Tuesday 16 August 2022

EFFECTIVE COMMUNICATION 

  • Communication for the Effective Leader

Pemimpin bukan saja harus dimengerti akan tetapi juga harus dapat mengerti tentang komunikasi dari karyawannya.Pada suatu saat komunikasi dipandang hanya sebagai transmisi dari fakta-fakta, ide-ide dan pendapat dari satu orang kepada orang lain. Pandangan ini menganggap komunikasi sebagai proses satu arah (ONE WAY COMMUNICATION).


SENDER------------------MASSAGE-------------------RECEIVER

Pada beberapa tahun terakhir, komunikasi telah dipandang sebagai BERBAGI pesan tentang konsep, pendapat, ide dan informasi baik secara lisan maupun tertulis (TWO WAY COMMUNICATION)

                                   Message / Feedback

Sender/Receiver --------------------------------> Sender/Receiver                                                             

                            <-------------------------------
Model komunikasi dua arah, pesan dan cara penyampaiannya  masih dilihat sebagai bagian penting dari proses komunikasi

  1. Konsep Two Way Communication

  • Komunikasi mencakup aspek-aspek verbal dan non verbal
  • Penekanan yang sama diberikan pada penerimaan maupun pengiriman pesan
  • Kedua belah pihak secara simultan menjadi pengirim dan penerima
  • Terdapat umpan balik diantara para peserta
  • Komunikasi dilihat sebagai proses berbagi dua arah
  1. Communicator Blockers
  • The Receiver’s Perceptions (Persepsi penerima pesan)
  • Your Tone of Voice (nada suara anda)
  • Your Body Languange or Non Verbal Messages (Bahasa tubuh atau pesan non verbal anda)
  • Personal Factor (Faktor pribadi)
  • Inattention (Tidak ada perhatian)
  • Wishful Hearing (Hanya mendengarkan yang ingin didengar)
  • Pride (Sombong)
  • Abstract Thinker (Pemikir Abstrak)
  • Physical Surroundings (Lingkungan Fisik)
  • Projection (Proyeksi/kemauan yang beda)
  • Closed Mind(Pikiran yang Tertutup)
  • Fear (Takut Berlebihan)
  • Concrete Thinker (Pemikir Konkrit)
  • Cultural Difference (Perbedaan Budaya)

  1. Principles of Emphatic Communication
Berusahalah untuk mengerti, kemudian untuk dimengerti.Dengan kata lain, langsung mendiagnosa kondisi, situasi atau masalah orang lain dan cepat memberi saran. Jadi proses mendengar dengan tujuan cepat memberikan respon ketimbang mendengarkan dengan tujuan untuk memahami terlebih dahulu.
Apabila pertama-tama mendengar untuk memahami, kita mempunyai waktu untuk membuat diagnose yang tepat.

  1. Autobiographical Responses
  • Advising (Memberi Saran):memberi konseling,saran dan solusi terhadap masalah.
  • Probing (Menyelidiki):bertanya sesuai dengan kerangka pemikiran kita sendiri.
  • Interpreting (Menginterpretasi):menjelaskan motif dan perilaku orang lain berdasarkan pengalaman kita sendiri,mencoba untuk mencari tahu tentang orang
  • Evaluating (Mengevaluasi):menilai dan menyetujui atau tidak menyetujui.


Saya bisa mengerti mengapa anda mempercayai hal itu, tetapi anda mengabaikan sebagian fakta yang penting dalam situasi tersebut================> EVALUATING.

Apa yang anda harapkan untuk dicapai dengan menggunakan pendekatan itu?=====>PROBING


Nampaknya strategi anda didasarkan lebih pada kekhawatiran daripada kepercayaan diri.
=============================>INTERPRETING
Seandainya saya adalah anda, saya akan berusaha lebih untuk lebih adil.===========>ADVISING

  1. How We Communicate
Diluar kata-kata, orang berkomunikasi dengan mengungkapkan perasaan. Orang sering mengungkapkan kata dan Bahasa tubuh walaupun mereka mungkin mengkomunikasikan ide-ide yang saling bertentangan secara verbal.
  1. Diversity in the workplace
Salah satu tantangan bekerja di dunia perhotelan adalah berhadapan dengan keragaman di tempat kerja. Keragaman tidak hanya dengan staff tetapi juga dengan pelanggan.

  1. Cultural Differences
Orang dari Timur Tengah berbicara dengan jarak agak jauh kelihatan malu
Budaya Asia menghindari basa-basi. Orang yang suka bicara bisa dianggap tidak tulus atau pamer.
Orang Amerika cenderung untuk tidak menatap kepada orang pada saat mendengarkan mereka berbicara.Wanita Hindu India diharapkan berjalan di belakang suaminya bahkan membawakan tas nya.Pria Eropa Selatan sangat nyaman untuk berpelukan atau berciuman saat bersalaman dengan cara saling meletakkan di bahu dan sebagainya.Orang Arab kadang memperlihatkan ekspresi keras di muka umum dengan menangis atau berteriak.Orang Jepang umumnya tidak memperlihatkan emosinya di depan public seperti marah atau sedih.Orang Jepang menganggap membuang ingus di depan public sebagai tingkah laku yang buruk.

  1. Key Principles Of Communication
  • Ketika berkomunikasi berusaha agar orang itu merasa dihargai
  • Ketika berkomunikasi dengan bawahannya, jangan terjebak dengan pribadinya tetapi focus pada behavior nya
  • Menggunakan teknik yang positif untuk membentuk perilaku staff / bawahan
  • Berusaha memberi target / deadline dan jagalah komunikasi dengan mereka
  • Berusaha untuk melibatkan staff / bawahan anda
  • Ketika staff berbicara dengan kita, dengarkanlah dengan secara aktif   
  1.  10 Tips for Top Listening                                                                            
  • Takes Notes,catatan membantu anda mengingat
  • Listen Now, Report Later,Dengarkan sekarang, laporkan kemudian. Rencanakan untuk memberitahu seseorang apa yang anda dengarkan, anda akan mengingatnya dengan lebih baik
  • Learn  want to Listen,Belajar untuk mendengarkan. Anda harus mempunyai keinginan, minat, disiplin, ciri dan konsentrasi untuk menjadi pendengar yang baik
  • Be Present
  • Anticipate Excellence
  • Become a ‘whole body’ Listener,Dengarkanlah dengan telinga, mata dan hati anda
  • Build Rapport by Pacing The Speaker,Refleksikan gerak-gerik, ekspresi, dan pola suara pembicara untuk menciptakan komunikasi yang enak
  • Control Your Emotional
  • Control Distractions
  • Give The Gift of Listening

SO ,COME AND JOIN WITH MY BLOG #MANAGEMENT HOUSEKEEPING PAULUS#






0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

management housekeeping
Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

About Me

My photo
saya senang dengan kebersihan,karna kebersihan adalah sebagian dari iman

Followers

Search This Blog

Pages

Popular Posts