi acrobatic pizza (spinning pizza).
.

Sebelum kembali ke kampus, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit menikmati hidangan makan siang dengan menu Indonesian Authentic Salad atau gado-gado, pisang goreng, ketela goreng dan buah iris (semangka).
Sementara itu, saat rombongan mahasiswa datang, pihak ZIo Homestay menjamu tamunya dengan sajian snack (berupa roti) dan tea/coffee hangat yang tersedia di corner lobi homestay tersebut
 Gambar mungkin berisi: 20 orang, orang tersenyum, makanan


0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts