EFFECTIVE COMMUNICATION
- Communication for the Effective Leader
Pemimpin bukan saja harus dimengerti akan tetapi juga harus dapat mengerti tentang komunikasi dari karyawannya.Pada suatu saat komunikasi dipandang hanya sebagai transmisi dari fakta-fakta, ide-ide dan pendapat dari satu orang kepada orang lain. Pandangan ini menganggap komunikasi sebagai proses satu arah (ONE WAY COMMUNICATION).
SENDER------------------MASSAGE-------------------RECEIVER
Pada beberapa tahun terakhir, komunikasi telah dipandang sebagai BERBAGI pesan tentang konsep, pendapat, ide dan informasi baik secara lisan maupun tertulis (TWO WAY COMMUNICATION)
Message / Feedback
Sender/Receiver --------------------------------> Sender/Receiver
- Konsep Two Way Communication
- Komunikasi mencakup aspek-aspek verbal dan non verbal
- Penekanan yang sama diberikan pada penerimaan maupun pengiriman pesan
- Kedua belah pihak secara simultan menjadi pengirim dan penerima
- Terdapat umpan balik diantara para peserta
- Komunikasi dilihat sebagai proses berbagi dua arah
- Communicator Blockers
- The Receiver’s Perceptions (Persepsi penerima pesan)
- Your Tone of Voice (nada suara anda)
- Your Body Languange or Non Verbal Messages (Bahasa tubuh atau pesan non verbal anda)
- Personal Factor (Faktor pribadi)
- Inattention (Tidak ada perhatian)
- Wishful Hearing (Hanya mendengarkan yang ingin didengar)
- Pride (Sombong)
- Abstract Thinker (Pemikir Abstrak)
- Physical Surroundings (Lingkungan Fisik)
- Projection (Proyeksi/kemauan yang beda)
- Closed Mind(Pikiran yang Tertutup)
- Fear (Takut Berlebihan)
- Concrete Thinker (Pemikir Konkrit)
- Cultural Difference (Perbedaan Budaya)
- Principles of Emphatic Communication
- Autobiographical Responses
- Advising (Memberi Saran):memberi konseling,saran dan solusi terhadap masalah.
- Probing (Menyelidiki):bertanya sesuai dengan kerangka pemikiran kita sendiri.
- Interpreting (Menginterpretasi):menjelaskan motif dan perilaku orang lain berdasarkan pengalaman kita sendiri,mencoba untuk mencari tahu tentang orang
- Evaluating (Mengevaluasi):menilai dan menyetujui atau tidak menyetujui.
- How We Communicate
- Cultural Differences
- Key Principles Of Communication
- Ketika berkomunikasi berusaha agar orang itu merasa dihargai
- Ketika berkomunikasi dengan bawahannya, jangan terjebak dengan pribadinya tetapi focus pada behavior nya
- Menggunakan teknik yang positif untuk membentuk perilaku staff / bawahan
- Berusaha memberi target / deadline dan jagalah komunikasi dengan mereka
- Berusaha untuk melibatkan staff / bawahan anda
- Ketika staff berbicara dengan kita, dengarkanlah dengan secara aktif
- 10 Tips for Top Listening
- Takes Notes,catatan membantu anda mengingat
- Listen Now, Report Later,Dengarkan sekarang, laporkan kemudian. Rencanakan untuk memberitahu seseorang apa yang anda dengarkan, anda akan mengingatnya dengan lebih baik
- Learn want to Listen,Belajar untuk mendengarkan. Anda harus mempunyai keinginan, minat, disiplin, ciri dan konsentrasi untuk menjadi pendengar yang baik
- Be Present
- Anticipate Excellence
- Become a ‘whole body’ Listener,Dengarkanlah dengan telinga, mata dan hati anda
- Build Rapport by Pacing The Speaker,Refleksikan gerak-gerik, ekspresi, dan pola suara pembicara untuk menciptakan komunikasi yang enak
- Control Your Emotional
- Control Distractions
- Give The Gift of Listening
0 komentar:
Post a Comment